Faktor - faktor berhubungan Dengan Kelelahan Kerja Pada Perawat di Instalasi Rawat Inap RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Bandar Lampung Tahun 2019

Fitri Eka Sari, Mirza Zainun Nisa, Vera Yulyani

Abstract


Perawat di RSUD Dr.H Abdul Moeloek memiliki rasio antara jumlah perawat rawat inap dengan tempat tidur memiliki perbandingan 1:2, yang berarti terdapat beban kerja lebih bagi perawat, dan kemungkinan terjadi kelelahan kerja pada perawat menjadi lebih besar. Tujuan penelitian diketahui Faktor - faktor berhubungan dengan kelelahan kerja pada perawat di Instalasi Rawat Inap RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Bandar Lampung Tahun 2019.

Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan rancangan penelitian survei cross sectional.  Penelitian dilaksanakan di Instalasi Rawat Inap RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Bandar Lampung Tahun 2019. Populasi dan sampel sebanyak adalah seluruh perawat yang ada di ruang Murai, Kenanga, Mawar, Kutilang, Alamanda, Perinatalogi, dan Mahan Munyai yaitu sebanyak 188 orang menggunakan teknik Total Populasi,. Analisa data dengan uji chi square Mantel-Haenszel.

Hasil uji statistik didapatkan variabel yang berhubungan dengan kelelahan kerja setelah dipengaruhi status gizi dalam kategori tidak normal yaitu jenis kelamin p-value = 0,021, status perkawinan p-value = 0,001, riwayat penyakit p-value = 0,029, shift kerja p-value = 0,003  dan setelah dipengaruhi status gizi dalam kategori normal  yaitu status perkawinan p-value = 0,001 dan usia responden p-value = 0,008. Variabel yang tidak berhubungan dengan kelelahan kerja setelah dipengaruhi status gizi dalam kategori tidak normal yaitu usia responden p-value = 0,297 dan setelah dipengaruhi status gizi dalam kategori normal  yaitu jenis kelamin p-value = 0,504, riwayat penyakit p-value = 0,232,  dan shift kerja p-value = 0,289. Diharapkan perawat tetap menjaga kondisi kesehatan dengan membawa air putih minimal dua liter untuk menjaga cairan agar tetap berkonsentrasi dalam melaksanakan kerjaannya serta menjaga sikap dan emosi walaupun tingginya beban kerja yang dibebankan oleh perawat shift pagi. Mengkonsumsi makanan yang tinggi protein, vitamin dan multivitamin dalam menjaga kesehatan diri perawat.

Kata Kunci       : Kelelahan kerja, gizi, perawat,


References


Maharja, (2015). Analisis tingkat kelelahan kerja berdasarkan beban kerja fisik perawat di instalasi rawat inap RSU Haji Surabaya. https://e-journal.unair.ac.id/IJOSH/article/download/1651/1272.

Mallapiang F, Alam S, Suyuti AA. (2014). Faktor yang berhubungan dengan kelelahan kerja pada perawat IGD di RSUD haji makassar tahun 2014. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Al-Sihah/article/view/2078

Perwitasari. (2014). Faktor yang berhubungan dengan kelelahan kerja subyektif pada perawat di RSUD Dr. mohamad soewandhie surabaya. https://e-journal.unair.ac.id › IJOSH › article › view

Rejeki, Sri. (2015). Sanitasi, hygiene, dan k3 (kesehatan & keselamatan kerja). Rekayasa Sains: Bandung.

Rizki Amalia Pratiwi. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi kelelahan perawat rumah sakit (sebuah kajian literatur). https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id › index.php › article › download

Saiful Walid. (2012). Proses keperawatan teori & aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Sudirman Arif. (2015). Faktor – faktor yang mempengaruhi kelelahan kerja pada perawat di ruang rawat inap rumah sakit umum kabupaten tangerang Tahun 2015.

Sukma, Nolo Widyawati. (2012). Konsep dasar keperawatan. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Suma’mur, (2014). Higiene perusahaan dan kesehatan Kkrja (hiperkes) Edisi 2. Jakarta: CV. Sagung Seto

Tarwaka, Solichul, Bakri & Sudiajeng, (2015). Ergonomi, untuk keselamatan, kesehatan kerja dan produktivitas. Surakarta: Universitas Islam Batik Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.33024/jdk.v10i3.3361

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Dunia Kesmas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:
Faculty of Health Sciences, Malahayati University

Editorial Address:
Jl. Pramuka No. 27 Kemiling Bandar Lampung Cq. Tim Jurnal Dunia Kesmas.
Whatsapp : 0822-8154-6379 (admin)