Hubungan Durasi Dan Intensitas Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Anak Usia Prasekolah Di Wilayah RW 14

Ziah Afifah Zahra* -  Universitas Nasional, Indonesia
Susanti Widiastuti -  Universitas Nasional, Indonesia
Diah Argarini -  Universitas Nasional, Indonesia

Supp. File(s): common.other

ABSTRACT

 

The duration and intensity of the use of gadgets in preschoolers is increasing because gadgets have several interesting features for preschoolers, therefore parents must limit their children so that they do not have a negative impact on the growth of preschoolers. This study aims to determine the relationship between the duration and intensity of gadgets on the development of preschool children in the RW14 Tambun Selatan area. The sampling technique in this study used random sampling. The sample in this study amounted to 58 respondents, the questionnaire on the duration of the use of this gadget has been tested for validity and reliability with a Cronbach's alpha coefficient of 0.850, a questionnaire on the intensity of gadget use with a Cronbach's alpha coefficient of 0.760. The results of the study using Chi-Square a = <0.05 obtained P = 0.013 and 0.01, so H1 is rejected, meaning that there is a relationship between the duration and intensity of using gadgets with the development of preschool children aged 3-5 years. In this study, it can be concluded that most children have good duration when using gadgets and most children are moderate in intensity when playing gadgets.

 

Keywords : Duration, Intensity, Preschool Age Development

 

ABSTRAK

 

Durasi dan intensitas penggunaan gadget pada anak usia prasekolah semakin meningkat disebabkan gadget mempunyai beberapa fitur yang menarik untuk anak usia prasekolah, maka dari itu orang tua harus membatasi anak agar tidak berdampak negatif bagi pertumbuhan anak usia prasekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan durasi dan intensitas gadget terhadap perkembangan pada anak usia prasekolah diwilayah RW14 Tambun Selatan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 58 responden, kuesioner durasi penggunaan gadget ini telah diuji validitas dan reabilitas dengan nilai koefisien cronbach’s alpha 0.850, kuesioner intensitas penggunaan gadget dengan nilai koefisien cronbach’s alpha 0.760. Hasil penelitian menggunakan Chi-Square a= <0.05 didapatkan P = 0.013 dan P = 0.01, sehingga H1 ditolak artinya ada hubungan durasi dan intensitas menggunakan gadget dengan perkembangan anak usia prasekolah 3-5 tahun. Pada penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa kebanyakan anak sering durasi nya saat menggunakan gadget dan kebanyakan anak sedang intensitasnya saat bermain gadget.

 

Kata kunci: Durasi, Intensitas, Perkembangan Anak Usia Prasekolah

Supplement Files

  1. Amarullah, A. (2013). Tiap Hari, 17% Anak Main Gadget. Jakarta.
  2. Ameliola, S. N. (2013). Perkembangan Media Informasi dan Teknologi Terhadap Anak dalam Era Globalisasi. Jember.
  3. Chusna, P. A. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Vol. 17, No. 2, November 2017, 319.
  4. Damayanti Riska, A. M. (2019). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Pencapaian Tugas Perkembangan Anak Usia Remaja Awal SD Di Kecamatan Godean. Yogyakarta.
  5. Delima R, A. N. (2015). Identifikasi Kebutuhan Penggunaan Untuk Aplikasi Permainan Edukasi Bagi Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Teknik
  6. Informatika dan Sistem Indormasi Vol.1 No.1.
  7. Efendi, F. (2013). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini.
  8. Eka Anggraini. (2019). Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak. Jakarta: Serayu Publishing.
  9. eMarketer. (2014). 2 Billion Consumers Worldwide to Get Smart(phones) by 2016. .
  10. eMarketer. (2016). 2 Billion Consumers Worldwide to Get Smart(phones) by 2016.
  11. Jannah, M. (2015). Tugas - Tugas Perkembangan Pada Usia Kanak - Kanak. 89.
  12. Jati, H. (2014). Segmentasi Mahasiswa Program Studi IlmuKomunikasi UAJY Dalam Menggunakan Gadget.
  13. Jiwa, W. K. (2015). Standar Asuhan Keperawatan Jiwa. Gangguan Resiko dan Sehat. Depok.
  14. Jonthan, e. a. (2015). Perancangan Board Game Mengenal Bahaya Radiasi Gadget Terhadap Anak . 45.
  15. Khairul Putriana, E. A. (2019). Hubungan Durasi dan Intensitas Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Personal Sosial Anak Usia Prasekolah (3-5 tahun) di Tk Cendikia Desa Lingsar Tahun 2019 . Jurnal Kesehatan Qamarul Huda , 8-9.
  16. Kusyanti, A. &. (2017). The role of privacy, security and trust in user acceptance of smartphone user in Indonesia. In 2017 5th International Conference on Information and Communication Technology, ICoIC7 2017 Vol. 0,, 1-6.
  17. Liviana PH, D. A. (2017). Pengaruh Motorik Stumulus Halus Terhadap Tahap Perkembangan Psikososial Anak Usia Prasekolah. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia , 32.
  18. Louis, C. S. (2015). Many Children Under 5 Are Left to Their Mobile Devices, Survey Finds.
  19. MAA, G. (2017). Hubungan Durasi Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Prasekolah di TK PGRI 33 Sumurboto Banyumanik. Semarang.
  20. Manumpil, d. (2012). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Tingkat Prestasi Sisw Di SMA Negeri 9 Manado. E-journal keperawatan(e-Kep) Volume 3 Nomor 2 April 2015.
  21. Markham, L. (2019). Learn what your preschooler needs to thrive.
  22. Mashrah, H. T. (2017). The Impact of Adopting and Using Technology by Children. Journal of Education and Learning (EduLearn), 11(1)., 5.
  23. Munir, S. (2017). The Impact of using Gadgets on Children. Journal of Depression and Anxiety, 1-3.
  24. Murdaningsih, D. &. (14). Survei: Jutaan Anak Usia SD Kecanduan Gadget.
  25. Musyarofah. (2016). Pengembangan Aspek Sosial Anak Dini di Taman Kanak-Kanak ABA IV Mangli Jember . Jember.
  26. Ns. Arif Rohman Mansur, M. (2019). Tumbuh Kembang Anak Usia Prasekolah. Padang: Andalas University Press.
  27. Pangestuti, A. (2017). Fenomena Gadget Dan Perkembangan Sosial Bagi Anak Usia Dini. Indonesia Journal Of Islamic Early Childhood Education Vol.2 No.2.
  28. Pertiwi, & Wahyunanda, K. (2018). Riset Ungkap Pola Pemakaian Medsos.
  29. Prajnidita Zaeny Rahmalah, e. a. (2019). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Seminar Nasional.
  30. Prastiwi, M. H. (2019). Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia 3-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 243.
  31. Pratama, A. R. (2018). Investigating Daily Mobile Device Use among University Students in Indonesia. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering.
  32. Pratama, A. R. (2018). Investigating Daily Mobile Device Use among University Students in Indonesia. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 325(1).
  33. Putra, G. L. (2019). PEMANFAATAN ANIMASI PROMOSI DALAM MEDIA YOUTUBE. Prosiding Seminar Nasional Desain dan Arsitektur (SENADA) Vol.2, Februari 2019, 264.
  34. Rahmah, A. (2015). Digital Literacy Learning System for Indonesian Citizen. In Procedia Computer Science Vol. 72 , 94 - 101.
  35. Rahmah, A. (2015). Digital Literacy Learning System for Indonesian . In Procedia Computer Science Vol. 72, 94–101.
  36. Rhona Sandra, e. a. (n.d.). Pengaruh Penggunaan Gadget Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Abdimas Saintika Vol.1 No.1 , 89.
  37. Santoso, H. W. (2019). Proses Parental Mediation Terhadap Anak Usia Prasekolah Dalam Menggunakan Gadget . Jurnal Pekerjaan , 219.
  38. Sari, P. d. (2016). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Personal Sosial Anak Usia Pra Sekolah di Tkit Al Mukmin. Jurnal Profesi 13 (2), 73-77.
  39. Setianingsih. (2018). Dampak Pengguanaan Gadget Pada Anak Usia Prasekolah Dapat Meningkatkan Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas. GASTER Vol. XVI No. 2 Agustus 2018, 191.
  40. Setyawan, M. (2016). Hubungan Antara Durasi Penggunaan Media Sosial Dengan Kestabilan Emosi Pada Pengguna Pengguna Media Sosial Usia Dewasa Awal. Yogyakarta.
  41. Siska Damaiyanti, E. R. (2020). Hubungan Durasi Pemakaian Gadget Dengan Perkembangan Emosional Anak Prasekolah. Prosiding Seminar Kesehatan Perintis E-ISSN : 2622 - 2256 Vol. 3 No.2 , 41-42.
  42. Soetjaningsih. (2007). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta.
  43. Sugeng, H. (2019). Gambaran Tumbuh Kembang Anak pada Periode Emas Usia 0-24 Bulan di Posyandu Wilayah Kecamatan Jatinangor. Jurnal Sistem Kesehatan, 96-101.
  44. Triastutik, Y. (2018). Hubungan Bermain Gadget Dengan Tingkat Perkembangan Anak usia 4-6 Tahun. Jombang.
  45. Ujang. (2015). Konsep Dasar Perkembangan Potensi Motorik Anak Usia Prasekolah.
  46. Veronike.E.T.Salem, e. a. (2019). Sosialisasi Dampak Penggunaan Gadget Anak Usia Dini pada Ibu-Ibu di Jemaat Nafiri Malalayang 1 ( Tinjauan Sosiologi Keluarga). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 562.
  47. Widiawati, I. S. (2014). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Daya Kembang Anak. Jakarta.
  48. Wulandari, P. Y. (2016). Anak Asuhan Gadget.
  49. Wulansari, N. (2017). Didiklah Anak Sesuai Zamannya. Jakarta Selatan: PT. Visimedia Jakarta.
  50. Yumarni, V. (2018). Pengaruh Gadget terhadap Tumbuh Kembang Anak Usia Dini AH-PIECE. In Al Hikmah In Al Hikmah Childhood Education, 293 - 300.
  51. Yusmi, W. (2015). Pentingnya Pendampingan Dialogis Orang tua Dalam Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini. Jakarta.