Faktor Yang Berhubungan Dengan Kinerja Perawat Dalam Menerapkan Model Praktik Keperawatan Profesional Terhadap Kepuasan Pasien Diruang Rawat Inap RS Marinir
Sari
ABSTRACT
The hospital is an integral part of a social and health organization with the function of providing complete services, curing disease, and preventing disease in the community. Nursing is an inseparable part of other health professions in providing health services to patients. The professional nursing practice model is an intervention strategy that has provided a framework of work that aims to support nurses in controlling all nursing actions so that they run. The performance of nurses is a measure of the quality of service in a hospital. Performance is influenced by individual variables, psychological variables, and organizational variables. Satisfaction is a feeling of disappointment or pleasure that a person feels after comparing the results of a product on perceived performance with his expectations. This study aims to determine the relationship between the performance of nurses in applying the model of professional nursing practice to patient satisfaction in the inpatient room at RS Mariner. This Chi-Square study used a cross-sectional design. The sample in this study amounted to 67 nurses and 67 patients in the Mariner Hospital inpatient room. The sampling technique used was the total sampling technique. The research instrument consisted of a questionnaire about the professional nursing practice model, a nurse performance questionnaire, and a patient satisfaction questionnaire. This questionnaire has been tested for validity and reliability with Cronbach's alpha coefficient of professional nursing practice 0.842, Cronbach's alpha of nurse performance 0.906, and Cronbach's alpha of patient satisfaction 0.956. Data were analyzed using a quantitative description. The results showed that there was a relationship between nurse performance (p-value = 0.004), which means p a value (0.05) with the professional nursing practice model (p-value = 0.009, which means p a value (0.05) on patient satisfaction. Nurse performance with a professional nursing practice model can provide satisfaction to patients
Keywords: Nurse Performance, Professional Nursing Practice Model, Patient Satisfaction
ABSTRAK
Rumah sakit merupakan bagian integral dari suatu organisasi sosial dan Kesehatan dengan fungsi menyediakan pelayanan paripurna, penyembuha penyakit dan pencegahan penyakit pada masyarakat. Keperawatan adalah bagian yang tidak terpisahkan dari profesi Kesehatan lain di dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien. Model praktik keperawatan professional merupakan suatu strategi intervensi yang telah menyediakan suatu kerangka pekerjaan yang bertujuan untuk mendukung perawat dalam mengontrol semua Tindakan keperawatan agar berjalan. Kinerja perawat merupakan tolak ukur dari kualitas pelayanan suatu rumah sakit. Kinerja dipengaruhi oleh variabel individu, variabel psikologis dan variabel organisasi. Kepuasan adalah perasaan kecewa atau senang yang dirasakan seseorang setelah membandingkan antara hasil suatu produk atas persepsi kinerja dengan harapan-harapannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kinerja perawat dalam menerapkan model praktik keperawatan professional terhadap kepuasan pasien di ruang rawat inap rs mariner. Penelitian Chi Square ini menggunakan rancangan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 67 perawat dan 67 pasien di ruang rawat inap rs mariner. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Instrument penelitian terdiri dari kuesioner tentang model praktik keperawatan professional kuesioner kinerja perawat dan kuesioner kepuasan pasien. Kuesioner ini telah diuji validitas dan reliabilitas dengan nilai koefisien cronbach’s alpha model praktik keperawatan professional 0,842 cronbach’s alpha kinerja perawat 0,906 dan cronbach’s alpha kepuasan pasien 0,956. Data dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan antara kinerja perawat (p value = 0.004) yang berarti nilai p ≤ a (0.05)dengan model praktik keperawatan professional ( p value = 0.009 yang berarti nilai p ≤ a (0.05) terhadap kepuasan pasien. Kinerja perawat dengan model praktik keperawatan professional dapat memberikan kepuasan terhadap pasien.
Kata Kunci: Kinerja Perawat, Model Praktik Keperawatan Profesional, Kepuasan Pasien
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Abdullah. (2014). Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Afandi. (2016). Concept & Indicator Human Resource Management For Management Research. Yogyakarta: Deepublish.
Andika, F., & Astuti Anisa. (2018). Analisis Faktor Kepuasan Pasien BPJS JKRA dengan Kinerja Perawat di Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Kota Banda Aceh. Jurnal of Healthcare Technology and Medicine, Vol 4 No 2.
Asriani, Mattalatta, & Betan, A. (2016). Pengaruh Penerapan Model Praktik Keperawatan Profesional (MPKP) Terhadap Standar Asuhan Keperawatan Dan Kepuasan Kerja Perawat Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Bhayangkara Makassar. Jurnal Miral Management, Volume 1 Nomor 2.
Astar, F., Tamsah, H., & Kadir, I. (2018). Pengaruh Pelayanan Asuhan Keperawatan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Takalala Kabupaten Soppeng. Journal Of Management, Vol 1 No 2.
Ayu, S. A. (2016). Hubungan Kinerja Perawat Pelaksana Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Penyakit Dalam RS Pertamina Bintang Amin Bandar Lampung Tahun 2016. Jurnal Kesehatan Holistik (The Jurnal of Holistic Healthcare), Volume 10 No 4.
Fardhoni, Sedjati, R. S., & Permana, I. S. (2021). Pengaruh Pelayanan Keperawatan dan Kinerja Perawat Terhadap Kepuasan Pasien di Ruang Sanur-Kuta Rumah Sakit Sumber Kasih Cirebon. Jurnal Keperawatan BSI, Vol 9 No 1.
Handayani, S., Fannya, P., & Nazofah, P. (2018). Faktor Yang Berhubungan Dengan Kinerja Tenaga Kesehatan Di Rawat Inap RSUD BATUSANGKAR. Journal Endurance 3 (3), 440-448.
Krisnawati, K. S. (2017). Empat Pilar Metode Keperawatan Profesional. Universitas Udayana: Literatue Review.
Lobo, Y., Herwanti, E., & Yudowaluyo, A. (2019). Hubungan Penerapan Metode Asuhan Keperawatan Profesional (MAKP) Dengan Kinerja Perawat Di Ruang Kelimutu, Ruang Komodo, Dan Ruang Anggrek RSUD PROF.dr.W.Z.JOHANNES KUPANG. CHMK NURSING SCIENTIFIC JOURNAL, Volume 3 No 2.
Mogopa, P. C., Pondaag, L., & Hamel, R. S. (2017). Hubungan Penerapan Metode Tim Dengan Kinerja Perawat Pelaksana Di Irina C RSUP PROF DR. R. D. KANDOU MANADO. e-Journal Keperawatan (e-Kp), Volume 5 Nomor 1.
Mubyl, M., & Dwinanda, G. (2020). Kepuasan Kerja Perawat Terhadap Kinerja, Pelayanan Prima Perawat, Dan Kepuasan Pasien. Jurnal Mirai Management, Volume 5 No 3.
Munawir, i. (2018). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit. Jurnal Ilmiah Kesehatan, Vol 17 Nomor 3.
Nursalam. (2017). Manajemen Keperawatan: Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Professional . jakarta: salemba medika.
Pawa, I. D., Rumaolat, W., Umasugi, M. T., & Malisngorar, M. S. (2021). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Pengetahuan Perawat Terhadap Penerapan Model Praktek Profesional Ruang Rawat Inap RSUD Dr. M. Haulussy. Jurnal Penelitian Kesehatan Maluku Husada, Volume 1 Nomor 1.
Prihandani, I. A., & Gandari, N. K. (2019). Hubungan Kompetensi, Motivasi dan Beban Kerja Perawat Pelaksana Dalam Penerapan Asuhan Keperawatan Dengan Kinerja Perawat Di Ruang Rawat Inap Badan Rumah Sakit Umum Tabanan. Jurnal Keperawatan BSI, Voll VII No 1.
Punef, A., Salesman, F., & Yudowaluyo, A. (2022). Pengaruh Kinerja Perawat Pelaksana Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Pasir Panjang Kota Kupang. CHM-K Applied Scientific Journal, Volume 5 No 1.
Rohim, A., & Pranatha, A. (2017). Pengaruh Sistem Pemberian Pelayanan Keperawatan Profesional Metode Tim Terhadap Kepuasan Pasien Dan Kepuasan Perawat Di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah 45 Kuningan. Jurnal. Ilmu-Ilmu Kesehatan Bhakti Husada Kuningan , Vol 6 No 2.
Silaban, L. S., & Sitorus, F. E. (2021). Hubungan Karakteristik Model Praktek Keperawtaan Profesional Dengan Kinerja Perawat. Best Journal (Biology Education Science & Technology), Vol 4 No 2.
Yusnilawati, Warwati, I., & Nurhusna. (2019). Hubungan Penerapan Metode Tim Dengan Kinerja Perawat Pelaksana di RSJD Provinsi Jambi dan RSUD Abdul Manaf Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, Volume 3 Nomor 1.
DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v2i3.6085
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Publisher: Universitas Malahayati Lampung
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
kostenlose besucherzähler