Hubungan Kebiasaan Sarapan Dengan Konsentrasi Belajar Pada Anak Stunting dan Tidak Stunting Di SD Negeri 13 Teluk Pandan Pesawaran Tahun 2019

Yesi Nurmalasari, Eka Silvia, Siti Anisya Agustina Husin

Abstract


Latar Belakang: Stunting pada masa balita yang mengalami kegagalan dalam tumbuh kejar akan mengakibatkan stunting yang berkelanjutan pada anak sekolah. Menurut UNICEF tahun 2012 penyakit infeksi dan kebutuhan makanan yang tidak seimbang menyebabkan masalah gizi pada anak. . Sarapan pagi dengan kecerdasan mental berkaitan erat, artinya memberi nilai positif untuk aktivitas otak yang dapat berfungsi secara optimal. Tanpa makan saat sarapan otak anak sulit untuk berkonsentrasi saat sekolah.Tujuan: Untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara sarapan pagi dengan konsentrasi belajar pada anak stunting dan tidak stunting di SD Negeri 13 Teluk Pandan, Pesawaran Tahun 2019.Metodologi:Jenis penelitian ini bersifat analitik observasional dengan desain cross sectional. Populasi penelitian ini adalah anak kelas IV, V dan VI yaitu 77 orang di SD Negeri 13 Teluk Pandan, serta pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Data dianalisis dengan Uji Spearman. Hasil: Hasil uji statistik bivariat Spearman didapatkan masing-masing nilai p = 0,002  pada anak stunting dan p = 0,031 pada anak tidak stunting. Berarti stunting dan tidak stunting memiliki hubungan sarapan dengan konsentrasi belajar. Kesimpulan : Terdapat hubungan dari sarapan dengan konsentrasi belajar pada anak stunting dan tidak stunting SD Negeri 13 Teluk Pandan, Pesawaran Tahun 2019.

 

Kata Kunci : Kebiasaan Sarapan, Konsentrasi Belajar, Stunting.


Keywords


Kebiasaan sarapan, Konsentrasi belajar, stunting

References


Arifin, L. E. O. (2015). Hubungan sarapan pagi dengan konsentrasi siswa di sekolah. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 3(1).

Cahya, I. A. (2014). Perbedaan Tingkat Asupan Energi, Protein Dan Zat Gizi Mikro (Besi, Vitamin A, Seng) Antara Anak Sd Stunting Dan Non Stunting Di Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hadi, H., & Adiyanti, M.G. (2014). Status Stunting dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo Tahun 2012. Medica Majapahit,6(2).

Idwan, I., Yusran, S., & Nirmala, F. (2018). Hubungan Status Stunting dan Prestasi Belajar Pada Siswa-Siswi Kelas 4,5,6 di SD Negeri 1 Mawasangka Kabupaten Buton Tengah Tahun 2017. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, 3(2).

Lestari, A. P., Rosyidah, I., & Nofalia, I. (2018). Kebiasaan Sarapan dengan Konsentrasi Belajar Pada Anak Kelas 5-6 di SDN Manduro Kabuh. Jurnal Keperawatan, 16(1).

Mediana, S., & Pratiwi, R. (2016). Hubungan Jumlah Konsumsi Susu Formula Standar Terhadap Kejadian Stunting Pada Anak Usia 2-5 Tahun (Doctoral dissertation, Diponegoro University).

Oktavia, Y. (2018). Hubungan sarapan pagi dengan tingkat konsentrasi belajar pada anak kelas 3 di SD N 04 Balai rupi simalanggang payakumbuh tahun 2018 (Doctoral dissertation, STIKes Perintis Padang).

Rahma, F. (2016). Hubungan Antara Kebiasaan Sarapan Pagi Dengan Prestasi Belajar Siswa Sdn Sawahan I/340 Surabaya. Jurnal Universitas Airlangga.

Sutiari NK, Dewa AR.(2011). Hubungan status gizi waktu lahir dengan pertumbuhan dan perkembangan anak usia prasekolah di Desa Peguyungan Kota Denpasar. Jurnal Ilmu Gizi.2(2):109–17.

Suwardhani. (2013). Perbedaan tingkat konsentrasi pada siswa yang melakukan sarapan pagi dengan yang tidak melakukan sarapan pagi di SDN III gondang kecamatan nawangan pacitan. Skripsi, Universitas muhammadiyah Surakarta.

Toruntju, S. A. (2018). Hubungan Sarapan Pagi dengan Konsentrasi Belajar Anak SD Negeri 01 Baruga Di Kota Kendari (Doctoral dissertation, Poltekkes Kemenkes Kendari).

Yadika, A. D. N., Berawi, K. N., & Nasution, S. H. (2019). Pengaruh Stunting terhadap Perkembangan Kognitif dan Prestasi Belajar. Jurnal Majority, 8(2), 273-282.

Zhafirah, N. (2019). Hubungan kebiasaan sarapan bergizi dengan konsentrasi belajar siswa Kelas III MI Al-Hikmah Pasar Minggu. Bachelor's thesis, Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah.




DOI: https://doi.org/10.33024/jdk.v9i1.2627

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Dunia Kesmas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:
Faculty of Health Sciences, Malahayati University

Editorial Address:
Jl. Pramuka No. 27 Kemiling Bandar Lampung Cq. Tim Jurnal Dunia Kesmas.
Whatsapp : 0822-8154-6379 (admin)