Gambaran Proses Adaptasi Mahasiswa Baru STIKES di Surabaya

Ni Nyoman Wahyu Lestarina, Dwi Purwantini

Sari


ABSTRACT

 

New students are faced with different situations when entering lectures at tertiary institutions. This makes the adaptation process for new students more difficult. At the time of entering college, new students are faced with being able to improve their ability to adapt and be able to adapt to the environment in college. Good adaptation helps students to cope with educational and academic demands.This study’s aim is to see an overview of adaptation in tertiary institutions, especially for new students. The research design used is descriptive. The population of this study was new STIKES students in Surabaya with a total sample of 68 people who were taken by purposive sampling technique. The measuring tool used is the Student Adaptation College Questionnaire (SACQ). The research was conducted in February 2022. The research results obtained from the four aspects of student adaptation found that 54.4% had low academic adjustment aspects, 63.2% had low social adjustment aspects, 63.2% had high personal-emotional adjustment aspects, and 54.4% had low institutional attachment aspects. New STIKES students in Surabaya have low scores on the aspects of academic adjustment, social adjustment, and institutional adjustment. There needs to be intensive guidance for new students through a mentoring program by both supervisors and student organizations.

 

Keywords: Adaptation, New Student

 

 

ABSTRAK

 

Mahasiswa baru dihadapkan pada situasi yang berbeda saat memasuki perkuliahan di perguruan tinggi. Hal ini membuat membuat proses adaptasi mahasiswa baru menjadi lebih sulit. Pada saat memasuki perguruan tinggi, mahasiswa baru dihadapkan untuk dapat meningkatkan kemampuan dalam penyesuaian diri dan mampu beradaptasi dengan lingkungan di perguruan tinggi. Adaptasi yang baik membantu mahasiswa untuk mengatasi tuntutan pendidikan dan akademik. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat gambaran adaptasi di perguruan tinggi terutama bagi mahasiswa baru. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa baru STIKES di Surabaya dengan jumlah sampel 68 orang yang diambil dengan teknik sampling purposive sampling. Alat ukur yang digunakan adalah Student Adaptation College Questionnaire (SACQ). Penelitian dilakukan pada bulan Februari 2022. Hasil penelitian didapatkan dari keempat aspek pada adaptasi mahasiswa didapatkan bahwa 54,4% mahasiswa memiliki aspek academic adjustment yang rendah, 63,2% mahasiswa memiliki aspek social adjustment yang rendah, 63,2% mahasiswa memiliki aspek personal- emotional adjustment tinggi dan 54,4% mahasiswa memiliki aspek institutional attachment yang rendah. Mahasiswa baru STIKES di Surabaya memiliki nilai rendah pada aspek academic adjustment, social adjustment dan institutional adjustment. Perlu adanya bimbingan intensif pada mahasiswa baru melalui program bimbingan baik oleh dosen pembimbing maupun organisasi mahasiswa.

 

Kata Kunci: Adaptasi, Mahasiswa Baru


Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Alligood, M. R. (2014). Nursing Theorist And Their Work (8th Ed.). Elsevier Mosby.

Anugraheni, A. R. (2021). Pengaruh Penyesuaian Akademik Dan Motivasi Akademik Terhadap Technostress Pada Mahasiswa. Borobudur Psychology Review, 1(2), 46–58. Https://Doi.Org/10.31603/Bpsr.5808

Arjanggi, R., & Kusumaningsih, L. P. S. (2016). College Adjustment Of First Year Students: The Role Of Social Anxiety. Journal Of Educational, Health And Community Psychology, 5(1), 30. Https://Doi.Org/10.12928/Jehcp.V5i1.4273

Arsanti, R., Lubis, F. Y., & Cahyadi, S. (2022). Peran Academic Self-Efficacy Terhadap Academic Adjustment Pada Mahasiswa Tahun Pertama Program Mbkm. Journal Of Psychological Science And Profession, 6(3), 232. Https://Doi.Org/10.24198/Jpsp.V6i3.38432

Bashkireva, A., Bashkireva, T., Morozov, A., Osipenko, I., & Abol’yanina, N. (2020). Adaptation Of Students To Distance Learning During Covid-19 In Terms Of Cardiovascular Indicators. Journal Of Physics: Conference Series, 1691(1). Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1691/1/012230

Boharudin, & Liana, D. (2017). Penyesuaian Diri Mahasiswa Dalam Belajar Dan Prestasi Belajar Mahasiswa Stai Auliaurrasyadin T.A 2016/2017. Jurnal Pendidikan & Konseling, 02(01), 1–17.

Donado, M. L. G., Mercado-Peñaloza, M., & Dominguez-Lara, S. (2021). College Adaptation Among Colombian Freshmen Students: Internal Structure Of The Student Adaptation To College Questionnaire (Sacq). Journal Of New Approaches In Educational Research, 10(2), 251–263. Https://Doi.Org/10.7821/Naer.2021.7.657

Hartono, D. (2016). Psikologis. Pusdik Sdm Kesehatan.

Herdiansyah, R., Rahmi, F., & Sari, L. (2021). Gambaran College Adjustment Pada Mahasiswa Angkatan 2020. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(3), 164–170. Https://Doi.Org/10.47709/Educendikia.V1i3.1229

Iflah, I., & Listyasari, W. D. (2013). Gambaran Penyesuaian Diri Mahasiswa Baru. Jppp - Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi, 2(1), 33–36. Https://Doi.Org/10.21009/Jppp.021.05

Iglesias-Benavides, J. L., Blum-Valenzuela, E., López-Tovar, A. V., Espinosa-Galindo, A. M., & Rivas-Estilla, A. M. (2016). The College Adjustment Scales (Cas) Test And Recent Students’ School Performance Upon Entry Into A Medical School. Medicina Universitaria, 18(73), 201–204. Https://Doi.Org/10.1016/J.Rmu.2016.10.005

Nursalam. (2013). Konsep Penerapan Metode Penelitian Ilmu Keperawatan. Salemba Medika.

Nyimas, H. A. S., & Rulanggi, R. (2022). Analisis Student Adaptation To College Qestionnaire (Sacq) Sebagai Instrumen Pengukuran Penyesuaian Di Perguruan Tinggi Pada Mahasiswa Baru. Buletin Poltanesa, 23(1), 112–117. Https://Doi.Org/10.51967/Tanesa.V23i1.1247

Prabowo, B. A. (2019). Pengaruh Mindfulness Terhadap College Adjustment Pada Mahasiswa Tahun Pertama.

Rahayu, M. N. M., & Arianti, R. (2020). Penyesuaian Mahasiswa Tahun Pertama Di Perguruan Tinggi: Studi Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Uksw. Journal Of Psychological Science And Profession, 4(2), 73. Https://Doi.Org/10.24198/Jpsp.V4i2.26681

Rahmadani, A., & Rahmawati, Y. M. (2020). College Adjustment Terhadap Mahasiswa Tingkat Pertama. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 8(3), 158–166. Https://Www.Researchgate.Net/Publication/347955573_Adaptasi_Akademik_Sosial_Personal_Dan_Institusional_Studi_College_Adjustment_Terhadap_Mahasiswa_Tingkat_Pertama

Salami, S. O. (2011). Psychosocial Predictors Of Adjustment Among First Year College Of Education Students. Us-China Education Review, 8(2), 239–248.

Saniskoro, B. S. R., & Akmal, S. Z. (2020). Peranan Penyesuaian Diri Di Perguruan Tinggi Terhadap Stres Akademik Pada Mahasiswa Perantau Di Jakarta. Jurnal Psikologi Ulayat, 4(1), 96–106. Https://Doi.Org/10.24854/Jpu67

Syah, M. C. (2014). Pengaruh Motivasi Akademik, Gaya Belajar Dan Penyesuaian Diri Di Perguruan Tinggi Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Tahun Pertama. Uin Syarif Hidayatullah Jakarta.

Vionita, S., & Hastuti, R. (2021). Gambaran College Adjustment Mahasiswa Baru Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 5(1), 73. Https://Doi.Org/10.24912/Jmishumsen.V5i1.9971.2021

Zhang, D., Cui, Y., Zhou, Y., Cai, M., & Liu, H. (2018). The Role Of School Adaptation And Self-Concept In Influencing Chinese High School Students’ Growth In Math Achievement. Frontiers In Psychology, 9(Nov), 1–11. Https://Doi.Org/10.3389/Fpsyg.2018.02356




DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v3i3.9971

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Publisher: Universitas Malahayati Lampung


Creative Commons License
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


kostenlose besucherzähler