Analisis Korelasi Kecerdasan Emosional dengan Kepercayaan Diri Pada Mahasiswa

Nur Anisa* -  Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Wira Husada Yogyakarta, Indonesia
Andri Purwandari -  Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Wira Husada Yogyakarta, Indonesia

ABSTRACT

 

Emotional intelligence affects the self-confidence of each individual. Everyone has different self-confidence and emotional intelligence. An individual who feels confident will have high emotional intelligence. Knowing the relationship between emotional intelligence and self-confidence in students. This research is quantitative with a cross-sectional research design. The population in this study was 118 undergraduate nursing students in semesters VI and VIII. This sampling technique is stratified random sampling and statistical tests using the Pearson Test. Emotional intelligence is mostly in the high category (74.7%), with self-confidence in the good category (100%). The results of the Pearson test show that the significance value is p=0.000<0.05, and the correlation coefficient is 0.413. There is a relationship between emotional intelligence and self-confidence in students of the Nursing Study Program (S1).

 

Keywords: Emotional Intelligence, Self Confidence

 

ABSTRAK

 

Kecerdasan emosional mempengaruhi kepercayaan diri setiap individu. Setiap orang memiliki kepercayaan diri dan kecerdasan emosional yang berbeda-beda. Sebagai individu yang merasa penuh percaya diri akan memiliki kecerdasan emosonal yang tinggi.  Tujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan kepercayaan diri pada mahasiswa. Penelitan ini bersifat kuantitatif dengan rancangan peneltian cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi keperawatan S1 semester VI dan VIII yang berjumlah 118 orang. Teknik pengambilan sampel ini adalah stratified random sampling dan uji statistik menggunakan Uji Pearson. Kecerdasan Emosional sebagian besar dalam kategori tinggi (74,7,%), dengan Kepercayaan Diri dalam kategori baik (100 %). Hasil uji Pearson menujukkan bahwa nilai signifikansi p=0,000<0,05, correlation coefisient 0,413. Ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan kepercayaan diri pada mahasiswa prodi keperawatan (S1).

 

Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Kepercayaan Diri

  1. A. Asiyah, A. Walid, and R. G. T. Kusumah. (2019). “Pengaruh Rasa Percaya Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa pada Mata Pelajaran IPA,” Sch. J. Pendidik. dan Kebud., vol. 9, no. 3, pp. 217–226, 2019, doi: 10.24246/j.js.2019.v9.i3.p217-226.
  2. D. A. Sulistyowati, Y. B. Wismanto, and C. T. Utami. (2015). “Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dan Optimisme Dengan Problem Focused Coping Pada Mahasiswa S1 Keperawatan Stikes Telogorejo Semarang,” Prediksi, vol. 4, no. 1, p. 11, 2015, [Online]. Available: http://journal.unika.ac.id/index.php/pre/article/view/498.
  3. D. T. P. Rasadi. (2018). “Tingkat Kepercyaan Diri Mahasiswa Berprestasi Belajar Rendah,” Adv. Opt. Mater., vol. 10, no. 1, pp. 1–9, 2018, [Online]. Available: https://doi.org/10.1103/PhysRevB.101.089902%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.nantod.2015.04.009%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41467-018-05514-9%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41467-019-13856-
  4. H. Bidjuni. (2016). “Hubungan kepercayaan diri dengan penyesuaian diri pada mahasiswa baru di program studi ilmu keperawatan fakultas kedokteran universitas sam ratulangi manado,” J. Keperawatan, vol. 4, no. 2, pp. 1–7, 2016
  5. I. F. Sholichah, A. N. Paulana, and F. Putri. (2018). “Self-esteem dan resiliensi akademik mahasiswa,” Proceeding Natl. Conf. Psikol. UMG, no. 2002, pp. 191–197, 2018, [Online]. Available: http://journal.umg.ac.id/index.php/proceeding/article/view/920.
  6. I Herawati and A. Hidayat. (2020). “Quarterlife Crisis Pada Masa Dewasa Awal di Pekanbaru,” J. An-Nafs Kaji. Penelit. Psikol., vol. 5, no. 2, pp. 145–156, 2020, doi: 10.33367/psi.v5i2.1036.
  7. Kusumawardani. (2011). “Hubungan Kecerdasan Emosional dan Penyesuaian pernikahan pada pria,” UNIVERSITAS SEBELAS MARET, 2011
  8. P. Indriawati. (2018). “Pengaruh Kepercayaan Diri Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajarmahasiswafkip Universitas Balikpapan,” J. Dimens., vol. 7, no. 1, pp. 1–9, 2018, doi: 10.33373/dms.v7i1.1633
  9. P. Indriawati. (2018). “Pengaruh Kepercayaan Diri Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajarmahasiswafkip Universitas Balikpapan,” J. Dimens., vol. 7, no. 1, pp. 1–9, 2018, doi: 10.33373/dms.v7i1.1633.
  10. P. Rindiasari, W. Hidayat, and W. Yuliani. (2021). “Uji Validitas Dan Reliabilitas Angket Kepercayaan Diri,” FOKUS (Kaian Bimbing. Konseling dalam Pendidikan), vol. 4, no. 5, pp. 367–372, 2021.
  11. S. Talwar, U. Amity, and U. Amity, “Percaya Diri Sebuah Perilaku Emosional Intelijen,” J. Proteus, no. November, 2020.
  12. Y. F. Nadhiroh. (2015). “Pengendalian Emosi,” J. Saintifika Islam., vol. 2, no. 1, pp. 53–63, 2015.