Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Lama Waktu Tunggu Rawat Jalan Pasien BPJS Puskesmas Kecamatan Penjaringan
Sari
ABSTRACT
According to Indonesian Health Regulation Number 30 of 2022, the standard for waiting time services, especially in outpatient services, is ≤60 minutes. The standard waiting time for services is the time set by the Ministry of Health as a reference for health services in Indonesia. The purpose of the study is to find out what factors are related to the length of outpatient waiting time for BPJS patients at the Penjaringan District Health Center. The study's approach is quantitative using cross sectional studies. The non-probability sampling was purposive sampling with 150 respondents, the data were analyzed with a statistical test, namely with a univariate analysis, and a bivariate analysis with a chi square test. Variables related to the length of outpatient waiting time are Human Resources and Infrastructure factors, while in the factor of the doctor's arrival pattern, there is no relationship with the length of waiting time.
Keywords: Outpatient Waiting Time, Human Resources, Infrastructure Facilities, Doctor Arrival
ABSTRAK
Menurut Peraturan Kesehatan RI Nomer 30 tahun 2022, standar mengenai pelayanan waktu tunggu khususnya pada layanan rawat jalan adalah ≤ 60 menit. Standar waktu tunggu pelayanan merupakan waktu yang telah ditetapkan oleh Departemen Kesehatan sebagai acuan pelayanan kesehatan di Indonesia. Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang berhubungan dengan lama waktu tunggu rawat jalan pasien BPJS di Puskesmas Kecamatan Penjaringan. Pendekatan studi ini yaitu kuantitatif menggunakan cross sectional study. Pengambilan sampel yang digunakan yaitu non probability sampling berupa Purposive sampling dengan 150 responden, Data dianalisis dengan uji statistik yakni dengan analisis univariat, dan analisis bivariat dengan uji chi square. Variabel yang berhubungan dengan lama waktu tunggu rawat jalan ialah faktor Sumber Daya Manusia dan faktor sarana prasarana sedangkan pada faktor pola kedatangan dokter tidak memiliki hubungan dengan lama waktu tunggu.
Kata Kunci: Waktu Tunggu Rawat Jalan, SDM, Sarana Prasarana, Kedatangan Dokter
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Agiwahyuanto, F., & Noegroho, F. H. (2019). Mutu Pelayanan Standar Pelayanan Minimal (Spm) Pendaftaran Pasien Di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan (Tpprj) Puskesmas Ngaliyan Kota Semarang Quality Of Minimum Service Standards (Spm) Patient Registration In Place Registration For Outpatient (Tpprj. Media Ilmu Kesehatan, 8(3), 210–216.
Agustina, F., Adyas, A., Djamil, A., Pramudho, P. K., & Rahayu, D. (2023). Faktor - Faktor Yang Berhubungan Dengan Waktu Tunggu Terhadap Pasien Rawat Jalan. Malahayati Nursing Journal, 5(9), 3211–3228. Https://Doi.Org/10.33024/Mnj.V5i9.7471
Amiruddin, E. E., Alfreda, V., & Meilani, N. (2023). Faktor Yang Mempengaruhi Waktu Tunggu Pelayanan Resep Rawat Jalan Di Puskesmas Betoambari. Jurnal Keperawatan Profesional (Kepo), 4.
Biya, M., Gezahagn, M., Birhanu, B., Yitbarek, K., Getachew, N., & Beyene, W. (2022). Waiting Time And Its Associated Factors In Patients Presenting To Outpatient Departments At Public Hospitals Of Jimma Zone, Southwest Ethiopia, 2022. Bmc Health Services Research.
Cyntia Sapta Anggraeni, Luluk Nur Aini, & Nurul Anjarwati. (2021). Hubungan Waktu Tunggu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Instalasi Rawat Jalan Rs Prima Husada Kabupaten Malang (Studi Observasional Di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Prima Husada Malang).
Dewi, S., Machmud, R., & Lestari, Y. (2020). Analisis Waktu Tunggu Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Daerah Dr Achmad Darwis Suliki Tahun 2019. Jurnal Kesehatan Andalas, 8(4). Https://Doi.Org/10.25077/Jka.V8i4.1137
Dwi Lestari, D., Khodijah Parinduri, S., & Fatimah, R. (2020). Hubungan Waktu Tunggu Pelayana Rawat Jalan Terhadap Kepuasan Pasien Di Poliklinik Spesialis Penyakit Dalam Rsud Kota Bogor Tahun 2018-2019. Promotor, 3(3), 231–240. Https://Doi.Org/10.32832/Pro.V3i3.4172
Ipsos. (2023). Ipsos Global Health Service Monitor 2023. Ipsos, 1(November), 1–32. Https://Www.Ipsos.Com/De-Ch/Global-Health-Service-Monitor-2020
Kemenkes. (2022). Indikator Nasional Mutu Pelayanan Kesehatan Tempat Praktik Mandiridokter Dan Dokter Gigi, Klinik, Pusat Kesehatan Masyarakat, Rumah Sakit,Laboratorium Kesehatan, Dan Unit Transfusi Darah. 1–94.
Kurniawati Fajrin, Haeruddin, & Reza Aril Ahri. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan Pasien Di Rsud Kota Makassar. Window Of Public Health Journal, 2(5), 827–835. Https://Doi.Org/10.33096/Woph.V2i5.280
Kurniawati, R. F., & Kusumawardhani, O. B. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Petugas Dalam Pelayanan Waktu Tunggu Pasien Di Rumah Sakit. In Prosiding Seminar Informasi Kesehatan Nasional , 125–136.
Milaenia Fitri, H., & Hidayati, M. (2021). Pengaruh Lama Waktu Tunggu Pendaftaran Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Waringinkurung. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(12), 1789–1795. Https://Doi.Org/10.36418/Cerdika.V1i12.262
Momen Amalia, & Era Pratiwi. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Waktu Tunggu Pelayanan Di Instalasi Rawat Jalan Rsud Luwuk Banggai Pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2021. Jurnal Ilmiah Kedokteran Dan Kesehatan, 1(1), 76–84. Https://Doi.Org/10.55606/Klinik.V1i1.678
Mustofa, A., Roekminiati, S., & Damajanti Sri Lestari. (2019). Administrasi Pelayanan Kesehatan Masyarakat. Jakad Media Publishing.
Permana, I., & Yulia, N. (2022). Tinjauan Waktu Tunggu Pelayanan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur Tahun 2021. Journal Of Innovation Research And Knowledge, 1.
Purwiyanti, D., Suryoputro, A., & Fatmasari, E. Y. (2019). Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Waktu Tunggu Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Tlogosari Wetan Kota Semarang Menurut Persepsi Pasien. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(1), 2356–3346. Http://Ejournal3.Undip.Ac.Id/Index.Php/Jkm
Santalia, G., Arif, Y., Ariany, E., & Helfiyani, H. (2023). Waktu Tunggu Pasien Rawat Jalan Di Rsud Dr. Adnan Wd Kota Payakumbuh. Jurnal Keperawatan Jiwa, 11, 723–730.
Sholihah, N., & Khodijah Parinduri, S. (2021). Hubungan Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan Terhadap Kepuasan Pasien Bpjs Di Poliklinik Jantung Rumah Sakit Islam Bogor Tahun 2019. Promotor, 3(6), 585–597. Https://Doi.Org/10.32832/Pro.V3i6.5565
Supandi, D., & Imanuddin, B. (2021). Hubungan Waktu Tunggu Pendaftaran Dengan Kepuasan Pasien Di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Kedaung Barat Kabupaten Tangerang Tahun 2020. Jurnal Health Sains, 2(1), 33–43. Https://Doi.Org/10.46799/Jhs.V2i1.71
Tetty, V., & Bone, A. T. (2020). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Lama Waktu Tunggu Pasien Bpjs Di Poli Umum Unit Rawat Jalan Rumah Sakit X. Jurnal Keperawatan Dirgahayu (Jkd), 2, 29–35.
DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v4i11.17166
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Publisher: Universitas Malahayati Lampung
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
kostenlose besucherzähler