Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kepatuhan Minum Obat Pada Anggota Keluarga Yang Menderita Hipertensi Di Kelurahan Ciriung Privinsi Jawa Barat

Trisna Handayani Pangestu, Aisyiah Aisyiah, Intan Asri Nurani

Sari


Pendahuluan: Penderita hipertensi menurut hasil pengukuran pada penduduk usia≥18 tahun di Indonesia sebesar 63.309.620 orang. Kepatuhan terhadap pengobatan merupakan aspek penting dalam kesehatan berkelanjutan dan kesejahteraan penderita hipertensi. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kepatuhan adalah faktor sosial ekonomi, ketidaktahuan mengenai kesehatan, kurangnya dukungan dari keluarga, kurangnya dukungan dari lingkungan.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kepatuhan minum obat pada anggota keluarga dengan hipertensi.
Metode penelitian: Desain penelitian ini adalah non-eksperimen dengan defkriptif korelasional menggunakan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian berjumlah 76 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian terdiri dari kuesioner kepatuhan minum obat MMAS-8, kuesioner pengetahuan, kuesioner dukungan keluarga, dukungan tenaga kesehatan. Kuesioner pengetahuan didapatkan nilai cronbach’s alpha 0,937. Kuesioner dukungan keluarga didapatkan nilai cronbach’s alpha 0,911. Kuesioner dukungan tenaga Kesehatan didapatkan nilai cronbach’s alpha 0,870. Data dianalisis menggunakan chi-square untuk mengetahui hubungan antara kepatuhan minum obat dengan pengetahuan, dukungan keluarga, dan dukungan tenaga kesehatan.

Hasil: Hasil uji chi-square diperoleh nilai p value= 0,000 (p<0,05) hal ini berarti ada hubungan antara tingkat pengetahuan dengan kepatuhan minum obat. Hasil chi square diperoleh nilai p value= 0,003 (p<0,05) hal ini berarti ada hubungan antara dukungan keluarga dengan kepatuhan minum obat. Hasil chi square diperoleh nilai p value= 0,000 (p<0,05) hal ini berarti ada hubungan antara dukungan tenaga kesehatan dengan kepatuhan minum obat.

Kesimpulan: Ada hubungan antara kepatuhan minum obat dengan pengetahuan, dukungan keluarga, dan dukungan tenaga kesehatan pada anggota keluarga dengan hipertensi di Kelurahan Ciriung.

Kata kunci: Hipertensi, kepatuhan minum obat, pengetahuan, dukungan keluarga, dukungan tenaga Kesehatan.


Teks Lengkap:

Download Artikel


DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v2i2.6046

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Publisher: Universitas Malahayati Lampung


Creative Commons License
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


kostenlose besucherzähler