Terapi Relaksasi (Napas Dalam) dalam Mengurangi Nyeri Persalinan

Juistira Safitri, Sunarsih Sunarsih, Dewi Yuliasari

Abstract


Masalah yang paling sering muncul pada ibu bersalin adalah nyeri persalinan. Apabila tidak di atasi akan menimbulkan kecemasan, ketakutan serta stress pada ibu yang akan meningkatkan lagi intensitas nyeri yang dirasakan. Nyeri selama proses persalinan yang disertai dengan ketakutan akan memperlambat proses persalinan. Nyeri persalinan akan menimbulkan hiperventilasi, meningkatkan konsumsi oksigen, menimbulkan alkalosis respiratorik, vasokontriksi pembuluh darah dalam uterus dan asidosis pada fetus. Meningkatkan noradrenalin akan menurunkan darah ke plasenta dan menurunkan kontraksi uterus sehingga mengganggu keselamatan ibu dan fetus dan keberhasilan partus pervaginam. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh terapi relaksasi (napas dalam) dalam mengurangi nyeri persalinan. Jenis penelitia kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen. Teknik sampling dengan cara purposive sampling. Sasaran dalam penelitian seluruh ibu bersalin kala 1 pembukaan 4 – 7 cm, sampel berjumlah 30 orang. Tempat penelitian telah dilaksanakan di Praktik Mandiri Bidan D Kota Bandar Lampung pada 16 Februari – 30 Juni 2019. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, analisa data bivariate dengan uji t. Hasil penelitian rata- rata nyeri persalinan sebelum diberikan terapi relaksasi (nafas dalam) adalah 6.7 dengan standar deviasi 0.8. Rata – rata nyeri persalinan setelah diberikan terapi relaksasi (napas dalam) adalah 4.3 dengan standar deviasi 0.9, dan p-value <0.001. Ada pengaruh terapi relaksasi (napas dalam) dalam mengurangi nyeri persalinan. Kepada bidan untuk dapat memberikan terapi norfarmakologi dalam mengurangi nyeri persalinan dengan terapi relaksasi (napas dalam).


Keywords


Tingkat Kecemasan; Nyeri Persalinan

References


Agus, R. (2011). Aplikasi Metodologi penelitian kesehatan. Yogyakarta: NuhaMedika, 102.

Damayanti, I. P., Liva Maita, S. S. T., Ani Triana, S. S. T., & Rita Afni, S. S. T. (2015). Buku Ajar: Asuhan Kebidanan Komprehensif Pada Ibu Bersalin dan Bayi Baru Lahir/oleh Ika Putri damayanti. Deepublish.

Farrer, H. (2001). Perawatan Maternitas (Maternity Care). Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Heni Setyowati, E. R., & Kp, S. (2018). Akupresur untuk Kesehatan Wanita Berbasis Hasil Penelitian. Unimma Press.

Mutmainah, A. U., Johan, H., & Llyod, S. S. (2017). Asuhan Persalinan Normal & Bayi Baru Lahir. Yogyakarta: ANDI.

Rehatta NM, dkk. (2019). Anestesiologi dan Terapi Intensif: Buku Teks Kati-Perdatin. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Saleh, L. M. (2019). Teknik Relaksasi Otot Progresif Pada Air Traffic Controller (ATC). Deepublish.

Simkin, P., Whalley, J., & Keppler, A. (2010). Panduan Lengkap Kehamilan, Melahirkan, & Bayi (Edisi Revisi). Jakarta: Arcan.

Sugiono, S. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D.

Sunarsih, S., &Ernawati, E. (2017). PerdedaanTerapi Massage dan Terapi Relaksasi dalam Mengurangi Nyeri Persalinan di BidanPraktikSwasta (BPS) Ernawati Kecamatan Banyumas. Jurnal Kesehatan, 8(1), 8-12.

Widiastini, L. P. (2018). Buku Ajar Asuhan Kebidanan Pada Ibu Bersalin Dan Bayi Baru Lahir. In Media.




DOI: https://doi.org/10.33024/jdk.v9i3.3003

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Dunia Kesmas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:
Faculty of Health Sciences, Malahayati University

Editorial Address:
Jl. Pramuka No. 27 Kemiling Bandar Lampung Cq. Tim Jurnal Dunia Kesmas.
Whatsapp : 0822-8154-6379 (admin)