Analisis Determinan yang Berpengaruh Terhadap Kecelakaan Kerja Pada Komunitas Ojek Online di Wilayah Perkotaan Kabupaten Jember
Sari
ABSTRACT
Traffic accidents are unforeseen and unintended events on the road involving vehicles or other road users, leading to human casualties and/or property damage. In Jember Regency, various online transportation services such as Gojek, Grab, Okejek, and Maxim are available. This study was conducted on online motorcycle taxi drivers in three sub-districts of Jember Regency: Sumbersari, Patrang, and Kaliwates. The aim of this study is to analyze the factors influencing work accidents within the online motorcycle taxi community in the urban areas of Jember Regency. This is a quantitative study with a cross-sectional design, involving a sample of 125 drivers selected through Simple Random Sampling. Data were collected using questionnaires and observations, with data analysis performed using chi-square and logistic regression tests. The bivariate analysis revealed that age (p = 0.278) and work experience (p = 0.066) did not significantly affect work accidents. However, the ownership of a Class C Driving License (p = 0.001), driving knowledge (p = 0.004), mobile phone use (p = 0.000), health status (p = 0.002), work fatigue (p = 0.000), unsafe driving behavior (p = 0.001), and vehicle condition (p = 0.000) were found to significantly affect work accidents. From the multivariate analysis, the variable with the highest odds ratio (OR) was mobile phone use, with an OR value of 13.792, indicating that mobile phone use is the most dominant factor influencing work accidents.
Keywords: Work Accidents, Online Taxibike Community, Riding.
ABSTRAK
Kecelakaan lalu lintas adalah peristiwa tak terduga dan tidak disengaja yang melibatkan kendaraan atau pengguna jalan lain, yang mengakibatkan korban jiwa atau kerugian harta benda. Di Kabupaten Jember, tersedia berbagai layanan transportasi online, seperti Gojek, Grab, Okejek, dan Maxim. Penelitian ini difokuskan pada pengendara ojek online di tiga kecamatan di Kabupaten Jember, yakni Sumbersari, Patrang, dan Kaliwates. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kecelakaan kerja di kalangan pengendara ojek online di wilayah perkotaan Kabupaten Jember. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional, dengan sampel sebanyak 125 pengendara yang dipilih menggunakan metode Simple Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan observasi. Untuk analisis data, digunakan uji chi-square dan uji regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan analisis bivariat, variabel usia (p=0,278) dan masa kerja (p=0,066) tidak berpengaruh signifikan terhadap kecelakaan kerja. Namun, variabel kepemilikan SIM C (p=0,001), pengetahuan berkendara (p=0,004), penggunaan ponsel (p=0,000), status kesehatan (p=0,002), kelelahan kerja (p=0,000), perilaku berkendara (p=0,001), dan faktor kendaraan (p=0,000) terbukti berpengaruh signifikan terhadap kecelakaan kerja. Hasil analisis multivariat menunjukkan bahwa penggunaan ponsel memiliki nilai OR tertinggi sebesar 13,792, yang berarti penggunaan ponsel adalah faktor yang paling dominan dan berpengaruh terhadap kecelakaan kerja pada pengendara ojek online.
Kata Kunci: Kecelakaan Kerja, Komunitas Ojek Online, Berkendara
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Amaliah, R. U., Krismadies, Dan I. Refindo. (2020). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dnegan Kejadian Kecelakaan Pada Pnegendara Ojek Online Di Batam. Jurnal Kesehatan Ibnu Sina. 2(1):1–9.
Anggamguna, M., B. Justitia, E. Kusdiyah, Dan A. Darmawan. (2021). Tingkat Pengetahuan Pengendara Ojek Online Mengenai Pertolongan Pertama ( First Aid ) Trauma Muskuloskeletal Akibat Kecelakaan Lalu Lintas Di Kota Jambi. Joms. 1 (2):31–47.
Aprilian, R., R. Habibi, Dan M. Y. H. Setyawan. (2019). Algoritma Knn Dalam Memprediksi Cuaca Untuk Menentukan Tanaman Yang Cocok Sesuai Musim. Bandung: Kreatif Industri Nusantara.
Aryadewi, N. K. C., G. D. Wangsa, Dan A. Saputra. (2023). Pengaruh Kepemilikan Sim Dan Pengetahuan Berkendara Terhadap Kecelakaan Lalu Lintas Di Kabupaten Boyolali. Prosiding Forum Studi Transportasi Antar Perguruan Tinggi. 11:(1):162–170.
Asilah, N. Dan M. G. C. Yuantari. (2020). Analisis Faktor Kejadian Kecelakaan Kerja Pada Pekerja Industri Tahu. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Masyarakat Indonesia. 1:(1):1–10.
Aulia, S. N., B. Kurniawan, Dan I. Wahyuni. 2020. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Safety Riding Driver Ojek Online Di Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (E-Journal). 8(5):625–631.
Azzahra, F., N. Susanto, Dan M. T. Aldama. 2023. The Relationship Analysis Of Phone Use To Accident Risk On Online Motorcycle Taxi In Semarang Using Logistic Regression. Icenis. 1–8.
Billy Hildiario. (2015). Ibu Babe Lalu Lintas: Pos Theatre Keselamatan Mobile. Kudus: Satlantas Polres Kudus.
Bps. (2022). Jumlah Kecelakaan, Korban Mati, Luka Berat, Luka Ringan Dan Kerugian Materi 2019-2022
Ditjen Perhubungan Darat. (2009), Buku Petunjuk Tata Cara Bersepeda Motor Di Indonesia. Jakarta: Departemen Perhubungan Republik Indonesia.
Eni Mahawati, D. (2021). Keselamatan Kerja Dan Kesehatan Lingkungan Industri. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Gomes-Franco, K., M. Rivera-Izquierdo, L. Miguel Martin-Delosreyes, E. Jimenez-Mejias, Dan V. Martinez-Ruiz. (2020). Explaining The Association Between Driver ’ S Age And The Risk Of Causing A Road Crash Through Mediation Analysis. International Journal Of Environmental Research And Public Health. 17:1–12.
Hasanah, F. N. Dan E. Widowati. (2022). Analisis Faktor Penyebab Kecelakaan Kerja Pada Bagian Flexo Finishing Di Perusahaan Manufaktur. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 10:(6):609–619.
Joddy, S. A., I. Wahyuni, Dan B. Kurniawan. (2021). Hubungan Antara Perilaku Safety Riding Dan Stres Kerja Terhadap Kecelakaan Kerja Pada Pengendara Ojek Online Komunitas X Tembalang. Junral Kesehatan Masyarakat. 20(10):213–218.
Lady, L., L. A. Rizqandini, Dan D. L. Trenggonowati. (2020). Efek Usia, Pengalaman Berkendara, Dan Tingkat Kecelakaan Terhadap Driver Behavior Pengendara Sepeda Motor. Jurnal Teknologi. 12(1):57–64.
Manurung, J., M. E. Sitorus, Dan R. Rinaldi. (2019). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Safety Riding Pengemudi Ojek Online (Go-Jek) Di Kota Medan Sumatera Utara. Journal Of Health Science And Physiotherapy. 1(2):91–99.
Nasution, N. Dan I. Irwansyah. (2023). Penegakan Kepatuhan Pengemudi Ojek Online Terhadap Regulasi Lalu Lintas : Analisis Hukum Terhadap Penggunaan Ponsel Saat Berkendara Menurut Uu Nomor 22 Tahun 2009. Jurnal Educatio. 9 : (1):181–187.
Oktavia, N. D., N. Widajati, Dan N. A. Pramesti. (2022). Hubungan Waktu Kerja Dan Kelelahan Subjektif Dengan Kejadian Kecelakaan Pada Ojek Online Di Sidoarjo. Media Gizi Kesmas. 11:(2):458–463.
Rahmah, A., M. Syukri, Guspianto, Dan Faisal. (2021). Determinan Perilaku Safety Riding Pengemudi Ojek Daring Di Kota Jambi Online Motorcycle Taxis In Jambi. Jurnal Ilmu Kesehatan. 5(1):103–110.
Ruzain, R. B., Y. Herawati, Dan D. Christofa. (2018). Hubungan Pengetahuan Berkendara Selamat Dengan Kecelakaan Pengemudi Transportasi Roda Dua Berbasis Online Di Kota Pekanbaru. Jurnal Islmaika. 1(2):161–169.
Saputra, A. (2019). Tindakan Hukum Penggunaan Ponsel Pada Ojek Online Saat Berkendara. Jurnal Komunikasi Hukum (Jkh). 5(2):40.
Tim K3 Ft Uny. (2014). Buku Ajar Keselamatan Dan Kesehatan Kerja. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Uu Nomor 22 Tahun 2009. (2009). Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan. Jakarta: Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5025.
Wahyusetyawati, E. Dan Ng. (2017). Dilema Pengaturan Transportasi Online. Jurnal Rechtsvinding. (April):1–4.
World, H. O. (2018). Global Status Report On Road Safety 2018: Summary. Geneva: World Health Organization.
Yudhistira, R., A. Pratama, H. Koesyanto, Dan I. Artikel. (2020). Kejadian Kecelakaan Pada Pengemudi Ojek Online. Higeia Journal Of Public Health. 4(Special 1):13–24.
DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v5i6.18310
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Publisher: Universitas Malahayati Lampung
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
kostenlose besucherzähler