PENGARUH BUSY BOOK TERHADAP MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PAUD TUNAS PERMATA KECAMATAN WAY HALIM BANDAR LAMPUNG TAHUN 2021

Nora Isa Tri Novadela* -  Kebidanan Tanjung Karang, Politeknik Kesehatan Tanjungkarang Bandar Lampung, Indonesia, Indonesia
Nisyasita Valinda -  Kebidanan Tanjung Karang, Politeknik Kesehatan Tanjungkarang Bandar Lampung, Indonesia, Indonesia

Fine motor skills are the ability and flexibility to use fingers and tools to explore and express oneself in various forms. Currently the awareness of parents and the lack of active behavior of mothers in providing stimulation to children and ignorance in stimulating child development causes mothers not to understand how to stimulate their children according to the developmental age of the problem of fine motor skills in children. The purpose of this study was to determine the effect of busy books on fine motor skills in children aged 3 - 4 years at PAUD Tunas Permata, Wayhalim District, Bandar Lampung in 2021. This study used a Pre Experimental Design One Group Pretest Posttest research design. The population in this study were 30  children aged 3-4 years in PAUD Tunas Permata Bandar Lampung with purposive sampling technique obtained with a sample of 18 people. The data taken in the form of primary data and using the Wilcoxon test with the help of SPSS. The instrument used is an observation sheet. The results showed that the average fine motor skills of children aged 3-4 years before being given a busy book was 39.94% and after being given a busy book it was 88.72%. The results of the Wilcoxon test (p-value < 0.01) have a significant effect on the fine motor skills of children aged 3-4 years at PAUD Tunas Permata in 2021. Based on the results of this study, it is hoped that busy books can be used as an alternative in providing stimulation. for children to stimulate fine motor skills in children according to developmental age to prevent fine motor decline in early childhood


 

Motorik halus merupakan kemampuan dan kelenturan menggunakan jari dan alat untuk mengeksplorasi dan mengekspresikan diri dalam berbagai bentuk. Saat ini kesadaran orang tua serta kurang aktifnya perilaku ibu dalam memberikan stimulasi kepada anak dan ketidaktahuan dalam stimulasi perkembangan anak menyebabkan ibu belum memahami cara menstimulasi anaknya sesuai dengan usia perkembangan terhadap permasalahan kemampuan motorik halus pada anak masih kurang. Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya pengaruh busy book terhadap motorik halus pada anak usia 3 - 4 tahun di PAUD Tunas Permata Kecamatan Wayhalim Bandar Lampung Tahun 2021. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Pre Eksperimental Design One Group Pretest Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 30 anak usia 3-4 tahun yang ada di PAUD Tunas Permata Bandar Lampung dengan teknik purposive sampling yang diperoleh dengan sampel 18 orang. Data yang diambil berupa data primer dan menggunakan uji wilcoxon dengan bantuan SPSS. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata motorik halus anak usia 3-4 tahun sebelum diberikan busy book adalah 39,94% dan setelah diberikan busy book menjadi 88,72%. Hasil uji wilcoxon ( p-value < 0,01) ada pengaruh yang signifikan pemberiaan busy book terhadap motorik halus anak usia 3-4 tahun di PAUD Tunas Permata tahun 2021. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan busy book dapat dijadikan salah satu alternatif dalam memberikan stimulasi kepada anak untuk merangsang motorik halus pada anak sesuai usia perkembangan untuk mencegah penurunan motorik halus pada anak usia dini.


  1. Arikunto, Suharsimi.2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta
  2. Hasnita, David, Enda.2019. Pengaruh Media Busy Book Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Alfalah Naumbai Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Riau
  3. Hurlock, B elizabeth. 2013. Perkembangan Anak Jilid I Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga
  4. Kementerian Kesehatan Ri.2016. Pedoman Pelaksanaan SDIDTK.
  5. Khairi, Husnuzziadatul.2018. Karateristik Perkembangan Anak Usia 0-6 tahun
  6. Mashar, Riana.20.Emosi Anak Usia Dini Dan Strategi Pengembangannya. Jakarta
  7. Mufliharsi, Risa.2017. Pemanfaat Busy Book Pada Kosakata Anak Usia Dini di Paud Swadaya Pkk.Jakarta
  8. Notoatmodjo,Soedkidjo.2018. Metode Penelitian Kesehatan.Jakarta
  9. Nugrahani, Risma; Citradewi Rosalina.2019.Pelatihan Pembuatan Media Busy Book Sebagai Media Pembelajaran dan Peluang Usaha.Palang
  10. Nurjani, Yan Yan.2020. Pengenalan Bentuk Geometri Melalui Metode Permain Sondakh Anak Usia Dini.Garut
  11. Nurlaili. 2019.Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini.Medan
  12. Pangesti, Nova Putri dkk.2019.Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4- 5 tahun Melalui Busy Book.Surakarta
  13. Puspits,Linda dan Umar,Mareza Yolanda.2020.Perkembangan Motorik Kasar dan Motorik Halus Dintinjau dari Pengetahuan Ibu Tentang Pertumbuhan dan
  14. Perkembangan Anak Usia 4-5 Tahun.Universitas Aisyah Pringsewu.Lampung
  15. Ramadhan, Ganang Alief.2019.Media Busy Book Untuk Pengenalan Warna Pada Anak.Surabaya
  16. Soetjiningsih, Ranuh Gde IG N, Suyono Joko. 2014. Tumbuh Kembang Anak edisi 2. Jakarta: Buku Kedokteran EGC
  17. Sopi, Dwi, Evi.2017.Pengaruh Busy Book Terhadap Perkembangan Motorik Halus di Paud Anyelis .Samarinda
  18. Ulfah, Azra Aulia.2017.Pembuatan Dan Pemanfaatan Busy Book Dalam Mempercepat Kemampuan Membaca Untuk Anak Usia Dini Di Paud Budi Luhur Padang.Padang
  19. Braifit. 2016. Survei Gangguan Pada Koodinasi Perkembangan Tersedia : https://www.brainfit.co.id/learning- difficulties/.Diakses tahun 2016.
  20. Dinas kesehatan provinsi lampung.2015.Tersedia : https://dinkes.lampungprov.go.id/down load/profil-kesehatan-lampung- 2015/.Diakses Agustus 2015

MJ : Midwifery Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.cense.