Tingkat Pengetahuan Penulisan Resep Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Tahap Sarjana Program Studi Kedokteran Universitas Malahayati

Mutiara Ghassani Pangestu, Sri Maria Puji Lestari, Esteria Marhayuni, Dessy Hermawan

Sari


ABSTRACT: KNOWLEDGE LEVEL OF RECEPTION WRITING AT END LEVEL BACHELOR STAGE BACHELOR OF MEDICAL STUDY PROGRAM, MALAHAYATI UNIVERSITY, 2020

 

Background: Prescription is the most important therapeutic transaction between doctor and patient in which a written order is attached about the drug to be used for the prevention of complications and the treatment of patient diagnosis directed by the doctor. Prescription writing is one of the materials studied by medical students, especially final year students because they have passed almost all clinical blocks.

Objective: Determine the level of knowledge of prescription writing in the final year undergraduate students of the Malahayati University medical study program.

Methodology: The type of research used in this research is descriptive quantitative. With a measuring instrument using a prescription writing questionnaire that has been tested for validity and reliability to the respondent.

Result: Of the 190 respondents consisting of 63 men and 127 women who filled out the questionnaire, the knowledge level of prescription writing was obtained 96 respondents (50.5%) sufficient knowledge, 92 respondents (48.4%) good knowledge, and 2 respondents (1.1%) lack of knowledge.

Conclusion: The majority of prescription writing knowledge of final year students of the Malahayati University medical study program has sufficient knowledge. With the topic of discussion, the majority of which were controlled by the respondents was the authority to write prescriptions and the less mastered was the abbreviation of prescription.

 

Keywords: Knowledge Level, Prescription Writing

 

 

INTISARI: TINGKAT PENGETAHUAN PENULISAN RESEP PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR TAHAP SARJANA PROGRAM STUDI KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALAHAYATI TAHUN 2020

 

Latar Belakang: Resep merupakan sebuah transaksi teurapeutik terpenting antara dokter dengan pasien yang didalam nya terlampir perintah tertulis tentang obat yang akan digunakan untuk pencegahan komplikasi dan pengobatan diagnosis pasien yang diarahkan oleh dokter. Penulisan resep merupakan salah satu materi yang di pelajari mahasiswa kedokteran, terutama mahasiswa tingkat akhir karena telah melewati hampir seluruh blok klinis.

Tujuan: Mengetahui tingkat pengetahuan penulisan resep pada mahasiswa tingkat akhir tahap sarjana program studi kedokteran Universitas Malahayati.

Metodologi: Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Dengan alat ukur menggunakan kuesioner penulisan resep yang telah diuji validitas dan realibilitasnya kepada responden.

Hasil: Dari 190 responden yang terdiri dari 63 laki-laki dan 127 perempuan yang mengisi kuesioner tingkat pengetahuan penulisan resep didapatkan 96 responden (50,5%) pengetahuan cukup, 92 responden (48.4%) pengetahuan baik dan 2 responden (1,1%) pengetahuan kurang.

Kesimpulan: Mayoritas pengetahuan penulisan resep mahasiswa tingkat akhir program studi kedokteran Universitas Malahayati memiliki pengetahuan cukup. Dengan topik bahasan yang mayoritas sangat dikuasai responden adalah wewenang menulis resep dan yang kurang dikuasai adalah singkatan peresepan.

 

Kata Kunci      : Tingkat Pengetahuan, Penulisan Resep


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ajay, K., Saurabh, J., Dangi, I., Chowdary, S., Choubitker, Omprakash Kumar, P. K., & R.S., P. (2019). 4. Ideal drug prescription writing. World Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, 8(March), 634–654. https://doi.org/10.20959/wjpps20193-12989

Argaheni, N. B. (2020). Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring saat Pandemi Covid-19 terhadap Mahasiswa Indonesia. PLACETUM Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya, Vol.8 (2). https://jurnal.uns.ac.id/placetum

Budiman, Agus, R. (2013). Kapita Selekta Kuesioner Pengetahuan dan Sikap dalam Penelitian Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika.

Hurlock, Elizabeth B. (2011). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga

Katzung, B. G. (2017). Farmakologi Dasar dan Klinik Edisi 12 Volume 2. Jakarta : EGC.

Konsil Kedokteran Indonesia. 2019. Standar Nasional Program Profesi Dokter Indonesia. 247.

Mamarimbing, M., Fatimawali dan Bodhi, W. (2012). Evaluasi Kelengkapan Resep dari Dokter Spesialis Anak padaTiga Apotek di Kota Manado. Journal of Pharmachon, Vol 1(2), 45–51. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/pharmacon/article/viewFile/485/378%0A

Melbourne, D. A. 2014. A New Method for Testing Normality Based Upon A Characterization of The Normal Distribution. Thesis. FIU Electronic Theses and Dissertations. Florida.

Melviana. (2019). Analisis dan Eksplorasi Kompetensi Tatalaksana Farmakologi Mahasiswa pada Ujian Simulasi OSCE UKMPPD di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Ibnu Sina Biomedia 3(1): 11.

Munggaran, R. D. (2012). Pemanfaatan Open Source Software Pendidikan Oleh Mahasiswa Dalam Rangka Implementasi Undang- Undang No. 19 Tahun 2002 Tentang Hak Cipta. Skripsi. Program Sarjana Teknologi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Notoatmodjo, S. 2018. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Oktarlina, R. Z., Ariyanti, P. R., Farmasi, B., Kedokteran, F., Lampung, U., Studi, P., Dokter, P., Kedokteran, F., & Lampung, U. (2019). Hubungan Pengetahuan Mahasiswa Terhadap Penulisan Resep yang Baik dan Benar pada Mahasiswa Tahun ke 4 Fakultas Kedokteran Universitas. Jurnal Fakultas Kedokteran Universitas Lampung (6): 74–79.

Panjaitan, A P. (2017). Perbandingan Tingkat Pengetahuan Mahasiswa Kepaniteraan Klinik RSUD dr. H. Abdoel Moeloek Bandar Lampung dan Dokter Baru Lulusan UNILA 2016 Terhadap Penulisan Resep yang Benar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Pratiwi, W. R., Kautsar, A. P., & Gozali, D. 2017. Hubungan Kesesuaian Penulisan Resep dengan Formularium Nasional Terhadap Mutu Pelayanan pada Pasien Jaminan Kesehatan Nasional di Rumah Sakit Umum di Bandung. Pharmaceutical Sciences and Research, 4(1), 48–56. https://doi.org/10.7454/psr.v4i1.3713

Ristekdikti. 2018. Potret Pendidikan Kedokteran di Indonesia dalam Menghadapi Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. https://lldikti1.ristekdikti.go.id/details/apps/1235. 1 Oktober 2020(09.41)

Romadhoni, M F. (2020). Kaidah Penulisan Resep. Yogyakarta : Deepublish Publisher.

Scott, L. (2016). Medication errors. In Nursing standard (Royal College of Nursing (Great Britain) : 1987) (Vol. 30, Issue 35). https://doi.org/10.7748/ns.30.35.61.s49

Sugianto, I. M., dan Lisiswanti, R. (2016). Tingkat self directed learning readiness (SDLR) pada Mahasiswa kedokteran. Jurnal Majority, 5(5), 27-31.

Sujarweni, W P. 2019. Metodologi Penelitian Edisi 1. Yogyakarta: Pustakabarupress.

Thenrajan, P., & Murugan, Pr. (2016). Impact of patient-based teaching in improving prescription writing skills of II MBBS students. International Journal of Applied and Basic Medical Research, 6(3), 174. https://doi.org/10.4103/2229-516x.186954

Yumniyati, K. (2016). Pengaruh Jenis Kelamin Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X pada Materi Geometri Dikontrol dengan Kemampuan Spasial Di SMA N 13 Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang.




DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v1i3.3916

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Publisher: Universitas Malahayati Lampung


Creative Commons License
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


kostenlose besucherzähler