Pengaruh Edukasi Terhadap Pengetahuan Ibu tentang Stimulasi dalam Perkembangan Bahasa Balita usia 2-3 Tahun

Hikmah Ifayanti, Ara Nadia, Rika Agustina

Abstract


Berdasarkan penilaian perkembangan anak di Puskesmas Beringin Raya, Kota Bandar Lampung pada tahun 2023, dari 435 anak, diperoleh 11 (2,5%) mengalami keterlambatan perkembangan. Tujuan dari penelitian ini adalah dimengetahuinya pengaruh edukasi dengan media Booklet terhadap pengetahuan ibu tentang stimulasi dalam perkembangan bahasa anak usia 2-3 tahun di Taman Kanak-kanak di Kelurahan Beringin Raya, Kota Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan  pra-eksperimental menggunakan pendekatan one-group pretest dan posttest. Sampel terdiri dari 39 peserta yang dipilih menggunakan teknik accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa rata-rata skor pengetahuan ibu tentang stimulasi bahasa pada balita usia 2-3 tahun sebelum menerima edukasi adalah 56,9, sedangkan setelah menerima edukasi meningkat menjadi 78,0. Terdapat pengaruh edukasi dengan media booklet terhadap pengetahuan ibu tentang stimulasi dalam perkembanagn bahasa balita usia 2-3 tahun di Taman Kanak-kanak Kelurahan Beringin Raya, Kota Bandar Lampung.


Keywords


Pengetahuan ibu; edukasi, stimulasi bahasa

Full Text:

PDF

References


Ari Adiputri, N. W. (2021). Hubungan Stimulasi Dan Pengetahuan Orang Tua Terhadap Perkembangan Bahasa Pada Anak Balita Usia 1-2,5 Tahun Di Puskesmas I Denpasar Selatan. JOMIS (Journal of Midwifery Science), 5(2), 116–121. https://doi.org/10.36341/jomis.v5i2.1751

Aryantini, K. A. D. (2023). Pengaruh Edukasi Media Booklet Terhadap Sikap Ibu Melakukan Stimulasi Tumbuh Kembang Anak Usia 0-12 Bulan Di Wilayah Kerja Puskesmas Pembantu Gulingan Bali Tahun 2021 [STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta.]. https://repo.stikesbethesda.ac.id/1277/

Cuartas, J., McCoy, D., Sánchez, J., Behrman, J., Cappa, C., Donati, G., Heymann, J., Lu, C., Raikes, A., Rao, N., Richter, L., Stein, A., & Yoshikawa, H. (2023). Family play, reading, and other stimulation and early childhood development in five low-and-middle-income countries. Developmental Science, 26(6), 1–14. https://doi.org/10.1111/desc.13404

Cuartas, J., Rey-Guerra, C., McCoy, D. C., & Hanno, E. (2020). Maternal knowledge, stimulation, and early childhood development in low-income families in Colombia. Infancy, 25(5), 526–534. https://doi.org/10.1111/infa.12335

Elamala, N. (2022). Parenting (Syofrianisda (ed.)). CV. Azka Pustaka.

Guntur, M., Rahayu, E. P., Setyawati, S. N., & Santi, N. (2023). Pengembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini (S. Agus (ed.)). Selat Media Patners.

Kemenkes RI. (2018). Riset Kesehatan Dasar Riskesdas 2018. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI. Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan.

Kertamuda, M. A. (2020). New Normal Parenting (J. Suzana (ed.)). Elexi Media Komputindo.

Maghfuroh, L. (2020). Panduan Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak Pra Sekolah Usia 3-6 Tahun. CV. Pena Persada.

Neherta, M. (2023). Stimulasi Perkembangan Untuk Anak 18-24 Bulan. Penerbit Adab.

Okiningrum, A. R., & Handayani, O. W. K. (2023). Efektivitas Penggunaan Media E-Boolet Gizi terhadap Tingkat Pengetahuan tentang Gizi Seimvang (Studi di SMP Setiabudhi Semarang). Nutrition Research and Development Journal, 03, 22–29. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/nutrizione/

Saleh, S., AlGhfeli, M., Al Mansoori, L., Al Kaabi, A., Al Kaabi, S., & Nair, S. C. (2023). Knowledge and Awareness Among Mothers Regarding Early Childhood Development: A Study From the United Arab Emirates. Cureus, 15(4). https://doi.org/10.7759/cureus.37027

Setyorini, D., Yufdell, Ratulangi, J. I. L., & Dewi, W. (2024). Bunga Rampai Komunikasi Keperawatan. Media Pustaka Indo.

Sri Ariani, N. K., & Indriana, N. P. R. kurnia. (2020). Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Stimulasi Tumbuh Kem-Bang Anak Usia Prasekolah Umur 4-6 Tahun. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bali, 11(20), 51–55.

Sugiono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Torquato, I. M. B., Collet, N., Forte, F. D. S., França, J. R. F. de S., Coutinho Silva, M. de F. de O., & Reichert, A. P. da S. (2019). Effectiveness of an intervention with mothers to stimulate children under two years. Revista Latino-Americana de Enfermagem, 27. https://doi.org/10.1590/1518-8345.3176.3216




DOI: https://doi.org/10.33024/jdk.v13i2.16425

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Dunia Kesmas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:
Faculty of Health Sciences, Malahayati University

Editorial Address:
Jl. Pramuka No. 27 Kemiling Bandar Lampung Cq. Tim Jurnal Dunia Kesmas.
Whatsapp : 0822-8154-6379 (admin)