Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Intensitas Pemakaian Gadget pada Anak Prasekolah di TK X Kota Bekasi
Sari
ABSTRAK
Memasuki abad ke 21, dunia mengalami perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat, yang dikenal sebagai pertumbuhan digital atau era digital. Pada era digital sangat memerlukan smartphone atau gadget yang terupdate untuk dapat mengikuti kemajuan teknologi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan pola asuh orang tua dengan intensitas pemakaian gadget pada anak prasekolah di TK X Kota Bekasi. Sample penelitian ini sebanyak 62 responden dengan menggunakan total sampling, Desain penelitian ini menggunakan cross sectional dimana variabel independen (pola asuh orang tua) dan variabel dependen (intensitas pemakaian gadget) dikumpulkan pada saat yang bersamaan, dan diobservasi satu kali saja. Hasil penelitian ini bahwa tidak ada hubungan antara pola asuh dengan intensitas pemakaian gadget pada anak prasekolah di TK X Kota Bekasi dengan p value 0,791 dan odd ratio 1,326, hal ini terjadi dikarenakan masih banyak faktor lain yang mempengaruhi anak menggunakan gadget selain pola asuh. Kesimpulan penelitian hubungan pola asuh orang tua dengan intensitas pemakaian gadget orang tua didapatkan hasil bahwa tidak ada hubungan yang bermakna antara pola asuh orang tua dengan intensitas pemakaian gadget anak prasekolah di TK X Kota Bekasi.
Kata Kunci: Pola Asuh, Intensitas Pemakaian Gadget, Anak Prasekolah
ABSTRACT
Entering the 21st century, the world is experiencing a very rapid development of information technology, which is known as digital growth or the digital era. In the digital era, you really need an updated smartphone or gadget to be able to keep up with technological advances. The purpose of this study was to analyze the relationship between parenting style and the intensity of gadget use in preschoolers at Kindergarten X, Bekasi City. The sample of this study was 62 respondents using total sampling. The design of this study used cross-sectional where the independent variable (parenting style) and the dependent variable (intensity of gadget use) were collected at the same time, and were observed only once. The results of this study showed that there was no relationship between parenting style and the intensity of using gadgets in preschool children in Kindergarten X Kota Bekasi with a p value of 0.791 and an odds ratio of 1.326, this happened because there were many other factors that influenced children to use gadgets other than parenting style. The conclusion of the research on the relationship between parenting style and the intensity of parents' gadget use showed that there was no significant relationship between parenting style and the intensity of using gadgets for preschoolers in Kindergarten X Kota Bekasi.
Keywords: Parenting Style, Intensity of Gadget Use, PreschoolersKeywords: Parenting, Intensity of Gadget Use, Preschoolers
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Alexander L., K., & Hamzah, H. (2018). Exploratory analysis of pilot data: Trends of gadget use and psychosocial adjustment in pre-schoolers. Southeast Asia Early Childhood Journal, 7(Mcmc), 14–23. https://doi.org/10.37134/saecj.vol7.2.2018
Anggraini, E. (2019). Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak. Serayu Publishing.
Kassim, R., & Samah, S. A. A. (2021). Pre-Schoolers ’ Parental Concern on Educational Effect of Information and Communication Technology on Children ’ s Learning Rafiah Kassim Siti Akmar Abu Samah. Mediterranean Journal Of Sosial Sciences, 2117, 27–37.
KBBI. (2018). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kamus versi online. https://kbbi.web.id/gadget
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Analisis Survei Cepat. http://repositori.kemdikbud.go.id/22366/1/1__Hasil_Survey_Cepat_BDR-Kepala_Sekolah_dan_Guru_%281%29.pdf
Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15–28. ejournal.iaiig.ac.id › index.php › warna › article › download
Oliver, J. (2013). Pengaruh Perbedaan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Puspita. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Pusparisa, Y. (2020). Penggunaan Smartphone diperkirakan Mencapai 89% populasi pada 2025. Katadata. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/09/15/pengguna-smartphone-diperkirakan-mencapai-89-populasi-pada-2025
Setianingsih, S. (2018). The Relationship Between Use of Gadget and Risk of Attention hyperactivity disorders of preschool children in TK ABA III Gunungan, Bareng, Lor. Gaster, 16(2), 191.
Statista. (2021). Smartphone Users by Country Worldwide 2021. https://www.statista.com/statistics/748053/worldwide-top-countries-smartphone-users/#statisticContainer
DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v3i3.9977
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Publisher: Universitas Malahayati Lampung
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
kostenlose besucherzähler