ANALISIS RISIKO KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DI LABORATORIUM RSUD Dr. H. ABDUL MOELOEK PROVINSI LAMPUNG

Nova Muhani, Dina Dwi Nuryani, Eka Indriyani

Abstract


ABSTRAK

Laboratorium klinik dengan segala kelengkapan peralatan merupakan tempat berpotensi menimbulkan resiko kepada para penggunanya seperti resiko berasal dari fakto fisik, kimia, ergonomi, dan biologi serta psikososial (Gunawan, 2013). Penelitian ini berisi tentang analisis resiko di Laboratorium Abdul Moeloek Bandar Lampung Tahun 2017. Tujuannya adalah untuk menilai tingkat Resiko di Laboratorium Abdul Moeloek Bandar Lampung. Metode Identifikasi hazard menggunakan Task Risk Analysis, sedangkan untuk analisis Resiko dilakukan dengan menggunakan metode analisis resiko semikuantitatif dengan kriteria penilaian resiko (consequences, likelihood, dan exposure). Hasil tingkat resiko yang didapatkan yaitu dengan tingkat resiko very high sebanyak 1 resiko (16,7%), Priority sebanyal 2 resiko (50%), priority 3 sebanyak 1 resiko (16,7%), dan acceptable sebanyak 1 resiko (16,7%). Saran yang dapat diberikan yaitu diperlukannya manajemen keselamatan di laboratorium melalui program keselamatan laboratorium.

References


ArifMansyur, (2015). Penuntun praktikum Hematologi, fakultas kedokteran UNHAS Makasar

Arum Oktaria Pertiwi, (2016). Analisa faktor yang berhubungan dengan kepatuhan penggunaan alat pelindung diri (APD) pada petugas laboratorium klinik RSUD DR. Ibnu Sutomo Batu Raja, Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat.

Ayu mutiara Asmara, (2012). Analisa Resiko pada kegiatan

Paktikum Kimia Analitik Kuantitatif di Laboratorium Kimia Teknik Metaulgi dan Material, Skripsi, FKM UNIVERSITAS INDONESIA, Depok.

Asesment Manajemen Risiko ISO 31000, (2009) Peraturan mentri kesehatan Republik Indonesia, (2010). tentang Laboratorium Klinik.

Darmawi Herman, (2016). Manajemen Resiko, PT Bumi Aksara, Jakarta

Erna Tresnaningsih, (2010). Kesehatan dan Keselamatan Kerja Laboratorium Kesehatan, Jurnal, SATJEN DEPKES R.I.

Eka Swaputri, (2009). Analisis Penyebab Kecelakaan Kerja,Skripsi, Universitas Negreri Semarang.

Ismulyati, Rahma Karnia, Elda Nazriati, (2014). Analisis Penerapan Keselamatan Kerja Pada Petugas Laboratorium Klinik di Kota Pekan Baru, Jurnal dimanika lingkungan Indonesia.

Laporan praktek kerja lapangan RSUD Dr.H. Abdul Moeloek provinsi Lampung,(2015). Laporan Mahasiswa Politehnik kesehatan Tanjung Karang Jurusan Teknologi Laboratorium Medik.

Margareta Yulya Longadi, (2010). Isolasi dan identifikasi bakteri yang berpotensi menjadi sumber penularan infeksi nosokomial di irina A RSUP PROF. DR. R. D.

Kandon Manado, jurnal.

Ramli Soehatman, (2010). Manajemen Resiko dalam Perspektif K3 OHSRisk Management, Dian Rakyat, Jakarta.

Ramli Soehatman, (2010). Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja OHSASA 18001, PT Dian Rakyat, Jakarta

Sarastuti Dewi, (2016). Analisis Kecelakaan Kerja di Rumah Sakit Universitas Gadjah Mada, Publikasi Ilmiah.

Shinta Wahyu Hati, (2012). Analisis Keselamatan dan Kesehattan Kerja (k3) pada pembelajaran di laboratorium, Jurnal, Politeknik Negeri Batam

Tamado Artia Sitorus, (2010). Identifikasi bahaya dan penilaian resiko keselamatan dan kesehatan Tahun 2015, Skripsi, Universitas Negeri Semarang.

Tarwaka, (2015). Dasar-dasar pengetahuan ergonomi dan aplikasi di tempat kerja. Harapan press, Surakarta.

Winaryo Heri, (2007). Faktor-faktor yang berhubungan dengan penggunaan jarum suntik begantian diantara penguna napza dikota semarang, Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.33024/jdk.v7i4.1084

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Kesehatan Holistik



Published by:
Faculty of Health Sciences, Malahayati University

Editorial Address:
Jl. Pramuka No. 27 Kemiling Bandar Lampung Cq. Tim Jurnal Dunia Kesmas.
Whatsapp : 0822-8154-6379 (admin)