Pengaruh Edukasi Audiovisual Pasien Pasca Operasi Strabismus Terhadap Kemampuan Koordinasi Penglihatan
Sari
ABSTRACT
Strabismus, commonly known as crossed eyes, is a condition in which both eyes are misaligned when focusing on the same object. One or both eyes may deviate inward (esotropia), outward (exotropia), upward (hypertropia), or downward (hypotropia). This condition results from an imbalance in the neuromuscular system that controls eye movement, impaired brain-eye coordination, and abnormal binocular vision. This study aims to analyze the effect of audiovisual-based education on visual coordination in patients after strabismus surgery. The study employs theGeneralized Linear Model Repeated Measure (GLM-RM) method to examine differences in the effects of audiovisual education between the intervention and control groups. Results: The GLM-RM analysis indicated a significant difference between the intervention and control groups after receiving audiovisual education, with a mean difference of 97.78 and a p-value of 0.000. The Greenhouse-Geisser test showed a significance value of 0.000, while the test of between-subjects effects revealed a statistically significant difference between the two groups (p-value = 0.000). Additionally, the parameter estimates test confirmed a significant effect of audiovisual education on patients’ visual coordination over time (p-value = 0.000). Conclusion: Audiovisual-based education has a significant positive impact on improving visual coordination in patients following strabismus surgery.
Keywords: Audiovisual Education, Visual Coordination, Strabismus.
ABSTRAK
Strabismus atau mata juling merupakan kondisi di mana kedua mata tidak sejajar saat melihat suatu objek. Salah satu atau kedua mata dapat mengalami deviasi ke dalam (esotropia), ke luar (eksotropia), ke atas (hipertropia), atau ke bawah (hipotropia). Kondisi ini disebabkan oleh ketidakseimbangan sistem neuromuskular yang mengatur pergerakan bola mata, gangguan koordinasi otak dan mata, serta kelainan penglihatan binokular. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh edukasi berbasis audiovisual terhadap koordinasi penglihatan pada pasien pascaoperasi strabismus. Desain penelitian ini menggunakan metode Generalized Linear Model Repeated Measure (GLM-RM) untuk menganalisis perbedaan efek edukasi audiovisual antara kelompok kontrol dan intervensi. Hasil analisis GLM-RM menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelompok intervensi dan kontrol setelah diberikan edukasi audiovisual, dengan nilai mean difference = 97,78 dan p-value = 0,000. Uji Greenhouse-Geisser menunjukkan signifikansi sebesar 0,000, sedangkan uji test of between-subjects effects mengindikasikan adanya perbedaan signifikan antara kedua kelompok dengan p-value = 0,000. Selain itu, berdasarkan uji parameter estimates, terdapat perbedaan yang signifikan dalam pengaruh edukasi audiovisual terhadap koordinasi penglihatan pasien pascaoperasi dari waktu ke waktu (p-value = 0,000). Edukasi berbasis audiovisual berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan koordinasi penglihatan pasien setelah menjalani operasi strabismus.
Kata Kunci: Edukasi Audiovisual, Koordinasi Penglihatan, Strabismus.
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Aini, K. (2024). Pengaruh Video Edukasi Terhadap Pengetahuan Tentang Perawatan Pasca Operasi Katarak Di Poli Mata Rumah Sakit Sari Asih Karawaci Tangerang (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang).
Asniar, A., Kamil, H., & Mayasari, P. (2020). Pendidikan Dan Promosi Kesehatan. Https://Doi.Org/10.52574/Syiahkualauniversitypress.224
Arisdiani, T., & Asyrofi, A. (2023). Efektivitas Pendidikan Kesehatan Berbasis Multimedia Dalam Meningkatkan Kepatuhan Pasien Pasca Operasi Pada Unit Keperawatan Medikal Bedah. Jurnal Ilmu Keperawatan Komprehensif, 4(1), 60–68. Https://Jurnal.Naiwabestscience.My.Id/Index.Php/Jikk/Article/View/60
Bolurian, A., Akbari, H. R., Daemi, T., Mirjalily, S. A. A., & Mousavi, S. (2022). Energy Management In A Smart Grid Including Demand Response Programs Considering Internet Of Things. 3(1), 131–141. Https://Doi.Org/10.22044/Rera.2021.11408.1092
Buffenn, A. N. (2021). The Impact Of Strabismus On Psychosocial Heath And Quality Of Life: A Systematic Review. Survey Of Ophthalmology, 66(6), 1051–1064. Https://Doi.Org/10.1016/J.Survophthal.2021.03.005
Elvira, S. N. M. A. , T. A. A. Ma. P. , S. I. W. E. , & M. Id. B. P. . (2022). Gambaran Kualitas Hidup Pasien Strabismus Menggunakan Kuesioner Adult Strabismus 20 Di Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah Periode Januari 2019 - Desember 2020. Elvira, Surasmiati, N. M. A., Triningrat, A. A. Ma. P., Sutyawan, I. W. E., & Manuaba, Id. B. P . Https://Doi.Org/Doi:Https://Doi.Org/10.24843/Mu.2022.V11.I04.P07.
Govert. (2021). Gambaran Kualitas Hidup Pada Pasien Strabismus Di Rumah Sakit.
Huang, T. L., & Pineles, S. L. (2023). Strabismus And Pediatric Psychiatric Illness: A Literature Review. In Children (Vol. 10, Issue 4). Mdpi. Https://Doi.Org/10.3390/Children10040607
Indrayani. (2020). Buku Promosi Kesehatan Untuk Bidan.
Indarlinna, M. P. (2022). Perbedaan Tingkat Pengetahuan Pasien Post Operasi Katarak Setelah Diberikan Pendidikan Kesehatan Dengan Video Interaktif (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang).
Khalifa, F., Shalaby, A., Soliman, A., Elaskary, S., Refaey, A., & Abdelazim, M. (2023). Editorial: Artificial Intelligence-Based Computer-Aided Diagnosis Applications For Brain Disorders From Medical Imaging Data, Volume Ii. In Frontiers In Neuroscience (Vol. 17). Frontiers Media Sa. Https://Doi.Org/10.3389/Fnins.2023.1241926
Murniasari, M. (2022). Pengaruh Pemberian Video Edukasi Perawatan Post Operasi Katarak Terhadap Pengetahuan Pasien Dalam Melakukan Perawatan Mata Di Rumah (Doctoral Dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Wira Husada).
Regina. (2020). Pengaruh Pemberian E,Dukasi Perawatan Mata Melalui Video Interaktif Terhadap Kemampuan Koordinasipasien Post Operasi Strabismus.
Saeedi, P., Karuranga, S., Hammond, L., Kaundal, A., Malanda, B., Prystupiuk, M., & Matos, P. (2020). Cardiovascular Diseases And Risk Factors Knowledge And Awareness In People With Type 2 Diabetes Mellitus: A Global Evaluation. Diabetes Research And Clinical Practice, 165, 108194. Https://Doi.Org/10.1016/J.Diabres.2020.108194
Sari, Y., & Subaris Kasjono, H. (2024). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Melalui Video Terhadap Pengetahuan Dan Praktik Mobilisasi Dini Pada Pasien Pasca Operasi Mata. Https://Doi.Org/10.30867/Sago.V5i2.1292
Setiawan, A. (2025). Efektivitas Edukasi Berbasis Video Terhadap Perilaku Pencegahan Komplikasi Pasien Setelah Fakoemulsifikasi Di Rumah Sakit Mardi Waluyo Metro Lampung (Doctoral Dissertation, Stikes Bethesda Yakkum Yogyakarta).
Zhu, H., Yu, J., Yu, R., Ding, H., Bai, J., Chen, J., Gong, Y., & Chen, X. (2021). Prevalence Of Strabismus Among Preschool Children In Eastern China And Changes From 2011 To 2017: Findings From Two Cross-Sectional Studies. Bmj Open, 11(10), E055112.
DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v6i1.20024
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Publisher: Universitas Malahayati Lampung

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
kostenlose besucherzähler


Panduan Penulisan





