FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PESERTA JAMINAN PERSALINAN (JAMPERSAL) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BATU BRAK KABUPATEN LAMPUNG BARAT TAHUN 2012

Teguh Pribadi

Abstract


Provinsi Lampung menyebutkan persalinan di tolong tenaga kesehatan pada tahun
2007 adalah 76,58% sedangkan 33,42% persalinan ditolong oleh dukun. Tahun 2008
persalinan di tolong tenaga kesehatan adalah 74,51% sedangkan 25,49% persalinan
ditolong oleh dukun. Hal ini berkaitan dengan kemampuan Masyarakat untuk membayar
biaya jasa medis yang diberikan oleh petugas kesehatan sehingga lebih memilih bersalin
didukun Tujuan penelitan adalah Diketahui faktor-faktor yang berhubungan dengan
kepuasan peserta Jampersal (Jaminan Persalinan) di Puskesmas Batu Brak Kabupaten
Lampung Barat tahun 2012.Jenis penelitian adalah kuantitatif, rancangan penelitian cross
sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu hamil peserta jampersal,
berdasarkan data register Puskesmas Batu Brak Kabupaten Lampung Barat Jumlah
peserta jampersal periode April 2012 sebesar 348 orang.Sampel dalampenelitian ini
adalah 187 respondenAnalisis data menggunakan chi square.Hasil uji statistik didapat
Empaty yaitu sebesar 113 orang (60,4%).Reliability yaitu sebesar 135 orang (72,2),
responsiveness yaitu sebesar 123 orang (65,8), Kepuasan yaitu 151 orang kurang puas
(80,7) Hasil uji statistik didapat ada hubungan Emphaty dengan Kepuasan pserta
jampersal (p value = 0,018 < 0,05). ada hubungan Reability dengan Kepuasan pserta
jampersal (p value = 0,007 < 0,05). hubungan responsiveness dengan Kepuasan pserta
jampersal (p value = 0,043 < 0,05).
Diharapkan petugas kesehatan Puskesmas Batu Brak untuk terus meningkatkan
mutu pelayanan dengan cara emphaty yang baik dalam bentuk perhatian dan komunikasi
yang ramah, reliability dalam bentuk pelayanan yang tepat dan mampu menjawab
dengan baik setiap pertanyaan yang peneliti ajukan serta responsiveness dalam bentuk
jam buka pelayanan sesuai dengan ketentuan yang berlaku sehingga pelayanan dapat
cepat diberikan sejak peserta jampersal mendaftar hingga mendapatkan pelayanan
petugas kesehatan.
Kata kunci : Empaty , Reliability, Responsiveness , Kepuasan pserta jampersal



DOI: https://doi.org/10.33024/jdk.v1i4.340

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL DUNIA KESMAS



Published by:
Faculty of Health Sciences, Malahayati University

Editorial Address:
Jl. Pramuka No. 27 Kemiling Bandar Lampung Cq. Tim Jurnal Dunia Kesmas.
Whatsapp : 0822-8154-6379 (admin)