Pendidik Sebaya Sebagai Metode alternatif dalam Peningkatan Pengetahuan Mencegah Narkolema (Narkoba Lewat Mata) pada Siswa SMPN 4 Di Samarinda

Yuliani Winarti, Sri Sunarti

Abstract


Akses pornografi oleh anak-anak sangat memprihatinkan. Peningkatan pengetahuan dengan metode peer educator sebagai salah satu upaya preventif untuk mengatasi efek adiksi konten pornografi perlu segera dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan pengetahuan pencegahan kecanduan konten pornografi melalui program peer educator. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain kelompok kontrol dengan pre-test dan post-test. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 75 siswa yang terdiri dari kelas 7 dan 8 yang terbagi menjadi 2, yaitu kelompok intervensi yang mendapat metode peer educator di SMPN 4 Samarinda sebanyak 40 siswa dan kelompok kontrol yang mendapat modul sebagai bahan bacaan mandiri di SMPN 24 Samarinda sebanyak 35 siswa pada tahun 2019. Teknik purposive sampling dan teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan Mann Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan pengetahuan yang signifikan secara statistik antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol p-value 0.003. Didapatkan bahwa rata-rata perubahan pengetahuan pada kelompok perlakuan yang mendapatkan metode peer educator lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol dengan pemberian modul yang dibaca secara mandiri.


Keywords


Peer Educator, Pencegahan Narkotika, Kecanduan Pornograpi

References


Depkes RI. (2008). Pusat Promosi Kesehatan, Metode dan Media Promosi Kesehatan, Jakarta

Green, LW., & Kreuter, MW. (2000). Health Promotion Planning An Educational and Environmental Approach, Institute of Health Promotion Research University of British California.

J.M. Jenings.,S. Howard and C. L. Perotte. (2014). Effect of a School – Based Sexuality Education Program on Peer Educator : The Teen PEP Model. Journal of Health Education Research, Vol. 29, 319 – 329

Mariani.,A. & Bachtiar I., (2010). Keterpaparan Materi Pornografi dan Perilaku Seksual Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri. Makara, Sosial Humaniora, Vol. 14, No. 2. Di akses secara online Februari 2018

Milburn, M.A., Mather, R., & Conrad, S.D. (2000). The effects of viewing R-rated movie scenes that objectify women on perceptions of date rape. Abstract. Sex Roles, 43. Diakses secara online Februari 2018

Rakhmat, J. (2003). Psikologi Komunikasi.Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Riswanda J. (2006). Promosi Kesehatan Melalui Pendidikan Teman Sebaya (Peer Education) Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Siswa SMP di Kabupaten Muara Enim, Tesis Minat Utama perilaku dan Promosi Kesehatan, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta

Sandhu S, Veinot P, Embuldeniya G, Brooks S, Sale J (2013). Peer-to-peer mentoring for individuals with early inflammatory arthritis:feasibility pilot. BMJ Open,3(3). pii: e002267.

Sarwono, S. (2002). Psikologi Remaja. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Shiner.,M. (1999). Defining Peer Education. Journal of Adolosence, Vol. 22, 555 – 566

Sunarsih S., Purwanti.S., dan Khosidah A. (2010). Hubungan Frekuensi paparan media pornografi dengan frekuensi perilaku Masturbasi Remaja Putri di SMK Wongsorejo Gombong Kebumen. Jurnal Ilmiah Kebidanan, Vol. 1 No. http://ojs.akbidylpp.ac.id/index.php/Prada/article/viewFile/43/41

Supriati, E. & Fikawati, S. (2009). Efek Paparan pornografi pada remaja SMP Negeri Pontianak tahun 2008. Makara Sosial Humaniora, Vol. 13 Hal. 48 – 56. https://www.researchgate.net/publication/47407020.

Strange, V. et al., (2002). Peer-led sex education — characteristics of peer educators and their perceptions of the impact on them of participation in a peer education programme. , 17(3), pp.327–337.

Wallmyr, G., & Welin, C. (2006).Young people, pornography, and sexuality: source and attitude. Journal of School Nursing, 22 (5), 262-263.




DOI: https://doi.org/10.33024/jdk.v9i2.1531

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL DUNIA KESMAS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:
Faculty of Health Sciences, Malahayati University

Editorial Address:
Jl. Pramuka No. 27 Kemiling Bandar Lampung Cq. Tim Jurnal Dunia Kesmas.
Whatsapp : 0822-8154-6379 (admin)