POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KECERDASAN INTELEKTUAL PADA ANAK USIA PRASEKOLAH

Susani Hayati* -  STIKes Payung Negeri Pekanbaru, Indonesia
Dona Martilova -  Prodi Sarjana Kebidanan dan Profesi Bidan STIKes Payung Negeri Pekanbaru, Indonesia

Background : Intellectual Intelligence (IQ) is the ability to work in the abstract, both using ideas, symbols, logical relationships, and the ability of theoretical concepts. One of the fundamental factors that affect IQ is the environment which includes honing, caring, and nurturing. Mental stimulation (sharpening) stimulates psychosocial mental development, including intelligence. Children who get a lot of directed stimulation will develop faster than children who get less or even no stimulation. (Roseli, 2011; Soetjaningsih, 2014). There is a relationship between early childhood education stimulation and intelligence quotient in preschoolers (Fazrin, 2017)

Purpose: To find out there is a relationship between parenting patterns and intellectual intelligence in preschool-aged children.

Methods: A correlational study with a cross sectional approach using a total sampling technique with a sample of 48 respondents who have taken the IQ test. Data collection was done by using a questionnaire. Analysis of univariate and bivariate data with chi square test.

Results: Most of the parents who applied democratic parenting showed intellectual intelligence above the average as many as 27 people (56.5%). Meanwhile, permissive and authoritarian parenting tend to show an average intellectual intelligence of 7 respondents (14.6%) and 5 respondents (10.4%). The results of the Chi Square test show that there is a relationship between parenting patterns and intellectual intelligence because p value = 0.029 < (0.05).

Conclusion is that there is a relationship between parenting and intellectual intelligence in preschool-aged children at Aisyiah 7 Kindergarten, Pekanbaru.

Suggestion It is hoped that the results of this study can be developed for further research, by adding other variables that may have an influence on parenting patterns and the level of intellectual intelligence.

 

 

Keywords: Parenting, Intellectual Intelligence

 

 

ABSTRAK

Latar belakang Kecerdasan Intelektual (IQ) adalah kemampuan untuk bekerja secara abstrak, baik menggunakan ide-ide, symbol, hubungan logis, dan kemampuan konsep-konsep teoritis. Salah satu faktor mendasar yang mempengaruhi IQ adalah lingkungan yang termasuk didalamnya asah, asih, dan asuh. Stimulasi mental (asah) merangsang perkembangan mental psikososial diantaranya adalah kecerdasan. Anak yang banyak mendapat stimulasi yang terarah akan lebih cepat berkembang   dibandingkan anak yang kurang atau bahkan tidak mendapat stimulasi. (Roseli, 2011; Soetjaningsih, 2014). Terdapat hubungan stimulasi pendidikan anak usia dini dengan integelensi quotient pada anak usia prasekolah (Fazrin, 2017)

Tujuan : Mengetahui ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan kecerdasan intelektual pada anak usia prasekolah.

Metode: Penelitian correlational dengan pendekatan cross sectional menggunakan teknik total sampling dengan sampel 48 responden yang telah mengikuti tes IQ. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Analisa data univariat dan bivariat dengan uji chi square.

Hasil penelitian: Sebagian besar orang tua yang menerapkan pola asuh demokratis menunjukkan kecerdasan intelektual diatas rata-rata yaitu sebanyak 27 orang (56,5%). Sedangkan pola asuh permisif dan otoriter cenderung menunjukkan kecerdasan intelektual rata-rata yaitu sebanyak 7  responden (14,6%), dan 5 responden (10,4%). Hasiln uji Chi Square menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dengan kecerdasan intelektual karena p value =0,029 < (0,05).

Kesimpulan terdapat hubungan pola asuh orang tua dengan kecerdasan intelektual pada anak usia prasekolah di TK Aisyiah 7 Pekanbaru.

Saran Diharapkan hasil penelitian ini dapat dikembangkan untuk penelitian selanjutnya, denganmenambahkan variabel lain yang dimungkinkan memiliki pengaruh terhadap pola asuh orang tua dan tingkat kecerdasan intelektual.

 

 

Kata kunci : Pola Asuh Orang Tua, Kecerdasan

  1. Abdoerrachman dkk., (2012). Ilmu Kesehatan Anak. Jakarta : Bagian Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.
  2. Alder, Harry, Boost Your Intelligence, (Jakarta: Erlangga, 2001).
  3. Arief Budiman, (2013) Tes IQ Remana/Panduan Bagi Remaja Dan Orang Tua, Bandung: CV Pustaka Grafika
  4. Boeree, G.C. (2003). Intelligence and IQ. Shippensburg University in website http://webspace.ship.edu/cgboer/int elligence.html (5 Maret 2010).
  5. Fajrin Intan, (2017) Intelegensi Quotient Pada Anak Usia Prasekolah Di Tinjau Dari Stimulasi Pendidikan Anak Usia Dini. SRADA Jurnal Ilmiah Kesehatan.
  6. Fatmawati. (2015). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kecerdasan Emosional Pada Anak Usia Remaja Dikelurahan Soasio Kota Tidore Kepulauan. E jurnal Keperawatan ( e-Kp) Vol 3 No 2 Mei 2015
  7. Hariwujaya, M., Sustiwi, A.(2013). Multiple Intelligences, Mitra Buku, Jakarta
  8. Hurlock, B. E. (1998). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
  9. Joni (2015). Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhadap Perkembangan Bahasa Anak Prasekolah (3-5 tahun) di PAUD AlHasanah Tahun 2014. Journal Obsesi (Journal of Early Chilhood Education, 1(1), 42 – 48. Retrieved from http://journal.stkiptam.ac.id/index.php/obs esi/article/view/76/40
  10. Kreativitas dan Intelegensi, http://wangmuba.com. Diakses tanggal 11 Maret 2011 Intelektual, http://smansagaranten.sch.id. Diakses tanggal 13 Februari 2011.
  11. Notoatmodjo. (2012).
  12. Khumaerah, (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Kecerdasan Intelektual Anak.
  13. Journal Of Islamic Nursing Vol 2 No 1, Juli 2017
  14. Makagingge, (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Sosial Anak.
  15. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 3 No 2. 2019
  16. Mulyani. (2014). Pola Asuh Orang Tua Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosi Pada
  17. Anak Usia Dini Di Desa Tanimulya Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat
  18. Vol 3, No 2
  19. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta Oommen, Arum.. Factors Influencing Intelligence Quotient. Journal of Neurology & Stroke, Vol 1 No. 4, Agustus 2014: 1 -5.
  20. Rimm, Sylvia. (2003). Menerapkan Disiplin pada Anak Pra sekolah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
  21. Sari, et.al (2015). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Motorik
  22. Halus Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Aisyiyah Banjarmasin. Jurnal Dinamika Kesehatan
  23. Vol 6. No.1 2015
  24. Sari. R.O. (2015). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Motorik
  25. Halus Anak Usia 4-6 Tahun Di TK Dharma Wanita Suruhan Lor Kecamatan Bandung Kabupaten Tululungagung. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan Vol 7 No 3 2015
  26. Sisrazeni. (2018). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kecerdasan Emosional
  27. Dan Sikap Keberagaman Mahasiswa Batusangkar. Jurnal Psikoislamedia Vol 3 No 2.
  28. Suharsono, Melejitkan IQ, IE, dan IS, (Depok: Inisiasi Press, 2005). Santrock, J., W. (2010). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
  29. Sujiono, Y., N. (2012). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks. Thorndike
  30. Saifudin, Azwar, (2010). Psikologi Inteligensi. Yogjakarta: Pustaka Pelajar Offset.
  31. Sia, Tjundjing. (2001). Hubungan Antara IQ, EQ, dan QA dengan Prestasi Studi Pada Siswa SMU. Jurnal Animal Vol.17 no 1
  32. Tanuwidjaya, Suganda (2010): Kebutuhan Dasar Tumbuh Kembang Anak, dalam Buku Ajar Tumbuh Kembang Anak,I DAI ; Ed Pertama, Eds Moersintowarti B Narendra, et al.
  33. Trihandini, M. F. (2005). Analisi Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Karyawan, Tesis, Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, Semarang.
  34. Tanuwidjaya, Suganda (2002): Kebutuhan Dasar Tumbuh Kembang Anak, dalam Buku Ajar Tumbuh Kembang Anak,I DAI ; Ed Pertama, Eds Moersintowarti B Narendra, et al.
  35. Zen, D.S et.al. (2018). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Kecerdasan Emosional Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Vol 1, No1 (2018)

MJ : Midwifery Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.cense.