Hubungan Citra Tubuh, Pengetahuan Gizi dan Perilaku Makan terhadap Status Gizi Remaja di SMA Negeri 5 Kota Metro tahun 2017

Amalia Amraini, Dhiny Easter Yanti, Nurhalina Sari

Abstract


Status gizi remaja berhubungan dengan berbagai macam faktor yang mempengaruhinya, di antaranya adalah asupan energi dan zat gizi, jenis kelamin, pendidikan, pengetahuan, perilaku makan, kebiasaan konsumsi serat (buah dan sayur), aktivitas fisik, perilaku, merokok, citra tubuh dan faktor genetik yaitu status gizi orang tua. Penelitian ini bertujuan mengkaji hubungan citra tubuh, pengetahuan gizi dan perilaku makan terhadap status gizi remaja di SMA Negeri 5 Kota Metro. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode crossectional. Waktu penelitian yaitu bulan Juli-Agustus 2017 dengan populasi 421 dan mengambil sampel 130 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling sederhana. Pengumpulan data menggunakan alat ukur tinggi badan dan berat badan serta kuesioner.Analisis data menggunakan univariat dan analisis bivariat.Hasll uji Chi square diketahui bahwa dari 130 siswa  yang diteliti yang memiliki status gizi kurus sebanyak 23 orang (17,7%), normal 91 orang (70%), gemuk 16 orang (12,3%). Adapun hubungan dengan status gizi remaja pada SMA N 5 Metro yaitu citra tubuh p value  = 0,874, pengetahuan gizi nilai p value  = 0,765 dan perilaku makan nilai p value  = 0,354. Dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan antara citra tubuh, pengetahuan gizi dan perilaku makan terhadap status gizi remaja di SMA Negeri 5 Kota Metro. Adapun saran yaitu memberikan informasi kepada remaja terkait kebutuhan zat gizi serta perilaku makan yang baik guna menjaga agar tidak terjadi penyimpangan terkait citra tubuh.


Keywords


status gizi, citra tubuh; pengetahuan gizi; perilaku makan; remaja

References


Arisman, (2010), Gizi Dalam Daur Kehidupan, EGC, Jakarta

Azwar, Saifuddin, (2016), Sikap Manusia Dan Teori Pengukurannya, Pustaka Pelajar, Yogyakarta

Muhith, Abdul, (2015), Pendidikan Dan Keperawatan Jiwa, Andi Offset, Yogyakarta

Notoatmodjo, Soekidjo, (2013), Promosi Kesehatan Dan Perilaku Kesehatan, Rineka Cipta, Jakarta

Sugiyono, (2015), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Alfabeta, Bandung

Supariasa, I Dewa Nyoman, Bachyar Bakri, Ibnu Fajar, (2012), Penilaian Status Gizi, EGC, Jakarta.

Maryusman, T., Mawapi, Y. P., & Syah, M. N. H. (2020). Apakah Citra Tubuh dan Risiko Gangguan Makan Berisiko Anemia? Studi Kasus Pada Siswa Putri. Ghidza: Jurnal Gizi dan Kesehatan, 4(1), 22-31.

Handayani, E. Y., & Rumiati, Z. (2020). Hubungan Status Gizi Remaja terhadap Kejadian Anemia Pada Remaja Putri Di SMPN 02 Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Martenity and Neonatal, 3(1), 15.

Rahmawati, A. N. (2017). PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM PEMILIHAN PANGAN LOKAL OLAHAN DAN POLA KONSUMSI PANGAN RUMAH TANGGA SEKITAR AGROINDUSTRI BIHUN TAPIOKA DI KOTA METRO (Decision Making In the Selection of Processed Local Foods and the Pattern of Household Food Consumption around Agroindustry of Tapioca Vermicelli In Metro City).

FISKASARI, S. R. (2019). HUBUNGAN DEPRESI, ANSIETAS, DAN STRES DENGAN STATUS GIZI PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG.

Rahmawati, A. N. (2017). PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM PEMILIHAN PANGAN LOKAL OLAHAN DAN POLA KONSUMSI PANGAN RUMAH TANGGA SEKITAR AGROINDUSTRI BIHUN TAPIOKA DI KOTA METRO (Decision Making In the Selection of Processed Local Foods and the Pattern of Household Food Consumption around Agroindustry of Tapioca Vermicelli In Metro City).

AYESHA, K. (2019). GAYA HIDUP DALAM MENGONSUMSI SAYUR DAN BUAH SERTA TINGKAT KECUKUPAN GIZI ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI KOTA METRO.




DOI: https://doi.org/10.33024/jdk.v9i2.2916

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Dunia Kesmas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:
Faculty of Health Sciences, Malahayati University

Editorial Address:
Jl. Pramuka No. 27 Kemiling Bandar Lampung Cq. Tim Jurnal Dunia Kesmas.
Whatsapp : 0822-8154-6379 (admin)