Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Dukungan Suami Dalam Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil

Ni Nyoman Marina* -  DIV kebidanan Universitas Malahayati, Indonesia
Nita Evriana Sari -  Prodi Profesi BIdan Universitas Malahayati, Indonesia
Wayan Aryawati -  Prodi Kesehatan Masyarakat, Indonesia
Ana Mariza -  Prodi DIV Kebidanan Universitas Malahayati, Indonesia

Background Pregnant women class is a face-to-face group learning activity  which aims to increase knowledge and skills regarding pregnancy, childbirth, pregnancy care, newborn care, myths and diseases. Data from Way Dente Health Center shows that there are only 32.1% pregnant women attending the class .

 The purpose of this study was to identify the factors concerning the husband's support to the attendance of pregnant women class  in Way Dente Health Center Work Area, Tulang Bawang Regency, Lampung.

Methods This research was quantitative with Cross Sectional approach. The population of this study were all husbands of pregnant women with gestational age ≥ 28 weeks as many as 111 people, with the samples were 87 respondents. The object of this research was husband's support in the attendance of pregnant women's classes, knowledge, education, husband's attitude and occupation. The study was carried out at Way Dente Health Center Work Area, Tulang Bawang Regency, Lampung in June - July 2021. Data collection used a questionnaire sheet distributed to respondents. Data analysis was univariate and bivariate (chi square).

Result showed that the characteristic of 87 respondents were 50 (57.5%) people categorized with high husband support, 54 (62.1%) people earned junior high school education, 34 (39.1%) people having good knowledge, 45 (51.7%) people having casual work,  45 (51.7%) people showing a positive husband's attitude. There were relationships among education background (p value = 0.013 OR 3.625), husband's knowledge (p value = 0.012), husband's attitude (p value = 0.004, OR = 4.044), and husband's occupation (p value = 0.020 OR 3.125) towards husband's support in attending pregnant women class at Way Dente Health Center working area Tulang Bawang Regency, Lampung.

Conclusion There were relationships among education,husband's knowledge, husband's and husband's occupation towards husband's support in attending pregnant women class at Way Dente Health Center working area Tulang Bawang Regency, Lampung.

Suggestion to educate husbands about the importance of pregnant women's classes so that the husbands have a positive attitude towards pregnant women's classes.

 

Keywords : Class of pregnant women, husband support, knowledge, husband's attitude, education, and occupation

 

ABSTRAK

 

Latar Belakang Kelas ibu hamil merupakan suatu kegiatan belajar kelompok dalam bentuk tatap muka yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mengenai kehamilan, persalinan, perawatan kehamilan, perawatan bayi baru lahir, mitos dan penyakit. Pada Puskesmas Way Dente yang memanfaatkan kelas ibu hamil sebesar 32,1%. Tujuan penelitian diketahui faktor-faktor yang berhubungan dengan dukungan suami dalam pelaksanaan kelas ibu hamil di Wilayah Kerja  Puskesmas Way Dente Kabupaten Tulang Bawang Lampung.

Metode Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh suami ibu hamil usia kehamilan ≥ 28 minggu sebanyak 111 orang dengan sampel yang digunakan sebanyak 87 responden. Objek penelitian ini adalah dukungan suami dalam pelaksanaan kelas ibu hamil, pengetahuan, pendidikan, sikap suami dan pekerjaan. Penelitian telah dilaksanakan di Wilayah Kerja Puskesmas Way Dente Kabupaten Tulang Bawang Lampung pada bulan Juni - Juli 2021. Pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner yang di berikan kepada responden. Analisi data secara univariat dan bivariat (chi square).

Hasil penelitian diketahui bahwa dari 87 responden, pada sebagian responden dengan dukungan suami tinggi sebanyak 50 (57,5%) dengan pendidikan smp sebanyak 54 (62,1%) dengan pengetahuan baik sebanyak 34 (39,1%) responden dengan pekerjaan serabutan sebanyak 45 (51,7%) dengan sikap suami positif sebanyak 45 (51,7%) responden. Ada hubungan pendidikan (p value= 0,013 OR 3,625), pengetahuan suami (p value = 0,012), sikap suami (p value = 0,004, OR = 4,044), dan pekerjaan suami (p value =0,020 OR 3,125) dengan dukungan suami dalam pelaksanaan kelas ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Way Dente  Kabupaten Tulang Bawang Lampung.

Kesimpulan  Ada hubungan pendidikan pengetahuan suami (p value = 0,012), sikap suami (p value = 0,004, OR = 4,044), dan pekerjaan suami (p value =0,020 OR 3,125) dengan dukungan suami dalam pelaksanaan kelas ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Way Dente  Kabupaten Tulang Bawang Lampung.

 Saran diharapkan tenaga kesehatan untuk mengedukasi suami mengenai pentingnya kelas ibu hamil sehingga suami memiliki sikap positif terhadap kelas ibu hamil. 

 

Kata Kunci :    kelas ibu hamil, dukungan suami, pengetahuan, sikap suami, pendidikan, dan pekerjaan

 

 

  1. Azwar, S. (2016). Sikap manusia: teori dan pengukurannya. Jakarta: Pustaka Pelajar
  2. Budiman dan Agus Riyanto. (2013). Kapita Selekta Kuesioner Pengetahuan. Jakarta:Salemba Medika.
  3. Desmariyenti, D., & Hartati, S. (2019). Faktor Yang Berhubungan Dengan Keikutsertaan Ibu Hamil Dalam Kelas Ibu Hamil. Photon: Jurnal Sain dan Kesehatan, 9(2), 114-122.
  4. Dinarohmayanti, D., Keintjem, F., & Losu, F. N. (2014). Faktor–Faktor Yang Berhubungan Dengan Motivasi Ibu Hamil Melakukan Kunjungan Antenatal Care Di Puskesmas Kauditan Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara. JIDAN (Jurnal Ilmiah Bidan), 2(2), 34-40.
  5. Dinas Kesehatan Provinsi Lampung. (2020). Profil Kesehatan Lampung 2019. Lampung
  6. Friedman, L. M. (2014). Buku Ajar Keperawatan Keluarga Riset, Teori & Praktik. Jakarta: EGC.
  7. Hastono, S. P.(2016). Analisis Data pada Bidang Kesehatan. Depok: Rajawali Pers.
  8. Indonesia, P. R. (2016). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2016 Tentang Fasilitas Pelayanan Kesehatan. 2016. Jakarta: Sekretariat Negara.
  9. Kemenkes (2011). Pedoman Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil
  10. Kemenkes RI. (2019). Profil Kesehatan Indonesia 2019. Jakarta; Kemenkes RI
  11. Kemenkes, RI. (2016). Peraturan Menteri Kesehatan RI No 36 tahun 2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga. Jakarta: Kemenkes RI.
  12. Kurniawaty, K. (2018). FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KUNJUNGAN ANTENATAL CARE (ANC) DI BIDAN PRAKTIK MANDIRI HJ. MAIMUNAH KERTAPATI PALEMBANG. Gaster, 16(1), 36-48.
  13. Kusmiati, E., & Agustina, S. (2017). Analisis Partisipasi Ibu Mengikuti Kelas Ibu Hamil di Desa Medangasem Kabupaten Karawang Tahun 2016. Jurnal Bidang Ilmu Kesehatan, 7(1), 8.
  14. Masini, M. (2015). Pengaruh Gravida, Pekerjaan, Dukungan Suami, Dukungan Bidan/Tenaga Kesehatan Terhadap Partisipasi Ibu Dalam Kelas Ibu Hamil Di Kabupaten Magelang. Jurnal Kebidanan, 4(8), 37-44.
  15. Mubarak, I. M. (2012). Ilmu kesehatan masyarakat konsep dan aplikasi dalam kebidanan. Jakarta: Salemba Medika.
  16. Notoatmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta
  17. Notoatmodjo, S. (2014). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta
  18. Nur, Y. M., Septanelly, S., & Lestari, L. (2019). FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KUNJUNGAN ANTENATAL CARA. Jurnal Kesehatan, 10(2), 76-83
  19. Padila. 2012. Buku Ajar Keperawatan Keluarga Dilengkapi Aplikasi Kasus Askep Keluarga Terapi Herbal dan Terapi Modalitas. Yogyakarta: Nuha Medika
  20. Permenkes, R. I. No. 97 Tahun 2014 tentang pelayanan kesehatan masa sebelum hamil, masa hamil, persalinan, dan masa sesudah melahirkan, penyelenggaraan pelayanan kontrasepsi serta pelayanan kesehatan seksual. Permenkes Nomor 1464. MENKES/PER/X/2010 tentang izin dan penyelenggaraan praktik Bidan.
  21. Riduwan, M. B. A. (2015). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Alf. Bandung.
  22. Saam. (2013). Psikologi Keperawatan. Jakarta: Rajagrafindo Persada
  23. Sugiyono. (2018). Statistik untuk Penelitian. Bandung : CV. Alfabeta
  24. Sukarni, Icesmi dan Margareth. (2013) kehamilan, persalinan dan nifas dilengkapi dengan patologi. Nuha Medika: Yogyakarta
  25. Wiknjosastro, H. (2016). Ilmu Kebidanan. Jakarta: PT Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo
  26. Yusmaharani, Y. (2019). Hubungan Dukungan Suami dengan Pemanfaatan Kelas Ibu Hamil. Jurnal Kesmas Asclepius, 1(2), 86-95

MJ : Midwifery Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.cense.