Analisis Penyimpanan Obat di Puskesmas Rejo Katon Kecamatan Raman Utara Kabupaten Lampung Timur

Ketut Wijana, Fitri Eka Sari, Nurul Aryastuti

Abstract


Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas mengatakan Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dari pelaksanaan upaya kesehatan, yang berperan penting dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan bagi masyarakat.Tujuan penelitian ini diketahui hasil analisis penyimpanan obat di Puskesmas Rawat Inap Rejo Katon Kecamatan Raman Utara Kabupaten Lampung Timur tahun 2019.Jenis penelitian kualitatif dengan rancangan studi kasus. Penelitian telah dilakukan di Puskesmas Rawat Inap Rejo Katon Kecamatan Raman Utara Kabupaten Lampung Timur, pada bulan September – Oktober. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam.Hasil penelitian diketahui sumber daya manusia gudang yang tersedia di gudang farmasi masih belum sesuai dengan ketentuan minimal yang dibuat dalam pedoman penyimpanan obat, karena hanya terdiri dari petugas yang merangkap sebagai kepala Instalasi Farmasi. Sarana dan prasarana penyimpanan yang tersedia sudah memadai jumlahnya berdasarkan ketentuan minimal yang dibuat oleh pedoman penyimpanan obat yang di buat. Prosedur penyimpanan obat sudah sesuai dengan pedoman penyimpanan obat Dirjen Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan tahun 2010 meskipun prosedur penerimaan, penyusunan obat dan stock opname ada yang belum dilaksanakan dengan baik oleh petugas. Proses penyimpanan obat sudah dilaksanakan sesuai SOP hanya saja terjadi waktu yang lama. Monitoring secara berkala  belum dilakukan, monitoring hanya dapat dilihat dari stok opname obat saja. Kendala yang terdapat di penyimpanan obat adalah tenaga farmasi yang khusus. Diharapkan dapat melakukan penambahan petugas sehingga diharapkan dapat melakukan pemeriksaan terhaadap obat-obatan yang disimpan secara berkala untuk membantu mendeteksi adanya obat kadaluarsa dan obat rusak.


Keywords


Input; Proses; Output; Penyimpanan Obat

References


Asyikin, A. (2018). Studi Implementasi Sistem Penyimpanan Obat Berdasarkan Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek Sejati Farma Makassar. Media Farmasi, 14(1), 85-90.

Azwar, S. (2016). Sikap manusia: teori dan pengukurunnya. Liberty.

Kwando, R. R. (2014). Pemetaan Peran Apoteker dalam Pelayanan Kefarmasian Terkait Frekuensi Kehadiran Apoteker di Apotek di Surabaya Timur. CALYPTRA, 3(1), 1-12.

Dinkes Lampung. (2017). Profil Kesehatan Provinsi Lampung. Lampung

Gavinov, I. T., & Soemantri, J. N. (2016). Sistem Informasi Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Husnawati, H., Lukman, A., & Ardyansyah, I. (2016). Implementasi Sistem Penyimpanan Obat di Puskesmas Rawat Inap Sidomulyo Kotamadya Pekanbaru. SCIENTIA: Jurnal Farmasi dan Kesehatan, 6(1), 7-12.

Menkes, R. I. (2014). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian Di Rumah Sakit.

Indonesia, K. K. R. (2017). Data dan informasi profil kesehatan Indonesia 2016. Pusat Data Dan Informasi Kementrian Keshatan RI, 119-121.

INDONESIA, R., MBOI, N., MANUSIA, M., & SYAMSUDIN, A. (2014). Peraturan menteri kesehatan republik indonesia nomor 58 tahun 2014 tentang standar pelayanan kefarmasian di rumah sakit.

Depkes, R. I. (2003). Pedoman pengelolaan obat publik dan perbekalan kesehatan di Puskesmas. Jakarta: Direktorat Jenderal Palayanan Kefarmasian Dan Alat Kesehatan.

Martha, E., & Kresno, S. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Bidang Kesehatan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Mamahit, D. I., Rumayar, A. A., & Kawatu, P. A. (2017). Analisis Proses Penyimpanan Obat Di Puskesmas Pingkan Tenga Kecamatan Tenga. Media Kesehatan, 9(3).

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung. Penerbit PT Remaja Rosdakarya Offset.

Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi penelitian kesehatan.

Notoatmodjo, S. (2014). Ilmu Perilaku & Ilmu kesehatan masyarakat. Ed. Rev. Rineka Cipta: Jakarta

Indonesia, R. (2014). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2014 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas. Kementerian Kesehatan, Jakarta.

Rahmawati, I. N., & Wahyuningsih, S. S. (2016). Faktor Pelayanan Kefarmasian Dalam Peningkatan Kepuasan Pasien Di Pelayanan Kesehatan Pharmaceutical Services Factor In Increasing Patient Satisfaction In Health Care. IJMS-Indonesian Journal on Medical Science, 3(1).

Yunus, E. (2016). Manajemen Strategis. Penerbit Andi.




DOI: https://doi.org/10.33024/jdk.v9i2.2896

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Dunia Kesmas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:
Faculty of Health Sciences, Malahayati University

Editorial Address:
Jl. Pramuka No. 27 Kemiling Bandar Lampung Cq. Tim Jurnal Dunia Kesmas.
Whatsapp : 0822-8154-6379 (admin)