Studi Literatur: Hubungan Minuman Manis Kemasan dengan Peningkatan Risiko Diabetes Melitus Pada Usia Muda

Nasya Asifa Ahmad, Giska Dwi Sari Febriyani, Talitha Athazora Jaohar, Humairah Fahma Tsabitah, Raden Roro Mahira Kasya Tiaradewi, Januar Aryanto

Abstract


Pemerintah Indonesia telah menetapkan batas konsumsi gula harian sebesar 50 gram dalam Permenkes No. 30 Tahun 2013. Namun, kenyataannya konsumsi gula masyarakat, terutama dari minuman manis kemasan, masih melebihi batas tersebut. Hal ini berdampak langsung pada peningkatan kasus diabetes, termasuk pada anak-anak. Penelitian ini bertujuan mengkaji hubungan antara konsumsi minuman kemasan tinggi gula dengan risiko diabetes dini, serta memahami prevalensinya di kalangan anak muda. Penelitian ini merupakan studi literatur dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui analisis berbagai artikel ilmiah dari basis data terindeks seperti Google Scholar, ScienceDirect, PubMed, Springer, GARUDA, dan Neliti. Literatur dipilih berdasarkan kriteria inklusi dan kriteria eksklusi. Hasil/temuan penelitian menunjukkan bahwa konsumsi minuman kemasan tinggi gula berdampak serius terhadap kesehatan, terutama dalam memicu obesitas dan meningkatkan risiko resistensi insulin. Pemerintah dapat melakukan upaya pencegahan melalui promosi kesehatan yang dilakukan secara menyeluruh terutama di tingkat sekolah dasar dan menengah. Penelitian ini bisa digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan intervensi edukatif dan regulasi pemerintah guna menekan konsumsi gula berlebih melalui literasi gizi, pengawasan produk, serta promosi gaya hidup sehat di kalangan generasi muda.

Keywords


Minuman Manis Kemasan; Diabetes Melitus; Remaja; Anak-anak

Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Mubaraqin NH, Rosalina E, Hatussaadah SF. Hubungan Pengetahuan Efek Negatif dengan Perilaku Konsumsi Minuman Kemasan pada Remaja. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi. 2024;13(2):208-214. doi:10.36565/jab.v13i2.782

WHO. Sugars Factsheet. 2022;(1). https://cdn.who.int/media/docs/librariesprovider2/euro-health-topics/obesity/sugars-factsheet.pdf?sfvrsn=d5b89d5f_3&download=true

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Permenkes RI Nomor 63 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 30 tahun 2013 tentang Pencantuman Informasi Kandungan Gula, Garam, dan Lemak, serta Pesan Kesehatan Untuk Pangan Olahan dan Pangan Siap Saji. Menteri Kesehatan Republik Indonesia Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. 2015;(1402):2013-2016. https://peraturan.bpk.go.id/Details/172110/permenkes-no-63-tahun-2015

Morgan K, Lowthian E, Hawkins J, et al. Sugar-sweetened beverage consumption from 1998–2017: Findings from the health behaviour in school-aged children/school health research network in Wales. Scott JA, ed. PLoS One. 2021;16(4):e0248847. doi:10.1371/journal.pone.0248847

Susanti N, Saragih IAP, Sikumbang ES, Faiza M. Hubungan Antara Konsumsi Minuman Manis Buatan Dan Faktor Risiko Penyakit Diabetes Pada Remaja Di Mtsswasta Alwasliyah Pancur Batu. PREPOTIF: Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2024;8(2):3457-3462. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/prepotif/article/download/30683/22030/109791

Anggorowati L, Desty RT, Rahayu S, Yuliyana AD, Eko W, Kusumo G. Peningkatan Pengetahuan Remaja tentang Bahaya Konsumsi Makanan dan Minuman Manis sebagai Determinan Penyakit Diabetes Mellitus di Usia Muda. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2023;5(3):1342-1348. https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/btj/article/view/8449

Taruna RK, Setyowati ER, Wanadiatri H, Ruqayah S. Perbandingan Konsumsi Soft Drink Berpemanis dan Tidak Berpemanis Terhadap Peningkatan Kadar Glukosa Darah pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Al-Azhar. Neliti. 2022;11(1):1-14. https://www.neliti.com/publications/558720/perbandingan-konsumsi-soft-drink-berpemanis-dan-tidak-berpemanis-terhadap-pening

Fahria, S; Ruhana A. Konsumsi Minuman Manis Kemasan pada Mahasiswa Prodi Gizi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Gizi Unesa. 2022;02(02):95-99. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/GIZIUNESA/article/view/45241

Amin MM. TREN MINUMAN KEMASAN DALAM KALANGAN SISWA SEKOLAH TINGKAT PERTAMA DAN DAMPAKNYA TERHADAP KESEHATAN. Journal Peqguruang: Conference Series. 2024;6(2):474. doi:10.35329/jp.v6i2.5827

Yulianti RD, Mardiyah S. FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KONSUMSI MINUMAN KEMASAN BERPEMANIS PADA REMAJA. Jurnal Sains Kesehatan. 2023;30(3). https://jurnal.stikestrimandirisakti.ac.id/index.php/jsk/article/view/302

Putra ES, Junita J, Siregar S. Konsumsi minuman manis prediktor risiko prediabetes remaja Kota Jambi. Riset Informasi Kesehatan. 2021;10(2):89. doi:10.30644/rik.v10i2.538

Sari SL, Utari DM, Sudiarti T. Konsumsi minuman berpemanis kemasan pada remaja. Ilmu Gizi Indonesia. 2021;5(1):91. doi:10.35842/ilgi.v5i1.253

Della Corte KA, Penczynski K, Kuhnle G, et al. The Prospective Association of Dietary Sugar Intake in Adolescence With Risk Markers of Type 2 Diabetes in Young Adulthood. Front Nutr. 2021;7(January). doi:10.3389/fnut.2020.615684

Asriati A. Analisis Perilaku Konsumsi Makanan Dan Minuman Manis Terhadap Prediabetes Remaja Di Kota Jayapura. Preventif : Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2023;14(3):495-511. doi:10.22487/preventif.v14i3.970

Teng NIMF, Juliana N, Izlin NL, Semaon NZ. Knowledge, Attitude and Practices of Sugar-Sweetened Beverages: A Cross-Sectional Study among Adolescents in Selangor, Malaysia. Nutrients. 2020;12(12):3617. doi:10.3390/nu12123617

Hanifah RA, Wiboworini B, Budiastuti VI. Tren Konsumsi Minuman Manis Kekinian dan Efek yang dirasakan pada remaja. Prosiding TIN PERSAGI. Published online 2023:165-172. https://tin.persagi.org

Malik VS, Hu FB. The role of sugar-sweetened beverages in the global epidemics of obesity and chronic diseases. Nat Rev Endocrinol. 2022;18(4):205-218. doi:10.1038/s41574-021-00627-6

Sanjaya LR, Yana Setiawan. Faktor Risiko Diabetes Melitus Tipe-II Pada Remaja. Citra Delima Scientific journal of Citra Internasional Institute. 2024;8(1):66-73. doi:10.33862/citradelima.v8i1.395

Muna F, Rukminiati Y. Pentingnya Pengendalian Peredaran Minuman Berpemanis dalam Kemasan terhadap Meningkatnya Kasus Diabetes Mellitus (DM) di Masa Mendatang. Journal of Public Policy and Applied Administration. 2023;5(2):21-36. doi:10.32834/jplan.v5i2.674

Calcaterra V, Cena H, Magenes VC, et al. Sugar-Sweetened Beverages and Metabolic Risk in Children and Adolescents with Obesity: A Narrative Review. Nutrients. 2023;15(3):702. doi:10.3390/nu15030702

Lara-Castor L, Micha R, Cudhea F, et al. Intake of sugar sweetened beverages among children and adolescents in 185 countries between 1990 and 2018: population based study. BMJ. 2024;386:e079234. doi:10.1136/bmj-2024-079234




DOI: https://doi.org/10.33024/jdk.v14i4.21308

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2026 Jurnal Dunia Kesmas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:
Persatuan Dosen Kesehatan Masyarakat

Editorial Address:
Jl. Pramuka No. 27 Kemiling Bandar Lampung Cq. Tim Jurnal Dunia Kesmas.
Whatsapp : 0822-8154-6379 (admin)