Hubungan Pendidikan Dan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Anak Usia Prasekolah 3-6 Tahun Di TK Nurul Abror Cibinong

Fitria Indah Salsabila, Susan Susan Widiastuti, Diah Diah Argarini

Sari


ABSTRACT

 

The level of education and parenting patterns of parents are two factors that play an important role in the development of preschool children. Children who are cared for by parents with a high level of education and by applying a democratic parenting pattern are predicted to prevent children from developmental deviations. This study aims to determine the relationship between education and parenting patterns with the development of preschool children in Nurul Abror Kindergarten, Cibinong. The research sample used was a total sampling of 48 respondents, with the subject of students - students and one of the parents of students of Nurul Abror Kindergarten Cibinong. The instrument used for parenting education and parenting is a questionnaire sheet filled out by parents, the developmental instrument used is the KPSP sheet conducted by researchers on students. Parenting questionnaire has been tested for validity and reliability with Cronbach's alpha coefficient 0.897. In research using Chi-Square, P = 0.004 and P = 0.000 so that it can be said that H0 is rejected and H1 is accepted, which means that there is a relationship between education and parenting styles of parents with the development of preschool children in Nurul Abror Kindergarten, Cibinong. In this study it can be concluded that most of the education of parents with secondary education level with normal and appropriate child development.

 

Keywords : Education, Parenting, Preschool Age Development

 

ABSTRAK

 

Tingkat pendidikan dan pola asuh orang tua adalah dua faktor yang berperan penting terhadap perkembangan anak prasekolah. Anak yang diasuh oleh orang tua dengan tingkat pendidikan yang tinggi dan dengan menerapkan pola asuh yang demokratis di prediksi anak dapat terhindar dari penyimpangan perkembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan pendidikan dan pola asuh orang tua dengan perkembangan anak prasekolah di TK Nurul Abror Cibinong. Sampel penelitian yang digunakan adalah total sampling sebanyak 48 responden, dengan subjek siswa – siswi dan salah satu orang tua siswa – siswi TK Nurul Abror Cibinong. Instrumen yang digunakan untuk pendidikan dan pola asuh orang tua ialah lembar kuesioner yang diisi oleh orang tua, instrumen perkembangan yang digunakan ialah lembar KPSP yang dilakukan oleh peneliti terhadap siswa – siswi. Kuesioner pola asuh telah diuji validitas dan reabilitas dengan koefisien cronbach’s alpha 0,897. Pada penelitian dengan menggunakan Chi-Square didapatkan P = 0,004 dan P = 0,000 sehingga dapat dikatakan H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya ada hubungaan antara pendidikan dan pola asuh orang tua dengan perkembangan anak prasekolah di TK Nurul Abror Cibinong. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sebagian besar pendidikan orang tua dengan tingkat pendidikan menengah dengan perkembangan anak normal dan sesuai.

 

Kata Kunci : Pendidikan, Pola Asuh, Perkembangan Anak Usia Prasekolah


Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Departemen Kesehatan RI. (2012). Pelatihan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Tumbuh Kembang Anak di Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar. Jakarta : Depkes.

Desmita. (2015). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hasinuddin & Fitriah. (2011). Modul Anticipatory Guidance: Terhadap Perubahan Pola Asuh Orang Tua Yang Otoriter Dalam Stimulasi Perkembangan Anak. STIKES Ngudia Husada Madura.

Herminaju, Ketjuk., Kholidati, R. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Anak Usia. 5(1), 119–123.

Jannah, MM. (2017). Identifikasi Pola Asuh Orangtua Di Taman Kanak-Kanak Aba Jogokaryan Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Edisi 6:547-552

Kementerian Kesehatan RI. (2018). Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018. Jakarta:

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian RI.

Kusumaningtyas, K., dan Wayanti, S. (2016.) Faktor pendapatan dan pendidikan Keluarga terhadap perkembangan motorik halus anak usia 3-4 tahun. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes, VII(1), h.52-58.

Muthmainnah. (2012). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Pribadi Anak yang Androgynius melalui Kegiatan Bermain. GPAUD FIP Universitas Negeri Yogyakarta. 2012

Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineke Cipta. Jakarta.

Patmonodewo. (2010). Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Sochib, M. (2014). Pola Asuh Orang Tua Dalam Membantu Mengembangkan Disiplin Diri Sebagai Pribadi Yang Berkarakter. Jakarta : Rineka Cipta.

Soetjiningsih. (2012). Tumbuh Kembang Anak. Laboratorium Ilmu Kesehatan Anak. Surabaya: Universitas Airlangga

Soetjiningsih. (2012). Tumbuh Kembang Anak Edisi 2. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC. 2013, hlm. 2-18.

Soetjiningsih., Ranuh, I. G. (2014). Tumbuh Kembang Anak (E. 2 (ed.)). Buku Kedokteran EGC

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sulasmi, TS. &Ersta K., L. (2016). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Audi, Volume 1, Nomor 2 : 54 –59.

Sunarty, K. (2016). Hubungan Pola Asuh Orang tua Dan Kemandirian Anak. Journal Of Est, Volume 2, Nomor 3 : 152-160.

Supartini (2012). Buku ajar konsep dasar keperawatan anak. Jakarta : EGC

Ulfah. (2015). Manajemen PAUD. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Wulandari, C. (2018). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Pada Anak Usia Dini ( 3-4 Tahun) Di Paud Dharma Wanita Desa Pojoksari Kecamatan Sukomoro Kabupaten Magetan. Journal of Chemical Information and Modeling.

Yuniarti, S. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Anak Prasekolah Di R.A Almardiyah Rajamandala Bulan Juli 2016. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Jendral Achmad Yani (SNIJA), 103–111.

Yusuf. (2014). Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Bandung : Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v2i4.6067

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Publisher: Universitas Malahayati Lampung


Creative Commons License
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


kostenlose besucherzähler
slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor