Analisis Perilaku Bullying terhadap Motivasi Belajar dan Hasilnya pada Anak Sekolah Kelas VIII di MTS Nurul Anwar Kota Bekasi

Yulia Agustina, Diah Zulfitriyah Aripin

Sari


ABSTRACT

 

Bullying is an aggressive act carried out continuously by one party or group against a weaker individual, with the aim of dominating, intimidating, or hurting them physically or psychologically. Data from the Ministry of Education and Culture (2023) recorded that 24.4% of students experienced bullying at all levels of education during 2022-2023. Research shows that the highest level of bullying is at the age of 12-18 years, especially in junior high schools with 50% of students experiencing bullying. To analyze the relationship between Bullying Behavior on Learning Motivation and Its Outcomes in Class VIII School Children at MTs Nurul Anwar, Bekasi City in 2024. Analytical research with a cross-sectional approach using a sample of 26 students selected through a total sampling technique in Class VIII at MTs Nurul Anwar, Bekasi City. There is a relationship between bullying behavior and learning motivation with a p-value of 0.001. There is a relationship between bullying behavior and learning outcomes with a p-value of 0.001. Bullying behavior has a negative effect on student motivation and learning outcomes. Effective interventions are needed in schools to prevent bullying and create a safe and supportive learning environment.

 

Keywords: Bullying, Bullying Behavior, Learning Motivation, Learning Outcomes, School Children.

 

 

ABSTRAK

 

Bullying adalah suatu tindakan agresif yang dilakukan secara terus menerus oleh satu pihak atau kelompok terhadap individu yang lebih lemah, dengan tujuan mendominasi, mengintimidasi, atau menyakiti secara fisik atau psikis. Data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2023) mencatat 24,4% siswa mengalami perundungan di semua jenjang pendidikan selama 2022-2023. Penelitian menunjukkan tingkat bullying tertinggi pada usia 12-18 tahun, khususnya di SMP dengan 50% siswa mengalami perundungan. Menganalisis hubungan antara Perilaku Bullying Terhadap Motivasi Belajar dan Hasilnya Pada Anak Sekolah Kelas VIII di MTs Nurul Anwar Kota Bekasi Tahun 2024. Penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional menggunakan sampel 26 siswa/i yang dipilih melalui teknik pengambilan sampel total sampling di Kelas VIII di MTs Nurul Anwar Kota Bekasi. Terdapat hubungan antara perilaku bullying terhadap motivasi belajar dengan nilai p-value 0.001. Terdapat hubungan antara perilaku bullying terhadap hasil belajar dengan nilai p-value 0.001. Perilaku bullying berpengaruh negatif terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Diperlukan intervensi yang efektif di sekolah untuk mencegah bullying dan menciptakan lingkungan belajar yang aman dan mendukung.

 

Kata Kunci: Anak Sekolah, Perilaku Bullying, Perundungan, Hasil Belajar, Motivasi Belajar.


Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Candrawati, R., & Setyawan, A. (2023). Analisis Perilaku Bullying Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar: Analysis Of Bullying Behavior On Elementary School Students'learning Motivation. Pandu: Jurnal Pendidikan Anak Dan Pendidikan Umum, 1(2), 26-30.

Daniyantara, D., Zulan, Z. I., Halim, P. R., Adelia, M., Suranbian, M. G., & Wulandini, L. (2024). Sosialisasi Anti Bullying Sebagai Upaya Mencegah Perundungan Di Sdn 1 Masbagik Timur , Kecamatan Masbagik , Kabupaten Lombok Timur. 4(3), 220–231.

Dewi, P. Y. A. (2020). Perilaku School Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 39. Https://Doi.Org/10.55115/Edukasi.V1i1.526

Fitriani, N. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Unggulan Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Mtsn 3 Kediri. Iain Kediri. Https://Etheses.Iainkediri.Ac.Id/4903/

Hidayah, N., & Hermansyah, F. (2016). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bandar Lampung Tahun 2016/2017. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3(2), 1–21. Https://Doi.Org/10.24042/Terampil.V3i2.1190

Junita, N., Musni, R., Amalia, I., Mardhatillah, S. P., Azizah, C., & Husnawesnate, H. (2023). Expressive Writting Therapy Dalam Menurunkan Kecemasan Pada Korban Bullying. Jurnal Diversita, 9(1), 78–84. Https://Doi.Org/10.31289/Diversita.V9i1.8333

Keban, M. L., Nahak, S., & Kelen, Y. P. K. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smp. Jurnal Saintek Lahan Kering, 1(1), 20–21. Https://Doi.Org/10.32938/Slk.V1i1.440

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2023). Mendikbudristek: Pendidikan Karakter Tidak Dilakukan Dengan Kekerasan. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. Https://Www.Kemdikbud.Go.Id/Main/Blog/2023/07/Mendikbudristek-Pendidikan-Karakter-Tidak-Dilakukan-Dengan-Kekerasan

Lestari, E. T. (2020). Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar. Deepublish. Https://Balaiyanpus.Jogjaprov.Go.Id/Opac/Detail-Opac?Id=321353

Mardiyah, S., & Bambang, A. S. (2020). Pengaruh Edukasi Dengan Metode Role Play Terhadap Peningkatan Pengetahuan Tentang Pencegahan Bullying Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Kusuma Husada, 2015, 99–104. Https://Doi.Org/10.34035/Jk.V11i1.426

Nirwana, S. (2024). Pengaruh Bullying Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 3(2), 130-142.

Nuzuli, A. K., Khuryati, A., Putra, Y. A., Aqbal, M., Seftian, D. R., Hidayat, M. F., & Putra, A. I. (2023). Pencegahan Sikap Anti Bullying Di Kalangan Anak Sekolah Di Sd It Al-Fikri Dusun Baru Kota Sungai Penuh. Renata: Jurnal Pengabdian Masyarakat Kita Semua, 1(3), 107–113. Https://Doi.Org/10.61124/1.Renata.29

Salsabyla, S. (2024). Pemanfaatan Media Video Animasi Dalam Menanamkan Anti Bullying Melalui Pendidikan Pancasila Pada Siswa Kelas 4 Sdn Driyorejo. Universitas Pgri Madiun. Https://Eprint.Unipma.Ac.Id/1456/

Sari, Y. P., & Azwar, W. (2017). Fenomena Bullying Siswa: Studi Tentang Motif Perilaku Bullying. Ijtimaiyya : Pengembangan Masyarakat Islam, 10(November), 333–367. Https://Ejournal.Radenintan.Ac.Id/Index.Php/Ijtimaiyya/Index

Sholikhah, M. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Resiliensi Matematis Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Mtsn 10 Blitar. Iain Kediri. Https://Etheses.Iainkediri.Ac.Id/7500/

Subiyantoro, S., & Nurrohmah, N. (2020). Kecenderungan Pola Perilaku Agresif Dan Eksplosif Remaja (Study Kasus Perilaku Delinkuensi Pelajar Di Yogyakarta, Perspektif Sosio-Religius-Edukatif). Tadrib, 6(1), 106–125. Https://Doi.Org/10.19109/Tadrib.V6i1.3287

Sugiarto, T. (2020). E-Learning Berbasis Schoology Tingkatkan Hasil Belajar Fisika (Vol. 550259). Cv. Mine.

Tauhid, R. (2024). Analisis Perilaku Bullying Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Primearly: Jurnal Kajian Pendidikan Dasar Dan Anak Usia Dini, 7(2), 304-313.

Yudha, R. K., Lubis, E., Hainun, R., & Syarkati, S. (2022). Sosialisasi Tentang Dampak Bullying Pada Remaja. Batara Wisnu : Indonesian Journal Of Community Services, 2(2), 251–256. Https://Doi.Org/10.53363/Bw.V2i2.94

Yuniawati, A. (2024). Penerapan Pendidikan Karakter Religius Dalam Kasus Bullying. Moderation: Journal Of Religious Harmony, 1(1), 29–33.




DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v5i12.19764

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Publisher: Universitas Malahayati Lampung


Creative Commons License
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


kostenlose besucherzähler