Pengaruh Edukasi Metode Simulasi Pemberian Kompres Hangat terhadap Keterampilan Remaja dalam Penanganan Dismenorea di Kelas VII SMP 01 Babelan
Sari
ABSTRACT
Adolescence is a dynamic developmental phase in a person's life. One of the signs of biological youth is the onset of adolescents experiencing menstruation which begins between the ages of 10 and 16 years. Dysmenorrhea or better known as menstrual pain is pain in the lower abdomen that can spread to the lower back. Many young women often complain of experiencing physical discomfort for a few days when their period comes. To determine the effect of education on the simulation method of giving warm compresses on adolescent skills in handling dysmenorrhoea in grade VII SMP 01 Babelan Bekasi in 2024. This type of research is quantitative with a Quasi experiment research design and a one group pretest-posttest design approach conducted in April-Mey 2024. Using Kolmogorov Smirnov's statistical test and followed by paired sample t-test because the data is normally distributed. The sampling technique in this study is a total sampling technique with a total of 10 respondents. The tools used in this study were questionnaires and interviews. Based on the results of the study with the Paired Sample-Test test showing that p value = 0.015 (< 0.05) or less than alpha 0.05, it can be decided that the test result is H0 rejected and Ha accepted. So it was concluded that there was a significant influence on the Education of the Simulation Method of Giving Warm Compresses on Adolescent Skills in Handling Dysmenorrhea in Class VII SMP 01 Babelan Bekasi in 2024. It is recommended for respondents who experience dysmenorrhoea can practice compressing the lower abdomen by using jars filled with hot water with a temperature of 40.5 ° C and compress it not only for 20 minutes but done periodically as long as the pain is still there.
Keywords: Warm Compresses Simulation Education, Dysmenorrhea, Adolescents
ABSTRAK
Masa remaja adalah suatu fase perkembangan yang dinamis dalam kehidupan seseorang. Salah satu tanda keremajaan secara biologi yaitu mulainya remaja mengalami menstruasi yang dimulai antara usia 10 sampai 16 tahun. Dismenore atau yang lebih dikenal dengan nyeri haid adalah nyeri pada perut bagian bawah yang bisa menjalar ke punggung bagian bawah. Banyak remaja putri yang sering mengeluh mengalami ketidaknyamanan fisik selama beberapa hari saat menstruasi mereka datang. Untuk mengetahui Pengaruh Edukasi Metode Simulasi Pemberian Kompres Hangat Terhadap Keterampilan Remaja Dalam Penanganan Dismenorea Di Kelas VII SMP 01 Babelan Bekasi Tahun 2024. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian Quasi experiment dan pendekatan one grup pretest-posttest design yang dilakukan pada bulan April – Mei 2024. Menggunakan uji statistik Kolmogorov Smirnov dan dilanjutkan dengan uji paired sample t-test karena data berdistribusi normal. Teknik pengambilan sampel dalam penelitiaan ini adalah teknik total sampling dengan jumlah responden sebanyak 10 remaja. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dengan uji Paired Sample-Test menunjukkan bahwa p value = sebesar 0,015 (< 0,05) atau lebih kecil dari alpha 0,05 maka dapat diambil keputusan bahwa hasil pengujian adalah H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan pada Edukasi Metode Simulasi Pemberian Kompres Hangat Terhadap Keterampilan Remaja Dalam Penanganan Dismenorea di Kelas VII SMP 01 Babelan Bekasi Tahun 2024.Disarankan bagi responden yang mengalami dismenorea dapat mempraktekkan untuk mengompres pada perut bagian bawah dengan cara menggunakan buli-buli yang berisi air panas dengan suhu 40,5°C dan mengompresnya tidak hanya selama 20 menit saja akan tetapi dilakukan secara periodik selama nyeri masih ada.
Kata Kunci: Edukasi Simulasi Kompres Hangat, Dismenorea, Remaja
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Alotibi, H., Zarban, A., Jan, R., & Helal, R. (2020). Non-Pharmacological Methods to Relieve Dysmenorrhea among Students of Health Colleges in Saudi Arabia. International Journal of Novel Research in Healthcare and Nursing, 7(3), 481–492.
Anggraini, F. N., & Kusnanto, K. (2023). Pengaruh Edukasi Metode Simulasi Pemberian Kompres Hangat Terhadap Keterampilan Remaja Dalam Penanganan Dismenorea di Kelas 11 SMKS Pelita Alam. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 9320-9334.
Arini, D., Saputri, D. I., Supriyanti, D., & Ernawati, D. (2020). Pengaruh Senam Yoga Terhadap Penurunan Intensitas Nyeri Haid Pada Remaja Mahasiswi Keperawatan Stikes Hang Tuah Surabaya. Borneo Nursing Journal, 2(1), 46–54.
Delfina, Rina., Nurmukaromatis Saleha, Sardaniah. (2020). Pengaruh Kompres Hangat Terhadap Penurunan Nyeri Haid (Dismenore) Pada Mahasiswi Program Studi D III Keperawatan FMIPA Universitas Bengkulu. Jurnal Vokasi Keperawatan (JVK). Vol 3 Nomor 1 (14-19).
Dhirah, U. H., & Sutami, A. N. (2019). Efektifitas Pemberian Kompres Hangat Terhadap Penurunan Intensitas Dismenorea Pada Remaja Putri Di SMAS Inshafuddin Banda Aceh Effectiveness Of Giving Warm Compress To Decreasing The Intensity Of Dismenorea In Adolescent Teens In Inshafuddin Banda Aceh Pr. Journal of Healthcare Technology and Medicine, 5(2), 270–279. http://jurnal.uui.ac.id/index.php/JHTM/article/view/457
Fredelika, Lili, Mi Putu WIwik Oktaviani, Ni Wayan Suniyadewi. (2020). Perilaku Penanganan Nyeri Dismenore Pada Remaja Di SMP PGRI 5 Denpasar. Bali Medika Jurnal. Vol 7 No 1:105-115.
Listrianah, L., Siswati, S., & Indarsati, D. (2021). Pelatihan Menggunakan Buli Buli Panas Untuk Mengurangi Nyeri Haid Pada Remaja Di Desa Mulyorejo Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang. ABDIKEMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2 Desember), 199-206.
Mahua, H., Mudayatiningsih, S., & Perwiraningtyas, P. (2018). Pengaruh Pemberian Kompres Air Hangat Terhadap Dismenore Pada Remaja Putri Di SMK Penerbangan Angkasa Singosari Malang Hawa. Nursing News, 3(1), 259–268
Natalia, L. (2018). Pengaruh Kompres Hangat Terhadap Intensitas Nyeri Menstruasi (Dysmenorrhea) Pada Siswi Kelas X Di SMK Ypib Majalengka Kabupaten Majalengka. Jurnal Kampus Stikes YPIB Majalengka, VII(14), 27–37. https://stikesypib.ac.id/e-journal/index.php/JK/article/view/59
Ningrum, Indriya Oktavia. (2018). Efektivitas Kompres Hangat Terhadap Dismenore Pada Remaja Putri Di SMPN 1 Bandongan. Skripsi. Program Studi Ilmu Keperawatan. Universitas Muhammadiyah Malang.
Notoatmodjo, S. (2017). Metodologi Penelitian Kesehatan. PT. Rineka Cipta.
Nurbaiti, H., Priyono, D., Harlia Putri, T., & Studi Keperawatan, P. (2021). Aroma Terapi Menurunkan Intensitas Dismenorea Primer Pada Remaja Putri: Literature Review. Tanjungpura Journal of Nursing Practice and Education, 3, 25-39
Oktavianto, E., Kurniati, F. D., Badi’ah, A., & Bengu, M. A. (2018). Nyeri dan kecemasan berhubungan dengan kualitas hidup remaja dismenore. Health Sciences and Pharmacy Journal, 2(1), 22–29.
Riani, D., & Kurniawati, H. F. (2017). Pengaruh Kompres Hangat Terhadap Penurunan Nyeri Dismenorea Pada Mahasiswi Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta (Doctoral dissertation, Universitas' Aisyiyah Yogyakarta).
Silaen, R. Ani, L. Putri, W. (2019). Prevalensi Dysmenorrhea Dan Karakteristiknya Pada Remaja Putri Di Denpasar. Jurnal Medika Udayana, 8(11), 1–6.
Sumiaty, S., Dupa, A. V. M., Suryani, L., & Ramadhan, K. (2021). Penurunan Intensitas Nyeri Menstruasi (Dysmenorrhae) dengan Kompres Hangat. Jurnal Bidan Cerdas, 3(1), 31–37.
Syafitri, Febriani. (2019). Pengaruh Relaksasi Nafas Dalam Dan Massage Effleurage Terhadap Penurunan Intensitas Nyeri Dismenorea Pada Remaja Putri Di SMA Negeri 13 Medan Tahun 2018.
Umbu, A., Ari, M., & Qodir, A. (2020). Pengaruh hipnoterapi terhadap Penurunan Skala Nyeri Dismenore. Media Husada Journal of Nursing Science, 1(1), 69–72.
Wulandari, A., Hasanah, O., & Woferst, R. (2018). Gambaran kejadian dan manajemen dismenore pada remaja putri di kecamatan lima puluh kota pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa FKp, 5(2), 468-476.
Zuraida, & Aslim, M. (2020). Pengaruh Massage Effleurage Terhadap Penurunan Nyeri Dismenore Primer Pada Remaja Putri Di Sma N 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. MENARA Ilmu, XIV(01), 144–149.
DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v5i3.16886
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Publisher: Universitas Malahayati Lampung
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
kostenlose besucherzähler