Hubungan Problem-Focused Coping dengan Stres Akademik pada Siswa Siswi Kelas 12 di Sekolah Menengah Kejuruan 04 Muhammadyah Bangsri Jepara

Isnaeni Isnaeni, Pradnia Paramitha

Sari


ABSTRACT

 

Academic stress in students causes difficulty concentrating, reduces academic motivation, reduces academic achievement and learning outcomes, reduces mental health and well-being, and increases aggressive behavior and drop out (Cahyono, 2020). One effort to reduce academic stress situations is through problem-focused coping. This research is a descriptive correlational study with a cross sectional approach. This research was conducted at the Muhammadyah Bangsri Jepara Vocational High School on February 3-4 2025. The population in this study were students at the Muhammadyah Bangsri Jepara Vocational High School with a sample size of 61 people taken using a purposive sampling technique. The problem-focused coping variable was measured by the Ways of Coping questionnaire, while the academic stress variable was measured by the educational stress scale for adolescents (ESSA) questionnaire. The data was analyzed using the Spearman rank correlation formula. Most of the respondents had problem-focused coping in the good category, namely 32 people (52.5%) and most of them experienced academic stress in the moderate category, namely 41 people (67.2%). There is a significant relationship between problem-focused coping and academic stress in grade 12 female students at Muhammadyah Bangsri Jepara Vocational High School, with a p value of 0.029 < 0.05 (α). 

 

Keywords: Problem-Focused Coping, Academic Stress, Junior High School Students.

 

 

ABSTRAK

 

Stres akademik pada siswa menyebabkan kesulitan berkonsentrasi, menurunkan motivasi akademik, menurunkan prestasi akaemik dan hasil belajarmenurunkan kesehatan mental dan well being, serta meningkatkan perilaku agresif dan droup out (Cahyono, 2020). Salah satu upaya mengurangi situasi stres akademik dengan problem-focused coping. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan yang bermakna  problem-focused coping dengan stres akademik pada siswa siswi kelas 12 di SMK Muhammadyah Bangsri Jepara. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadyah Bangsri Jepara pada 3-4 Februari 2025. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadyah Bangsri Jepara dengan besar sampel 61 orang yang diambil dengan teknik purposive sampling. Variabel problem-focused coping diukur kuesioner  Ways of Coping, sedangkan variabel stres akademik diukur dengan kuesioner educational stress scale for adolescents (ESSA). Data di analisis menggunakan rumus korelasi rank spearman. Sebagian besar responden mempunyai problem-focused coping kategori baik yaitu sebanyak 32 orang (52,5%) dan mengalami stress akademik sebagian besar kategori sedang yaitu sebanyak 41 orang (67,2%). Ada hubungan yang bermakna  problem-focused coping dengan stres akademik pada siswa siswi kelas 12 di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadyah Bangsri Jepara, dengan p value sebesar 0,029 < 0,05 (α). 

 

Kata Kunci: Problem-Focused Coping,  Stres Akademik, Siswa SMP


Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Anggraini. (2024). Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Kemampuan Pemecahan Masakah pada Siswa di SMA 1 Karang Tengah. Universitas Sultan Agung Semarang. Retrieved from https://repository.unissula.ac.id/36618/1/Psikologi_30702000190_fullpdf.pdf

Arselina. (2024). Efektivitas Terapi Hipnotis Lima Jari terhadap Tingkat Stres dan Kecemasan Mahasiswa Keperawatan Tingkat Akhir. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 12(1), 161–168. Retrieved from file:///C:/Users/Administrator/Downloads/13500-41572-1-PB.pdf

Atya. (2016). Hubungan Stres Akademik dengan Perilaku Agresif Remaja di SMK Negeri 5 Padang Tahun 2016. Universitas Andalas. Retrieved from http://scholar.unand.ac.id/12606/

Ayu, K., Saputri, D., & Swasti, M. (2019). Hubungan Antara Problem Focused Coping dengan Stres dalam Menyusun Skripsi pada Mahasiswa Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 6(2), 400–405.

Bakhtiar, M. I., & Asriani, A. (2019). Efektivitas Strategi Problem Focused Coping dan Emotion Focused Coping dalam Meningkatkan Pengelolaan Stres Siswa di SMA Negeri 1 Barru. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 69. https://doi.org/10.24127/gdn.v5i2.320

Barseli, Ifdil & Nikmarijal, N. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 143–148.

Barseli, M. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan., 5(2), 143–148.

Berlianti. (2024). Pencegahan dan Penanggulangan Narkoba di Kalangan Remaja - Jejak Pustaka. Yogyakarta: Jejak Pustaka.

BPS. (2022). Jumlah Sekolah, Guru, dan Murid Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Menurut Provinsi, 2021/2022. Retrieved from https://www.bps.go.id/id/statistics-table/3/TVU5MFYwMVlaMFJ4ZW5obWJGZHNVMjFpVUhoMlp6MDkjMw==/jumlah-sekolah--guru--dan-murid-sekolah-menengah-kejuruan--smk--di-bawah-kementerian-pendidikan--kebudayaan--riset--dan-teknologi-menurut-provinsi--2022.html?year

BPS. (2023). Jumlah Sekolah, Guru, dan Murid Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Menurut Provinsi, 2022/2023. Retrieved from https://www.bps.go.id/id/statistics-table/3/TVU5MFYwMVlaMFJ4ZW5obWJGZHNVMjFpVUhoMlp6MDkjMw==/jumlah-sekolah--guru--dan-murid-sekolah-menengah-kejuruan--smk--di-bawah-kementerian-pendidikan--kebudayaan--riset--dan-teknologi-menurut-provinsi--2022.html?year

Cahyani, T. dan. (2021). Stres Akademik dan Penanganannya. Banjarmasin: GUEPEDIA.

Cahyono. (2023). Hubungan Antara Stres dengan Motivasi Belajar pada Siswa SMK Negeri 11 Semarang. Universitas Semarang. Retrieved from https://eskripsi.usm.ac.id/files/skripsi/F11A/2019/F.111.19.0163/F.111.19.0163-15-File-Komplit-20230907031220.pdf

Cahyono, M. Y. M. (2020). Pendidikan yang Memanusiakan. Yogyakarta.: Zahir Publishing.

Chezary, L., Pitaloka, T., & Mamahit, H. C. (2021). Problem-Focused Coping pada Mahasiswa Aktif Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 6(2), 41–49. Retrieved from http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JKI

Daulay, N. (2024). Resiliensi Masyarakat Indonesia. Medan: umsu press.

Fadlan, Z. (2019). Hubungan Problem Focused Coping dengan Academic Stress pada Siswa Kelas X SMA Negeri Unggul Binaan Kabupaten Bener Meriah. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/293475998.pdf

Freska, W. (2022). Dukungan Keluarga pada Pasien Skizofrenia. Bantul: CV. Mitra Edukasi Negeri.

Hastuti, Soetikno dan Heng, dan P. H. H. (2020). Remaja Sejahtera Remaja Nasionalis. Yogyakarta: ANDI.

Idris, I., & Pandang, A. (2019). Efektivitas Problem Focused Coping dalam Mengatasi Stress Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 4(1), 63. https://doi.org/10.26858/jpkk.v4i1.5896

Indriani, T. (2021). Gambaran Stres Akademik Saat Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj) pada Siswa di SMK Negeri 1 Godean Tahun Pelajaran 2020/2021. Ristekdik : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 1. https://doi.org/10.31604/ristekdik.2021.v6i1.1-6

Irmayanti, R., Fatimah, S., & Rayaginansih, S. F. (2022). Stres akademik siswa SMK Negeri se-kota Cimahi. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 82–86. https://doi.org/10.26539/teraputik.61907

Kemenristek. (2024). Mewujudkan Pendidikan Smk Berkelanjutan dengan Sinkronisasi Data Pokok Pendidikan. Jakarta: Dirjen Pendidikan Vokasi. Retrieved from https://www.vokasi.kemdikbud.go.id/read/b/mewujudkan-pendidikan-smk-berkelanjutan-dengan-sinkronisasi-data-pokok-pendidikan#:~:text=Terkait Dapodik per tanggal 31,123 siswa dan 325.747 guru.

Lazarus, R.S & Folkman, S. (2024). Stress Appraisal and Coping. Newyork: Springer Publishing Company.Inc.

Lestari, B. S., & Purnamasari, A. (2022). Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Problem Focused Coping dengan Stres Akademik pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Terapan Dan Pendidikan, 4(1), 15. https://doi.org/10.26555/jptp.v4i1.23351

Mahbengi, P. A., Nurhasanah, & Nurbaity. (2023). Tingkat Stres Akademik Pada Siswa SMKN di Banda Aceh. Jurnal Al-Taujih, 9(2), 87–95. Retrieved from https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/attaujih/

Mamahit, G. (2018). Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Terapi Insulin Pasien Diabetes Melitus Tipe 2’,. Jurnal Keperawatan, 6(1), 1–12.

Masalah, M. (2020). Hubungan antara Gender dengan Kemampuan Memecahkan Masalah. Wahana Ekspresi IlmiahHurnal Bioterdidik, 3(5). Retrieved from https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/8931/5612

Novitasari, M. (2022). Hubungan antara Problem Focused Coping dengan Stress Akademik pada Mahasiswa yang Menyusun Skripsi di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang. Universitas Sultan Agung Semarang. Retrieved from https://repository.unissula.ac.id/26990/2/30701800074_fullpdf.pdf

Palangda, L., Mandey, L. J., Mamuaya, M. P., Ponamon, J. F., Monoarfa, H., & Jacobus, S. (2022). Pengaruh Dukungan Sosial terhadap Stres Akademik Siswa di SMK 1 Tana Toraja. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 8655–8662. Retrieved from file:///C:/Users/Administrator/Downloads/putrihana99,+8655-8662.pdf

Peraturan Pemerintah No. 13, P. P. N. 13 T. (2015). tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Puspita, R. B. (2023). Hubungan Penyesuaian Diri dengan Stress Akademik pada Siswa SMK Negeri 1 Wonoasri Kabupaten Madiun Jawa Timur. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Retrieved from http://etheses.uin-malang.ac.id/57812/2/18410185.pdf

Raja, Hasnah, & Muaninhsih, & M. (2018). Tinjauan Tentang Efektifitas Terapi Non Farmakologi Terhadap Penurunan Intensitas Nyeri. Journal of Islamic Nursing, 3(1), 45–57.

Riyadi, M. E. (2023). Terapi Musik Klasik Menurunkan Stres Mahasiswa Keperawatan Tingkat Akhir. Jurnal Pendidikan Kesehatan, 12(1), 1–8. Retrieved from file:///C:/Users/Administrator/Downloads/3773-25-7292-2-10-20230315.pdf

Rosihan Anwar dan Kamria, R. A. (2023). HARMONI DALAM MERDEKA BELAJAR: Strategi Reduksi Stress Akademik Siswa. Sigi: Feniks Muda Sejahtera.

Safari, M., & Hestaliana, A. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar pada Siswa SMP Inshafuddin Berdasarkan Perbedaan Jenis Kelamin. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA), 4(6), 1-21.

Sanjiwani, A. A. S. (2023). Pendekatan Mindfulness dalam Menjaga Kesehatan Mental. Pekalongan: Penerbit NEM.

Setiawan, O. (2023). Perbedaan Tingkat Stress Akademik Peserta Didik dalam Mengikuti Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling, 09(8), 316–327. Retrieved from file:///C:/Users/Administrator/Downloads/3724-Article Text-15447-1-10-20240103.pdf

Sholihah, N. H., Saragih, S., & Prasetyo, Y. (2023). Stres Akademik pada Mahasiswa : Apakah Peranan Problem Focused Coping ? JIWA: Jurnal Psikologi …, 1, 328–226. Retrieved from https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/jiwa/article/view/9917%0Ahttps://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/jiwa/article/download/9917/6539

Soelistya, D. (2021). Buku Ajar: Kepemimpinan Strategis. Sidoardjo: Nizamia Learning Center.

Sudarsana, D. (2019). Pengaruh antara Stres Akademik dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IX SMPN 2 Kemalang. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 204–207. Retrieved from https://journal.student.uny.ac.id/index.php/fipbk/article/viewFile/15912/15396

Sulaeman, Purnamawati dan Purwana, P. dan P. (2022). Remaja dan Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta: CV. Bintang Semesta Media.

Sunaryo. (2019). Psikologi untuk Keperawatan. Jakarta: EGC.

Suriyana, N. (2024). Tinjauan Kinerja Guru. Padang: CV. Gita Lentera.

Tibr, T. U. (2021). Gambaran Stress Akademik Siswa SMK Sahid Jakarta pada Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pendidikan Agama Islam (PAI) di Pandemi Covid-19. Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Retrieved from https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/59439/1/11160110000097 Tuhfah Ummu Tibr Water mark.pdf

Undang-Undang Nomor 20 Tahun, U.-U. N. 20. (2003). tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Utama, P. (2018). Membangun Pendidikan Bermartabat. Bandung: Rasibook.

Valentsia, G. K. D., & Wijono, S. (2020). Optimisme dengan Problem Focused Coping pada Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Tugas Akhir. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 15–22. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.74

Vanchapo, A. R. (2024). Perencanaan dan Evaluasi Kesehatan. Batam: Cendikia Mulia Mandiri.

Wiranto, H., & Rista, K. (2022). Academic Resilience pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK): Menguji Peranan Problem Focused Coping. INNER: Journal of Psychological Research, 2(2), 139–149. Retrieved from file:///C:/Users/Administrator/Downloads/document - 2025-02-06T072545.041.pdf

Wiyani, C. (2019). Terapi Non Farmakologi Terhadap Stress Karyawan Universitas Respati Yogyakarta. Seminar Nasional UNRIYO, 1(1), 476–487. Retrieved from https://prosiding.respati.ac.id/index.php/PSN/article/viewFile/241/235

Yuliana, A. R. (2022). Penerapan Terapi Mindfulness dalam Menurunkan Tingkat Stres Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan Masyarakat STIKES Cendekia Utama Kudus, 11(22), 154–163. Retrieved from https://jurnal.stikescendekiautamakudus.ac.id/index.php/stikes/article/viewFile/1117/395




DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v5i11.19690

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Publisher: Universitas Malahayati Lampung


Creative Commons License
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


kostenlose besucherzähler