PERBEDAAN KUALITAS HIDUP LANSIA ANTARA LANSIA YANG TINGGAL DI PANTI TRESNA WERDA DENGAN YANG TINGGAL BERSAMA KELUARGA DI KECAMATAN NATAR LAMPUNG SELATAN TAHUN 2018

Dhiny Easter Yanti, Umi Romayati Keswara, Resna Mahdewi Puteri

Abstract


ABSTRAK 

Kualitas hidup yang dipengaruhi oleh aspek sosial dan lingkungan berkaitan erat dengan lingkungan tempat tinggal lansia. Lansia pada umumnya tinggal bersama dengan keluarga, namun tidak sedikit lansia yang tinggal di panti Tresna Werdha.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kualitas hidup lansia yang tinggal di Panti Tresna Werdha dengan yang tinggal di keluarga Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2018.

Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan observasioal analitik. Populasi  adalah seluruh lansia yang berada di Panti Tresna Werdha sebanyak 80 lansia dan lansia yang tinggal bersama keluarga yang ikut kegiatan di panti 112. Sampel dipilih dengan teknik Accidental sampling, dengan perbandingan sampel 1:1 dengan 34 lansia yang tinggal di panti dan 34 lansia tinggal bersama keluarga. Analisis data T-Independet dan multivariat (regresilinier sederhana).

HasilUjiT-Independent terdapat perbedaan aspek psikologis (p-value = 0.011) ,sosial (p-value=0.000) dan lingkungan lansia (p-value=0.000), dan tidak terdapat perbedaan kesehatan fisik (p=0.798). Aspek lingkungan merupakan aspek yang paling berbeda (p-value = 0.000) terhadap kualitas hidup lansia yang tinggal  di panti Tresna Werdha dengan yang tinggal di keluarga di Desa Muara Putih Kecamatan Natar Lampung Selatan Tahun 2018.Disarankan untuk pihak panti dan keluarga untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada lansia seperti kebersihan lingkungan dan melakukan aktifitas yang menyegarkan.

Kata Kunci     : KualitasHidup, Lansia, Panti Tresna Werdha, Keluarga

Kepustakaan  : 8 (1996-2017)

 

ABSTRACT

Quality of life that is influenced by social and environmental aspects is closely related to the environment where the elderly live. Elderly people generally live with their families, but not a few elderly people live in nursing homes. This study aims to determine the differences in the quality of life of elderly people who live in TresnaWerdha Nursing Home with those who live in the family of Natar, South Lampung Regency in 2018.

.

This study uses a type of quantitative research with an analytical observational approach. The population in this study were all elderly who were in the TresnaWerdha Nursing Home as many as 80 elderly and elderly who lived with families participating in the orphanage 112. Samples were selected by accidental sampling technique, with a ratio of 1: 1 with 34 elderly living in the orphanage and 34 elderly living with family. Analysis of T-Independent and multivariate data (simple linear regression).

 

T-Independent Test Results have differences in psychological aspects (p-value = 0.011), social (p-value = 0.000) and elderly environment (p-value = 0.000), and there is no difference in physical health (p = 0.798). Environmental aspects are the most different aspects (p-value = 0,000) to the quality of life of elderly people living in TresnaWerdha nursing homes with those living in families in MuaraPutih Village, Natar District, South Lampung in 2018. It is recommended for the orphanage and family to give a taste safe and comfortable for the elderly such as environmental cleanliness and refreshing activities.

 

Keywords: Quality of Life, Elderly People, Nursing Home, Family

Literature: 8 (1996-2017)


References


Kementerian Kesehatan RI. (2014). Situasi dan analisis lanjut usia.

Kementerian Kesehatan RI .(2017). Analisis lansia di Indonesia.

Lampungprov.(2018). Dinsos: Lansia jangan dianggap beban hidup. Diakses pada tanggal 7 April 2018 di http://lampungprov.go.id/berita/dinsos-lansia-jangan-dianggap-beban-hidup.html

Marlindaningrum et al. (2014).Perbedaan kesehatan fisik antara lanjut usia yang tinggal di panti wreda dengan yang tinggal bersama keluarga. Jurnal. FK Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakar

Putri, et. Al, (2016). Studi Komparatif :Kualitas hidup lansia yang tinggal bersama keluarga dan pasti. Jurnal.FPOK Universitas Pendidikan Indonesia.

Sunaryo et al, (2016).Asuhan keperawatan gerontik. Yogyakarta : ANDI

WHO.(1996). WHOQOL-BREF.Intruduction, administration, scoring and generic version of the assesment. Switzerland.

Yuliati, et al, (2014).Perbedaan kualitas hidup lansia yang tinggal di komunitas dengan di pelayanan sosial lanjut Usia.Jurnal.FKM Universitas Jember.




DOI: https://doi.org/10.33024/jdk.v8i4.2179

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL DUNIA KESMAS



Published by:
Faculty of Health Sciences, Malahayati University

Editorial Address:
Jl. Pramuka No. 27 Kemiling Bandar Lampung Cq. Tim Jurnal Dunia Kesmas.
Whatsapp : 0822-8154-6379 (admin)