HUBUNGAN PEMANFAATAN TELEMEDICINE DENGAN PENINGKATAN KEPUASAN PASIEN, KEPATUHAN PASIEN BEROBAT DAN LOYALITAS PASIEN DI RUMAH SAKIT

Febrini Damayanti, Ascobat Gani, Wahyu Silistiadi

Abstract


ABSTRAK

Telemedicine telah banyak terbukti membantu dalam pelayanan kesehatan. Telemedicine juga dapat menjadi solusi permasalahan kesulitan dalam akses kesehatan, keterbatasan SDM dan Membuat biaya kesehatan menjadi efisien.  Penelitian yang dilakukan sebelumnya menyatakan bahwa penggunaan telemedicine sangat berperan dalam meningkatkan kepuasan pasien, kepatuhan pasien dalam pengobatan dan loyalitas pasien. Sayangya penelitian megenai telemedicine di Indonesia masih sangat terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk korelasi penggunaan telemedicine dengan kepuasan pasien, kepatuhan pasien dan loyalitas pasien, Metode penelitian ini adalah systematic literature review mnggunakan prisma dan data diperoleh dengan cara online melalui google scholar, dan pubmed. Hasil studi membuktikan bahwa penggunaan telemedicine dapat  meningkatkan kepuasan pasien, kepatuhan pasien dan loyalitas pasien.

Kata kunciTelemedicine, Kepuasan pasien, kepatuhan pasien, loyalitas pasien


Keywords


Telemedicine, Kepuasan pasien, kepatuhan pasien, loyalitas pasien

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33024/jdk.v13i1.13490

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Dunia Kesmas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:
Faculty of Health Sciences, Malahayati University

Editorial Address:
Jl. Pramuka No. 27 Kemiling Bandar Lampung Cq. Tim Jurnal Dunia Kesmas.
Whatsapp : 0822-8154-6379 (admin)