Hubungan Caring Perawat dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap RS Adam Talib Cikunir
Sari
ABSTRACT
The quality of hospital services is very important because it functions as a benchmark for improving services, thus encouraging patient satisfaction. Patient satisfaction is considered to have been achieved if the needs, desires, and expectations of patients can be met. Good nursing caring behavior can improve the quality of service and have a good impact on the hospital, one of which is the level of patient satisfaction. To determine correlation nurse caring and patient satisfaction in the Inpatient Room of Adam Talib Cikunir Hospital in 2024. This study was conducted with a cross-sectional research design. The population in this study was the number of hospitalized patients as many as 60 patients and the number of samples as many as 53 respondents with a purposive sampling technique. The research instrument used a questionnaire. Data analysis used univariate analysis and bivariate analysis using chi square. The results of the study showed that nurse caring was good as many as 41 (77.4%) and the satisfied category was 42 (79.2%). The results of the chi square test showed that the p value was 0.001, meaning that there was a correlation Nurse Caring and Patient Satisfaction. There is a relationship between nurse caring and patient satisfaction in the Inpatient Room of the Hospital. It is expected that nurses can apply caring behavior so that they can optimize the provision of nursing care, especially for inpatients, in order to increase patient satisfaction.
Keywords: Caring, Satisfaction, Nurses.
ABSTRAK
Kualitas layanan rumah sakit sangat penting karena berfungsi sebagai tolak ukur untuk meningkatkan layanan, sehingga mendorong kepuasan pasien. Kepuasan pasien dinilai sudah tercapai apabila kebutuhan, keinginan, dan harapan pasien dapat dipenuhi. Perilaku caring perawat yang baik dapat meningkatkan mutu pelayanan dan memberikan dampak yang baik untuk rumah sakit salah satunya yaitu tingkat kepuasan pasien. Untuk mengetahuihubungan caring perawat dengan kepuasan pasien di Ruang Rawat Inap RS Adam Talib Cikunir Tahun 2024. Penelitian ini dilakukan dengan desain penelitian cros sectional. Populasi dalam penelitian ini yaitu jumlah pasien yang dirawat inap sebanyak 60 pasien dan jumlah sampel sebanyak 53 responden dengan tehnik pengambilan sampel purposive sampling. Intrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis univariat dan analisis bivariat menggunakan chi square. Hasil penelitian menunjukan bahwa caring perawat baik sebanyak 41 (77,4%) responden dan sebagian besar puas sebanyak 42 (79,2%) responden. Hasil uji chi square menunjukan bahwa nilai p value 0,001 artinya ada Hubungan Caring Perawat Dengan Kepuasan Pasien. Terdapat hubungan caring perawat dengan kepuasan pasien di Ruang Rawat Inap RS. Diharapkan perawat dapat menerapkan perilaku caring perawat sehingga dapat mengoptimalkan pemberian asuhan keperawatan khususnya pada pasien rawat inap guna meningkatkan kepuasan pasien.
Kata Kunci: Caring, Kepuasan, Perawat.
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Afifah, N., Yulia, S., & Muliyadi. (2019). Hubungan Caring Perawat Terhadap Loyalitas Pasien Di Rumah Sakit. Jurnal Berita Ilmu Keperawatan, 12(1), 23–30.
Ain, H. (2019). Buku Saku Standar Operasional Prosedur Tindakan. Keperawatan Anak. Penerbit Media Sahabat Cendekia.
Bpjs Kesehatan. (2014). Manfaat Bpjs. Admin Bpjs.
Eftitah, E., Nyoman, N., Martini, P., Susbiyani, A., Sakit, R., Fatimah, I., & Muhammadiyah, U. (2023). Pengaruh Kepuasan Dan Citra Rumah Sakit Terhadap Kepercayaan Dan Loyalitas Pasien. Relasi Jurnal Ekonomi, 19(1), 69–88.
Firmansyah, C. S., Noprianty, R., & Karana, I. (2019). Perilaku Caring Perawat Berdasarkan Teori Jean Watson Di Ruang Rawat Inap. Jurnal Kesehatan Vokasional, 4(1), 33–48. Hps://Doi.Org/10.22146/Jkesvo.40957
Fitria, R. (2019). Studi Perbandingan Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan Dan Faktor Determinan Di Tiga Rumah Sakit. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 19(3), 470. Https://Doi.Org/10.33087/Jiubj.V19i3.654
Hadi, I. (2017). Buku Ajar Manajemen Keselamatan Pasien. Deepublish.
Hayat, N., Rahmadeni, A. S., & Marzuki, M. (2020). Hubungan Caring Perawat Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 5(1), 283–288. Https://Doi.Org/10.30651/Jkm.V5i1.4918
Janel, S., Wuisan, I., Larira, D. M., & Pondaag, F. (2024). Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat Iii Manado Relationship Between Nurses ’ Caring Behavior And Patient Satisfaction Levels In The Inpatient Ward At Bhayangkara Hospital Mana. 02(02), 70–76.
Jarosova, D. (2016). Concept Caring In Nursing. Http://Cejnm.Osu.Cz/Pdfs/Cjn/2016/02/07.Pdf
Juliani, L., Nurkholik, D., & Rohita, T. (2021). Hubungan Caring Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Kelas Iii Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Ciamis. Jurnal Keperawatan Galuh, 3(2), 51. Https://Doi.Org/10.25157/Jkg.V3i2.5694
Kemenkes Ri. (2016). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan.
Kusnanto. (2019). Perilaku Caring Perawat Profesional. Pusat Penerbitan Dan Percetakan Universitas Airlangga (Aup).
Lubis, I. (2015). Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Ruang Obat Rsu Haji Medan. Kota Medan; Karya Tulis Ilmiah, Politeknik Kesehatan Kemenkes Medan.
Mumu, L. J., Kandou, G. D., & Doda, D. V. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Di Poliklinik Penyakit Dalam Rsup Prof . Dr . R . D . Kandou Manado. Medical Scope Journal, 4(2), 104–114. Https://Ejournal.Unsrat.Ac.Id/Index.Php/Jikmu/Article/View/7460
Perry & Potter. (2015). Fundamental Of Nursing : Konsep, Proses Dan Praktik. Egc.
Pohan, V. Y., Gayatri, D., & Hidayati, E. (2018). Pengalaman Perawat Kepala Ruang Tentang Pelaksanaan Model Delegasi Keperawatan ’Relactor’ (Mdk’r’). Jurnal Keperawatan Indonesia, 21(3), 189–198. Https://Doi.Org/10.7454/Jki.V21i3.669
Purwandari, E., K, H. I., & Widyawati. (2023). Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat Rsup Dr. Sardjito Yogyakarta. Perpustakaan Universitas Gadjah Mada Bulaksumur. Https://Etd.Repository.Ugm.Ac.Id/Penelitian/Detail/220330
Rangki, L. (2021). Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Kepuasan Klien Di Ruang Rawat Inap Bedah Dan Penyakit Dalam Rsud Kota Kendari. Nursing Care And Health Technology Journal, 1(1), 39–46. Https://Doi.Org/10.56742/Nchat.V1i1.8
Sitzman, K., & Watson, J. (2019). Assessing And Measuring Caring In Nursing And Health Sciences. Springer Publishing Company.
Suroso, J. (2016). Pengembangan Instrumen Caring Pelayanan Keperawatan Gawat Darurat Rumah Sakit. Universitas Gadjah Mada.
Undang-Undang Ri Nomor 44 Tahun 2009. (2009). Rumah Sakit.
Wahyudi. (2016). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Caring Perawat Di Ruang Perawatan Interna Rsud Sinjai. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Widyawati. (2009). Caring & Communicating. Egc.
World Health Organization. (2021). Customer Service.
Wowor, J., Rumayar, A. A., & Maramis, F. R. R. (2019). Hubungan Antara Mutu Jasa Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Cantia Tompaso Baru. Kesmas, 8(6), 560–567.
DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v5i11.19734
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Publisher: Universitas Malahayati Lampung

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
kostenlose besucherzähler


Panduan Penulisan





