IDENTIFIKASI FASILITAS SEKOLAH DASAR BERSIH SEHAT: STUDI PADA MADRASAH IBTIDAIYAH KOTA BANDAR LAMPUNG

Samino Samino, Christin Angelina Febriani, Eva Finarika

Abstract


ABSTRAK

Kesehatan sekolah dalam lingkungan sekolah dasar menjadi hal yang penting, usia anak sekolah dasar menjadi usia yang rentan terhadap masalah kesehatan dan tumbuh kembang anak sangat signifikan. Menjaga kesehatan lingkungan sekolah harus memperhatikan sarana prasarananya di sekolah. Program Madrasah Ibtidaiyah Bersih Sehat (MIBS), oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan belum mampu meningkatkan mutu kesehatan sekolah/madrasah. Tujuan diketahui kualitas kelengkapan fasilitas UKS, CTPS dan Jamban di lima Madrasah Ibtidaiyah Kota Bandar Lampung 2019.

Penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data primer dengan melakukan observasi, wawancara mendalam dan data sekunder dengan melakukan kajian dokumen madrasah.

Hasil penelitian menunjukkan kualitas kelengkapan fasilitas di lima Madrasah Ibtidaiyah, UKS sebesar 20,21 (50,54%) peringkat C kategori cukup, CTPS sebesar 7,41 (37,07%) peringkat D kategori kurang, jamban sebesar 24,60 (61,50%) peringkat C kategori cukup. Sedangkan kualitas kelengkapan fasilitas dari ketiga fasilitas UKS, CTPS, dan jamban sebesar 52,23 dengan peringkat C kategori “Cukup”. Dapat disimpulkan bahwa tingkat pencapaian kualitas kelengkapan fasilitas UKS, CTPS, dan jamban di madrasah masih rendah. Disarankan, kepala madrasah dapat melakukan kerja sama dengan pihak ketiga.

 

Kata kunci    : Kelengkapan fasilitas, UKS, CTPS, Jamban


References


Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung, (2018). Laporan Evaluasi Program P2. Kota Bandar Lampung 2018, Bandar Lampung

Enikmawati, Anik & Aslamah, Fatihah, (2017). Hubungan Antara Perilaku Cuci Tangan Dengan Kejadian Diare Pada Anak Sd, Jurnal Penelitian, Keperawatan-Stikes Muhammadiyah,Surakarta.

Harmawan, Dimas, (2015). Tingkat Keterlaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah (Uks) Pada Sekolah Dasar Negeri Se Kecamatan Kokap Kabupaten Kulonprogo Tahun Ajaran 2014/2015, Skripsi, PGSD Jasmani-UNV, Yogyakarta

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, (2013). Panduan Pembinaan Sekolah Dasar Bersih Dan Sehat Direktorat Jendral Pendidikan Dasar, Jakarta.

Kementerian Kesehatan RI, (2014). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 3 Tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, (2017). Profil Sanitas Sekolah Tahun 2017. Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Dan Menengah, Jakarta

Kementerian Kesehatan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, (2018). Hasil Utama Riskesdas 2018, Jakarta

Maryunani, Anik, (2018). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Trans Info Media Jakarta.

Menteri Kesehatan RI, (2007). Pedoman Penyelenggaraan Kesehatan Lingkungan Sekolah Nomor 1429/MENKES/SK.XII/2006, Jakarta

Nurhayu, Et,Al, (2018). Pelaksanaan Trias Usaha Kesehatan Sekolah Pada Tingkat Sekolah Dasar Di Wilayah Kecamatan Tembalang Kota Semarang, Junal R Kesehatan Masyarakat (E-Journal) Volume 6 Nomor 1, Januari 2018 (ISSN:2356-3345)

Relisa, (2016). Kajian Prasarana Pendidikan Sekolah Dasar Sebagai Salah Satu Indikator Pencapaian Standar Nasional Pendidikan Study Of Primary School Infrastructure As One Of Indicator In. Pendidikan Dan Kebudayaan, Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, Vol 1, Nomor 1 April 2016

Kementrian Pendidikan Nasional RI, (2007). Standar Sarana dan Prasarana Untuk Sekolah, Jakarta.

Santi, Apri, Utami Parta., AL-Bahij, A. (2018). Kondisi sanitasi di tiga sekolah dasar negeri di daerah tanggerang selatan. Hoistika Jurnal Ilmiah PGSD, 2 No.1 Mei, 30–36.

WHO, (2017). Diarrhoeal Disease. https://www.who.int/ diakses 13 Maret 2019




DOI: https://doi.org/10.33024/jdk.v8i4.2333

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL DUNIA KESMAS



Published by:
Faculty of Health Sciences, Malahayati University

Editorial Address:
Jl. Pramuka No. 27 Kemiling Bandar Lampung Cq. Tim Jurnal Dunia Kesmas.
Whatsapp : 0822-8154-6379 (admin)