ANALISIS KUALITATIF BAHAN KIMIA OBAT (BKO) NATRIUM DIKLOFENAK PADA JAMU PEGEL LINU DI KELURAHAN MERJOSARI MALANG

MUHAMMAD HASAN WATTIHELUW

Sari


Obat Tradisional adalah campuran bahan-bahan alami yang berasal dari tumbuhan, hewan, mineral, dan gelenika atau campuran dari bahan tersebut yang secara turun-temurun telah digunakan untuk pengobatan. Jamu pegal linu saat ini sering digemari masyrakat. Produsen jamu banyak yang menambahkan Bahan Kimia Obat (BKO) ke dalam jamu untuk meraih keuntungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat BKO natrium diklofenak yang terdapat dalam jamu pegel linu di kelurahan Merjosari kota Malang. Jamu pegel linu yang digunakan dalam penelitian ini adalah 3 macam sampel yang diberi label A, B, dan C yang dijual di kelurahan Merjosari kota Malang. Analisis kualitatif bahan kimia obat natrium diklofenak dilakukan dengan kromatografi lapis tipis (KLT), menggunakan fase diam silika gel dan fase gerak toluen: etil asetat: asam asetat glasial (60:40:1). Hasil analisis menunjukkan sampel A positif mengandung natrium diklofenak karena diperoleh harga Rf 0,62 dan selisih harga Rf sampel dengan baku pembanding dibawah 0,05 yaitu 0,01.


Kata Kunci


Jamu pegel linu, natrium diklofenak, KLT

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


M. R. Adiyasa and M. Meiyanti, “Pemanfaatan obat tradisional di Indonesia: distribusi dan faktor demografis yang berpengaruh,” J. Biomedika dan Kesehat., vol. 4, no. 3, pp. 130–138, 2021.

S. Rusmalina, K. Khasanah, and D. K. Nugroho, “Deteksi Asam Mefenamat pada Jamu Pegel Linu yang beredar di Wilayah Pekalongan,” Pharmacon J. Farm. Indones., pp. 51–60, 2020.

BPOM RI, “Metode Analisis Untuk Pengujian Obat dan Makanan di Lingkungan Badan Pengawas Obat dan Makanan,” vol. 1, pp. 1–1036, 2018.

Bertram G. Katzung, “Lokasi: Dasar Farmakologi Terapi volume 1, edisi 12,” EGC, 2013. [Online]. Available: https://onesearch.id/Record/IOS7783.ai:slims-5086. [Accessed: 18-Aug-2022].

E. Rosyada, H. Muliasari, and E. Yuanita, “Analysis of Diclofenac as drug chemical in jamu for rheumatism sold in Mataram city Analisis kandungan bahan kimia obat Natrium Diklofenak dalam jamu pegal linu yang dijual di Kota Mataram Intisari Indonesia . Penggunaan Yankestrad khususnya jamu yang dis,” J. Ilm. Farm., vol. 15, no. 1, pp. 12–19, 2019.

A. Mulkin, W. Maarisit, D. Pareta, and R. R. Palandi, “Identifikasi Bahan Kimia Obat (BKO) Glibenklamid Pada Jamu Antidiabetes Dengan Menggunakan Metode Kromatografi Lapis Tipis (KLT) Dan Spektrofotodensitometri,” Biofarmasetikal Trop., vol. 3, no. 2, pp. 48–53, 2020.

G. A. P. M. R. Gusti Ayu Rai Saputri, Annisa Primadiamanti, “IDENTIFIKASI NATRIUM DIKLOFENAK PADA JAMU REMATIK YANG BEREDAR DI DEPOT JAMU WAY HALIM BANDAR LAMPUNG SECARA KROMATOGRAFI LAPIS TIPIS,” vol. 2, no. 2, pp. 102–107, 2017.

L. Dewi, H. Hendrayanti, and C. Nurhayati, “Pemeriksaan Bahan Kimia Obat (Bko) Natrium Diklofenak Dalam Beberapa Sediaan Jamu Rematik Yang Beredar Di Pasar Purwadadi Subang,” J. Sabdariffarma, vol. 1, no. 1, 2019.

R. A. Destiana Eka Oktaviantari, Niken Feladita, “IDENTIFIKASI HIDROKUINON DALAM SABUN PEMUTIH PEMBERSIHWAJAH PADA TIGA KLINIK KECANTIKAN DI BANDAR LAMPUNG DENGAN METODE KROMATOGRAFI LAPIS TIPIS DAN SPEKTROFOTOMETRI UV-Vis,” J. Anal. Farm., vol. 4, no. 2, pp. 91–97, 2019.




DOI: https://doi.org/10.33024/jaf.v7i2.7541

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##