HUBUNGAN PEMANFAATAN TELEMEDICINE DENGAN PENINGKATAN KEPUASAN PASIEN, KEPATUHAN PASIEN BEROBAT DAN LOYALITAS PASIEN DI RUMAH SAKIT
Abstract
Telemedicine telah banyak terbukti membantu dalam pelayanan kesehatan. Telemedicine juga dapat menjadi solusi permasalahan kesulitan dalam akses kesehatan, keterbatasan SDM dan Membuat biaya kesehatan menjadi efisien. Penelitian yang dilakukan sebelumnya menyatakan bahwa penggunaan telemedicine sangat berperan dalam meningkatkan kepuasan pasien, kepatuhan pasien dalam pengobatan dan loyalitas pasien. Sayangya penelitian megenai telemedicine di Indonesia masih sangat terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk korelasi penggunaan telemedicine dengan kepuasan pasien, kepatuhan pasien dan loyalitas pasien, Metode penelitian ini adalah systematic literature review mnggunakan prisma dan data diperoleh dengan cara online melalui google scholar, dan pubmed. Hasil studi membuktikan bahwa penggunaan telemedicine dapat meningkatkan kepuasan pasien, kepatuhan pasien dan loyalitas pasien.
Kata kunci: Telemedicine, Kepuasan pasien, kepatuhan pasien, loyalitas pasien
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.33024/jdk.v13i1.13490
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Dunia Kesmas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Faculty of Health Sciences, Malahayati University
Editorial Address:
Jl. Pramuka No. 27 Kemiling Bandar Lampung Cq. Tim Jurnal Dunia Kesmas.
Whatsapp : 0822-8154-6379 (admin)