Efektivitas Terapi Mendengarkan Murottal Al-Quran Terhadap Stres Pada Lansia Di UPTD Panti Sosial Tresna Werdha Nirwana Puri Samarinda

Nida Amalia, Muhammad Iqbal

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penurunan tingkat stress pada lansia dengan terapi mendengarkan murottal al-quran di Panti Sosial Tresna Werdha Nirwana Puri Samarinda, metode penelitian ini yaitupre experimen one group pretest-posttest design. Populasi adalah seluruh lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Nirwana Puri Samarinda sejumlah 96 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 16 orang. .instrumen yang digunakan adalah kuesioner yang telah baku yaitu depression anxiety stress scale 42 (dass 42), hasil dari penelitian ini terdapat suatu perbedaan signifikan sebelum dan sesudah diberi perlakuan dengan hasil skor skala stres mean pre27,19 dan mean post 15,63, dan skala murottal al-qur’an mean pre 39,38 dan mean post 45,69 kesimpulan setelah menggunakan uji paired sample t test maka didapatkan hasil nilai p = 0,00 dengan α = 0,05, yang menunjukkan terdapat perbedaan sebelum dan sesudah intervensi. Ini yaituterdapat pengaruh tingkat stress pada lansia setelah mendengarkan murotal al-qur’an di Panti Tresna Werdha Nirwana Puri Samarinda.

References


BPS.(2019)Statistik penduduk lanjut usia. https://www.bps.go.id/publication/download.html, diperoleh 20 Januari

Kemenkes RI. (2017) Situasi dan Analisis Lanjut Usia. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Lovibond. (1995) The Structure Of Negative Emotional States: Comparison Of The Depression Anxiety Stress Scales (Dass) With The Beck Depression And Anxiety Inventories. Australia.

Melda Suhitaa, Asna Mufidaha. (2018) Penurunan Kecemasan dan Pengiriman Nyeri Ibu Inpartu Primipara pada Fase Pertama Aktif dengan Pemberian Murottal Al Quran Arrahman di Klinik Kebidanan Swasta Endang Sumaningdyah Kota Kediri. STIKes Surya Mitra HusadaKediri.

Jefri Selo. (2017)Perbedaan Tingkat Stres Pada Lansia Di Dalam Dan Di Luar Panti Werdha Pangesti Lawang. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang.

RachmanW. (2018)Pengaruh Mendengarkan Murottal Al-Quran terhadap Stres dalam Menyusun Skripsi pada Mahasiswa S1 Keperawatan Semester Vii di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur Tahun 2018 Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Dan Farmasi Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.

Srisuryani. (2016)Pengaruh Terapi Audio Murottal Surah Ar-Rahman Terhadap Tingkat Insomnia Pada Lanjut Usia Di Upt Panti Wredha Budhi Dharma Ponggalan Yogyakarta. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.33024/jdk.v8i4.2339

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL DUNIA KESMAS



Published by:
Faculty of Health Sciences, Malahayati University

Editorial Address:
Jl. Pramuka No. 27 Kemiling Bandar Lampung Cq. Tim Jurnal Dunia Kesmas.
Whatsapp : 0822-8154-6379 (admin)