EFEKTIVITAS PROGRAM PENDIDIKAN KESEHATAN GIGI TERHADAP STATUS KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA ANAK USIA SEKOLAH

Tiarma Talenta Theresia, Goalbertus Bertus, Cornellia Aninda Kusuma Putri, Andrew Gultom

Abstract


Pendahuluan: Masalah kesehatan gigi dan mulut menjadi perhatian khusus dalam pembangunan kesehatan, salah satunya adalah kerentanan anak usia sekolah terhadap masalah kesehatan gigi. Pendidikan kesehatan gigi dan mulut merupakan strategi utama dalam proses perolehan perilaku yang mempromosikan dan memelihara kesehatan. Sekolah menjadi tempat terbaik untuk mempromosikan kesehatan gigi dan mulut karena sekolah membentuk lingkungan yang ideal dengan menawarkan cara yang efisien dan efektif dalam penyampaian edukasi kesehatan sesuai dengan kelompok usia.

Tujuan: untuk mengevaluasi efektivitas pendidikan kesehatan gigi dan mulut dalam konteks sekolah dalam meningkatkan kebersihan mulut dan karies gigi pada anak usia sekolah.

Metode Penelitian: Literature review dilakukan dengan pencarian literatur dari database jurnal penelitian melalui search engine dengan mencantumkan kata kunci dalam periode 2018 sampai 2023 dari literatur yang dicari melalui Google Scholar. Hasil pencarian yang diperoleh sebanyak 15 literatur yang memenuhi kriteria inklusi sebagai literatur yang dianalisis.

Hasil: Terdapat lima belas jurnal yang disertakan pada penelitian ini, dari lima belas jurnal masing-masing membahas pengaruh pendidikan kesehatan gigi dan mulut terhadap status kesehatan gigi dan mulut pada anak.  

Kesimpulan: program pendidikan kesehatan gigi dan mulut efektif dalam meningkatkan status kesehatan gigi dan mulut pada anak usia sekolah dengan menggunakan berbagai indeks sebagai indikator keberhasilan. Penyesuaian program dengan target usia penting dalam penyampaian edukasi agar anak mudah mengerti dan memahami informasi.


Keywords


anak, karies, pendidikan Kesehatan gigi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33024/jdk.v13i3.10338

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Dunia Kesmas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:
Faculty of Health Sciences, Malahayati University

Editorial Address:
Jl. Pramuka No. 27 Kemiling Bandar Lampung Cq. Tim Jurnal Dunia Kesmas.
Whatsapp : 0822-8154-6379 (admin)