Dampak Penggunaan Gadget Berlebih terhadap Speech Delay Pada Anak Usia Dini (0-6 tahun): Systematic Review
Abstract
Abstrak:
Kemajuan teknologi digital yang pesat saat ini telah mendorong peningkatan penggunaan gadget pada anak usia dini. Meskipun dapat memberikan manfaat edukatif, penggunaan gadget yang berlebihan dan tanpa pengawasan dapat berdampak negatif terhadap perkembangan bicara anak. Studi literatur ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara durasi dan intensitas penggunaan gadget dengan kejadian keterlambatan bicara serta faktor risiko lain seperti pola asuh, pengetahuan orang tua dan interaksi sosial pada anak usia dini 0-6 tahun . Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah melihat literatur dengan pedoman PRISMA (Preferred Reporting Item for Systematic Review and Meta-Analysis). Penelitian ini fokus pada artikel yang diterbitkan dalam rentang tahun 2021-2025 dan dapat diakses secara terbuka. Kriteria inklusi yang diterapkan meliputi artikel yang membahas paparan gadget dan teknisnya dengan keterlambatan bicara pada anak usia dini, termasuk faktor risiko yang mempengaruhi kondisi tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa paparan gadget selama lebih dari 2 jam sehari dapat menyebabkan keterlambatan bicara pada anak usia dini. Faktor lain yang mempengaruhi adalah pola asuh orang tua yang permisif terhadap penggunaan gadget sehingga menghambat perkembangan anak dan memicu tantrum, serta kurangnya interaksi sosial pada anak.
Kata Kunci : Masa Emas, Pola Asuh Orangtua, Interaksi Sosial, Durasi Gadget
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alsaadi, F. A., Muzeera, F., Shabrina, F., Jafri, N. F., Jafri, R. F., AlOlama, F., & Farghaly, S. (2024). Relationship Between Screen Usage and Speech Delay in Children Aged One to Four Years in Dubai and the Northern Emirates. Cureus, 16(11). https://doi.org/10.7759/cureus.73488
Amalia, R., Afrika, E., & Handayani, S. (2024). Analisis Penyebab Keterlambatan Berbicara pada Anak Usia 2-5 Tahun. Jurnal Ilmiah Kebidanan, 7(1), 62–70. https://doi.org/10.56013/JURNALMIDZ.V7
Antina, R. R., Qomari, S. N., & Soliha. (2022). Pengaruh Paparan Gadget Terhadap Resiko Speech and Language Delay Pada Anak Usia Pra Sekolah. Journal Universitas Pahlawan, 6(2), 174–178. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/ners/article/view/6874
Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 51. https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/Dinamika/article/view/943
Ardiwijaya, R. P., & Kuntoro, I. A. (2019). Penerapan Differential Reinforcement Of Alternative Behavior Dan Antecendents Control Untuk Menurunkan Screen-Time. Jurnal Psikologi Sains Dan Profesi, 3(1), 57–64. https://www.researchgate.net/publication/334748519
Asiah, N., Sofia, A., & Sugiana. (2019). Hubungan Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 5(2). https://core.ac.uk/download/pdf/294952985.pdf
Azzahra, A. A., Shamhah, H., Kowara, N. P., & Santoso, M. B. (2022). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Mental Remaja. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 2(3), 461–472. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i3.37832
Balqis, A., & Pujiati, D. (2024). Dampak Durasi Screen Time Gadget Terhadap Resiko Speech Delay Studi Kasus Di Bustanul Athfal Aisyiyah 01 Batur Banjarnegara. 16, 302–309. https://conference.ut.ac.id/index.php/ting/article/view/5021
BPS. (2024). Profil Anak Usia Dini 2024. Badan Pusat Statistik, 5. https://www.bps.go.id/id/publication/2024/12/13/744350b0873dcb98dfeab38c/profil-anak-usia-dini-2024.html
Damayanti, D. S., Musaffa, S. D., Sidi, P., & Fatimah, F. (2024). Gadget Use Among Toddlers In Bekasi City. JKM (Jurnal Kebidanan Malahayati), 10(5), 418–421. https://doi.org/10.33024/jkm.v10i5.14656
Irchamna, A., Arisanti, R. M., Azizah, L., & Mintowati, M. (2024). Analisis Speech Delay Pada Gangguan Berbahasa Anak Selebriti Indonesia Dalam Tinjauan Kajian Psikolinguistik. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 2(4), 181–193. https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i4.699
Kamaruddin, I., Leuwol, F. S., Putra, R. P., Aina, M., Suwarma, D. M., & Zulfikhar, R. (2023). Dampak Penggunaan Gadget pada Kesehatan Mental dan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah. Journal on Education, 6(1), 307–316. https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/2944
Kemenkes. (2024). Strategi Komunikasi Efektif Dan Stimulasi Perkembangan Bicara Anak Pada Pasien Dengan Gangguan Perilaku Dan Speech Delay. Diakses pada 02 Juni 2025, dari https://lms.kemkes.go.id/courses/e43dd296-8130-4962-a040-e1ea0009487f
Khairani, F., Naria, E., Lubis, I. K., Koka, M. E., Harahap, A. F., Rangkuti, I. M., Enjelika, M. T., Marpaung, & Daulay, H. (2024). Hubungan Peran Orang Tua Dengan Intensitas Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini di Kabupaten Tapanuli Selatan. Tropical Public Health Journal, 4(1), 52–58. https://doi.org/10.32734/trophico.v4i1.15485
Kumar, A., Zubair, M., Gulraiz, A., Kalla, S., Khan, S., Patel, S., Fleming, M. F., Oghomitse-Omene, P. T., Patel, P., & Qavi, M. S. S. (2022). An Assessment of Risk Factors of Delayed Speech and Language in Children: A Cross-Sectional Study. Cureus, 14(9). https://doi.org/10.7759/cureus.29623
Noviana Sari, E., Hafizah, & Muslia, F. (2023). Hubungan Intensitas Pemakaian Gadget Dengan Kejadian Speech Delay Pada Balita. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(3), 4139–4144.
Novitasari, N. (2019). Strategi Pendampingan Orang Tua terhadap Intensitas Penggunaan Gadget pada Anak. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 3(2), 167–188. https://doi.org/10.35896/ijecie.v3i2.77
Nuzulah, F., & Thoriqussuud, M. (2024). Pengaruh Paparan Digital dan Minimnya Interaksi Orangtua terhadap Terjadinya Speech Delay pada Anak. Konferensi Nasional Mahasiswa Bahasa Dan Sastra Arab. https://proceedings.uinsa.ac.id/index.php/knm-bsa/article/view/2752
Reji, M. M., & Sanjeevan, S. S. (2021). Impact of Screen Time on Communication in Toddlers: A Parental Awareness Survey. Languageinindia.Com, 21(5), 42–54. http://languageinindia.com/may2021/vrindascreentimetoddlersfinal.pdf
Rahayu, N., Elan, & Mulyadi, S. (2021). Analisis penggunaan gadget pada anak usia dini. Jurnal Paud Agapedia, 5(2), 202–210. https://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia/article/view/40743
Serlan, M. A., Khotijah, I., & Bunga, B. N. (2021). Hubungan Penggunaan Gadget dengan Interaksi Sosial Anak Usia Dini di Kelurahan Pasir Panjang Kecamatan Kota Lama Kota Kupang. Haumeni Journal of Education, 1(1), 1–8. https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/haumeni/article/view/4372
Sofiyah, I., Susaldi, N., & Sumanti, N. T. (2024). Hubungan Pengetahuan, Pola Asuh Orang Tua Dan Durasi Paparan Gadget Dengan Kejadian Speech Delay (Keterlambatan Berbicara) Pada Anak Prasekolah Usia 3-6 Tahun Di Klinik Ikhlas Medika 2 Tahun 2023. SINERGI : Jurnal Riset Ilmiah, 1(2), 90–98. https://doi.org/10.62335/vxf61z66
Supriani, Y., & Arifudin, O. (2023). Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Plamboyan Edu (JPE), 1(1), 95–105. https://doi.org/10.51178/cjerss.v5i3.2019
Susanti, U. V., Amiliya, R., & Basori. (2024). Urgensi Masa Golden Age Bagi Perkembangan Anak Usia Dini. LA-Abyadh, 7(2), 72. https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Abyadh/article/view/1372
Susilo, E., Solehudin, & Kusuma, R. (2023). Pengaruh Penggunaan Gadget Sejak Dini Terhadap Keterlambatan Bicara Pada Anak Balita. Jurnal Mahasiswa Ilmu Kesehatan, 1(4). https://doi.org/10.59841/jumkes.v1i3.220
Sigman, A. (2012). The impact of screen media on children. Psychiatric Times, 27(10), 40–46.
Savitri, N. P. S. P., Primatanti, P. A., & Riandra, N. P. I. K. (2024). Faktor Risiko Yang Berhubungan Dengan Terjadinya Speech Delay Pada Anak. PREPOTIF: Jurnal Kesehatan Masyarakat 8(2), 3304–3317. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/prepotif/article/view/29188
Sofiyah, I., Susaldi, N., & Sumanti, N. T. (2024). Hubungan Pengetahuan, Pola Asuh Orang Tua Dan Durasi Paparan Gadget Dengan Kejadian Speech Delay (Keterlambatan Berbicara) Pada Anak Prasekolah Usia 3-6 Tahun Di Klinik Ikhlas Medika 2 Tahun 2023. SINERGI : Jurnal Riset Ilmiah, 1(2), 90–98. https://doi.org/10.62335/vxf61z66
Triani, C., Casman, C., Dewi, N., Iqbal, M., Wawo, B., Silitonga, J., Cahyaningsih, D., & Puspita, N. (2024). Durasi dan Frekuensi Pemakaian Gadget Berlebih Berdampak Negatif pada Perkembangan Bicara Anak. Jurnal Keperawatan Cikini, 5(2), 172–179. https://jurnal.stikespgicikini.ac.id/index.php/JKC/article/view/169
UNICEF. (2021). Early childhood development. https://www.unicef.org/early-childhood-development
Viandari, K. D., & Susilawati, K. P. A. (2019). Peran pola asuh orangtua dan penggunaan gadget terhadap interaksi sosial anak prasekolah. Jurnal Psikologi Udayana, 6(01), 76–87. https://doi.org/10.24843/jpu.2019.v06.i01.p08
WHO. (2019). Guidelines on Physical Activity, Sedentary Behaviour And Sleep For Children Under 5 Years of Age. World Health Organization. https://www.who.int/publications/i/item/9789241550536
Yulinawati, C., Huda, N., & Aziz, H. (2024). Hubungan Intensitas Penggunaan Gadget dengan Kejadian Speech Delay pada Anak usia 24-60 Bulan. Jurnal Promotif Preventif, 7(1), 169–177. https://doi.org/10.47650/jpp.v7i1.1205
Yunita, E., Handayani, T., Fahmi, Oviyanti, F., & Murtopo, A. (2023). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini di Desa Tirtaharja Kecamatan Muara Sugihan. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(3), 8369–8378. https://j-innovative.org/index.php/Innovative
.
DOI: https://doi.org/10.33024/jdk.v14i4.20947
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Dunia Kesmas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Persatuan Dosen Kesehatan Masyarakat
Editorial Address:
Jl. Pramuka No. 27 Kemiling Bandar Lampung Cq. Tim Jurnal Dunia Kesmas.
Whatsapp : 0822-8154-6379 (admin)






