Faktor Penentu Kepatuhan Minum Obat Penderita Tuberkulosis di Kabupaten Lampung Utara Tahun 2024

Nanda Maghfirah, Sugeng Eko Irianto, Bambang Setiaji

Abstract


Ketidakpatuhan pasien TB dalam minum obat menimbulkan berbagai dampak yang berbahaya, seperti kegagalan pengobatan, terjadi efek samping obat yang parah, meningkatkan kasus penularan TB karena pasien yang tidak berhasil menjadi sumber penular, munculkan TB resisten obat. Tujuan penelitian menganalisis faktor penentu kepatuhan minum obat penderita tuberculosis meliputi faktor umur, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, pengetahuan, dukungan keluarga, dukungan petugas kesehatan, peran PMO (Pengawas Minum Obat) dan promosi kesehatan. Jenis penelitian kuantitatif desain cross sectonal. Sampel penelitian 275 responden. Teknik sampling simple random sampling. Hasil menunjukkan terdapat hubungan pengetahuan p-value 0,030 (<0,05) OR 2.253, dukungan keluarga p-value 0,012 (<0,05) OR 2.300, dukungan petugas kesehatan p-value 0,010 (<0,05) OR 2.378, peran PMO p-value 0,002 (<0,05) OR 2.786, promosi kesehatan p-value 0,024 (<0,05) OR 2.277 dengan kepatuhan penderita minum obat. Tidak terdapat hubungan umur p-value 0,362 (<0,05), jenis kelamin p-value 0,382 (<0,05), pendidikan p-value 0,924 (<0,05), pekerjaan p-value 0,603 (<0,05) dengan kepatuhan minum obat penderita tuberculosis di Kabupaten Lampung Utara. Variabel peran pengawas minum obat menjadi variabel dominan berhubungan dengan kepatuhan minum obat penderita tuberkulosis. Dengan p-value 0,001 dan OR 2.901. Saran mengembangkan aplikasi digital untuk membantu PMO dalam memantau pasien, mencatat data, dan berkomunikasi dengan pasien dan tenaga kesehatan


Keywords


kepatuhan minum obat, pengetahuan, dukungan keluarga, peran PMO

Full Text:

PDF

References


Buku:

Profil Kesehatan Indonesia. 2021. Data Kejadian, Data Keberhasilan Pengobatan Tuberkulosis Nasional. Jakarta

Profil Kesehatan Provinsi Lampung. 2021. Data keberhasilan pengobatan provinsi lampung. Lampung.

Siyoto, Sandu. Sodik, Ali. 2015. Dasar metodologi penelitian. Diterbitkan oleh Literasi Media Publishing. Yogjakarta.

Rachmawati, Chusniah. 2019. Buku promosi kesehatan dan ilmu perilaku. Penerbit Wineka Media.

Artikel dalam Jurnal:

Ananda, Palewi, Ernauli Meliyana. 2024. Hubungan edukasi keluarga dengan tingkat kepatuhan minum obat pasien TB paru. STIKes Medstra Indonesia.

Anggraini, Ella. 2020. Faktor – faktor yang berhubungan dengan kepatuhan minum obat pada penderita tuberkulosis paru di Wilayah Kerja Puskesmas Medan Deli Tahun 2020. Program Studi S Kesehatan Masyarakat. Universitas Sumatera Utara

Arisandi, Rukmana, Hermawan, Rinfilia. 2023. Dukungan keluarga dan PMO yang mempengaruhi kepatuhan mengkonsumsi obat. Universitas Mitra Indonesia Jurnal Sains dan Kesehatan Volume 2 Nomor 2.

Komariyah, Rosdewi, Hamid, Garus. 2023. Peran PMO dan kepatuhan minum obat pada pasien tuberculosis paru. STIK Stella Maris Makassar.

Netty, Kasman, Ayu. 2018. Hubungan peran petugas kesehatan dan dukungan keluarga dengan tingkat kepatuhan minum obat pada penderita tuberculosis (TB) paru BTA positif di Wilayah Kerja UPT Puskesmas Martapura I. UNISKA MAB Banjarmasin

Ngasyari Kharij. 2023. Hubungan dukungan keluarga dengan kepatuhan minum obat pada pasien TB paru di puskesmas Wanayasa 1. Universitas Muhammadiyah Gombong.

Permatasari, Darmini, Widiasa. 2020. Hubungan antara peran pengawas menelan obat dengan kepatuhan penderita mengkonsumsi obat antituberkulosis di Denpasar Selatan. STIKes Bali.

Siallagan, Tumanggor, Sihotang. 2023. Hubungan dukungan keluarga dengan kepatuhan minum obat pada pasien tuberculosis paru. STIKes Santa Elisabeth Medan

Sirait, Herlina, Sirait Asima, Saragih, 2020. Hubungan pengetahuan dan sikap dengan kepatuhan minum obat anti tuberculosis pada pasien TB baru di puskesmas Teladan Medan. Universitas Sari Mutiara Medan.

Setyowati, Lisus, Emil Silviah Ernest. 2021. Analisis tingkat kepatuhan penggunaan obat tuberculosis menggunakan medication adherence rating scale (MARS). Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Bangsa, Jember. Indonesia.

Trishela, Amir, Lidiyawati. 2024. Pengaruh pendidikan kesehatan terhadap kepatuhan mnum obat pada penderita TB paru di Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Gunungguruh Kabupaten Sukabumi. STIKes Sukabumi.

Ulfah, Windiyaningsih, Abidin, Murtiani. 2018. Faktor-faktor yang berhubungan dengan kepatuhan berobat pada penderita tuberculosis paru. Program Pascarasarjana Kesehatan Masyarakat Universitas Respati Indonesia.

Wulandari, Febriana. 2020. Hubungan peran pengawas minum obat dengan kepatuhan berobat pada penderita TB paru di RSUD Tidar Magelang Universitas Ngudi Waluyo.

Wulandari, Rantung, Malinti. 2020. Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepatuhan Minum Obat Pasien TB Di Wilayah Kerja Puskesmas Parongpong. Universitas Advent Indonesia.

WHO. 2023. Data kejadian tuberkulosis. Diakses dilaman website resmi WHO pada tanggal 11 Mei 2023 pukul 21.34 WIB. Dengan link https://www.who.int/health-topics/tuberculosis#tab=tab_1.

Veronica, Kurniasih. 2024. Hubungan peran pengawas minum obat dan motivasi dengan kepatuhan minum obat tuberculosis pada pasien tuberculosis rawat jalan di Puskesmas Tarumajaya Bekasi. Dosen Prodi Kesehatan Masyarakat STIKes Persada Husada Indonesia

Yunalia, Suharto, Haryuni, Eleeuw, Samudera. 2022. Hubungan dukungan keluarga dengan kepatuhan minum obat pada pasien tuberculosis paru. Universitas Kadiri Kediri.

Yunus, Pakaya, Hadju. 2023. Hubungan dukungan keluarga dan petugas kesehatan dengan kepatuhan minum obat pada pasien TB paru di Wilayah Kerja Puskesmas Telaga. Jurnal Pendidikan Inovasi dan Kesehatan Masyarakat. Universitas Muhammadiyah Gorontalo.

Zainal, Muljono, Sugihen, Susanto. 2018. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kepatuhan pengobatan penderta tuberculosis pada program community TB care Aisyayiyah Kota Makassar. Sekolah Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor




DOI: https://doi.org/10.33024/jdk.v13i3.15609

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Dunia Kesmas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:
Faculty of Health Sciences, Malahayati University

Editorial Address:
Jl. Pramuka No. 27 Kemiling Bandar Lampung Cq. Tim Jurnal Dunia Kesmas.
Whatsapp : 0822-8154-6379 (admin)