ANALISIS KADAR PROTEIN PADA JANTUNG PISANG KEPOK (Musa paradisiaca L) SEBELUM DAN SESUDAH PEREBUSAN DENGAN METODE KJELDHAL

shinta wulandari, Rosalinda Rosalinda

Sari


Telah dilakukan pengujian di Laboratorium terhadap kadar protein total jantung pisang kepok dengan Uji kualitatif menggunakan uji Biuret dan penetapan kadar protein secara kuantitatif dengan metode Kjeldahl. Metode Kjeldahl dilakukan dengan menetapkan kandungan nitrogen yang terdapat didalam bahan. Analisis protein dengan metode Kjeldahl dibagi menjadi tiga tahapan yaitu proses destruksi, proses destilasi, proses titrasi. Dari hasil penelitian uji identifikasi menggunakan uji Biuret larutan sampel menunjukkan adanya protein pada sampel jantung pisang kapok. Kadar protein total yang didapatkan dengan metode Kjeldahl ini didapatkan dua hasil yaitu sampel jantung pisang kepok yang tidak sebesar 0.52% dan sampel jantung pisang  kepok  yang  direbus sebesar 0.34% Disimpulkan bahwa jantung pisang kepok memiliki kandungan protein yang sangat sedikit. Perebusan pada jantung pisang kepok mengurangi kadar protein sebesar 0,18%.


Teks Lengkap:

XML PDF

Referensi


Aprianti, I. (2018). Perbandingan Kadar Protein Susu Cair UHT Full Cream Pada Penyimpanan Suhu Kamar Dan Suhu Suhu Lemari Pendingin Dengan Variasi Lama Penyimpanan Dengan Metode Kjedahl, Karya Tulis Ilmiah. Bandar Lampung.

Komariyah, S. (2018). Penetapan Kadar Protein Pada Jamur Grigit (Schizophyllum commune) Dengan Metode Kjeldahl. Analis Farmasi Dan Makanan, Universitas Malahayati, Bandar Lampung. Lampung.

Mahmud, M. K,. N. A. Hermana, R.

R. Zulfianto, I. Apriyantono, B. Ngadiarti., Hartini, Bernadus dan Tinexcelli. (2008). Tabel Komposisi Pangan Indonesia (TKPI). PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Topan, N, M. (2009). Budidaya Tanaman Buah Unggul Indonesia. Jakarta : Agro Media Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.33024/jaf.v7i1.7269

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##