Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Dokter Di Poliklinik Rawat Jalan Rumah Sakit Islam Asy-Syifaa Bandar Jaya Lampung Tengah Tahun 2020

Yelfi Yanti, Samino Samino, Nurhalina Sari

Abstract


Latar Belakang: Kinerja merupakan gambaran pencapaian pelaksanaan (achievement) suatu program kegiatan perencanaan strategis dan operasional organisasi (efforts) oleh seseorang atau kelompok orang dalam suatu organisasi (Nursalam, 2015).Masalah yang ditemukan dalam penelitian ini yang pertama adalah kepuasan pasien masih di bawah 90 %, kedua yaitu evaluasi terhadap kinerja dokter belum pernah di lakukan. Hasil survei kepuasan pasien terhadap pelayanan dokter di Poliklinik Rumah Sakit Islam Asy-Syifaa pada Januari 2020, didapatkan bahwa dari 100 responden terdapat 87 orang (87%) menyatakan puas dan 13 orang (13%) tidak puas.

Tujuan: Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kinerja dokter di Poliklinik Rumah Sakit Islam Asy-Syifaa  Lampung Tengah Tahun 2020.

Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Sasaran penelitian ini adalah seluruh dokter yang berjumlah 35 orang dan praktek di Poliklinik Rawat Jalan Rumah Sakit Islam Asy-Syifaa Bandar Jaya Lampung Tengah Tahun 2020. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat, analisis bivariat dan multivariat dengan Uji Korelasi Pearson.

Hasil: Hasil penelitian diketahui 17 (48,6%) dari 35 dokter  kinerjanya baik. Hasil uji korelasi; dari hasil penelitian di dapatkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara kepuasaan kerja, kepemimpinan, dan budaya organisasi terhadap kinerja, Ada pengaruh signifikan dengan derajad lemah kepuasan kerja terhadap kepemimpinan p-value = 0,021 (< ? = 0,05) dan r hitung = 0.389, ada pengaruh signifikan dengan derajad sedang kepemipinan terhadap budaya organisasi p-value = 0,000 (< ? = 0,05) dan r hitung = 0.079579 di Poliklinik Rumah Sakit Islam Asy-Syifaa Bandar Jaya Lampung Tengah Tahun 2020

Kesimpulan: Tidak ada pengaruh faktor kepuasan kerja, kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap kinerja dokter di Poliklinik Rumah Sakit Islam Asy-Syifaa  Bandar Jaya Lampung Tengah Tahun 2020.

 

Kata kunci             : Faktor kinerja dokter, kepuasaan, kepemimpinan, budaya organisasi

Kepustakaan          : 35 (2003-2019)

Keywords


Faktor kinerja dokter, kepuasaan, kepemimpinan, budaya organisasi

References


Ato’lllah, M. (2014). Analisis pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi terhadap Kinerja Pegawai Kelurahan di Kecamatan Lumajang Kabupaten Lumajang. Jurnal WIGA: Vol. 4 No. 1, ISSN NO 2088-0944.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azizollah A, Abolghasem F. Amins DM. (2016). Relationship Between Organizational Culture And Organizational Commitment In Zahedan University of Medical Science. Global Journal of Health Science.

Cahyani, A.S., Pasinringi, S.A., Zulkifli, A. (2013). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Dokter di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Jayapura. Tesis. Bagian Manajemen Pelayanan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin Makasar. Makassar.

Firmanda, D (2011). Medical Staff Bylaws (Peraturan Internal Staf Medis di Rumah Sakit). Ketua Komite Medik RSUP Fatmawati Jakarta. Universitas Hasanudin. Makasar

Fitri, Maiyulia, (2017). Hubungan Budaya Organisasi dengan Kinerja Pegawai RSUD Mukomuko Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Andalas.

Gunawan, H., 2013. Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Dokter pada Rumah Sakit Haji Medan Tahun 2013. Tesis. Program Studi Pascasarjana Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara. Medan Handayani, (2016). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kinerja Tenaga Kesehatan di RSUD Prof. DR. M.A Hanafiah SM Batusangkar Tahun 2017. Jurnal. STIKES Syedza Saintika Padang.

Handayani, Lia ( 2018). Pengaruh Faktor Individu, Psikologis dan Organisasi terhadap Kinerja Dokter di Rumah Sakit Umum Mitra Medika Medan

Hastono, S. P. (2016). Analisis Data Pada Bidang Kesehatan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ilyas, Yaslis., (2003). Kiat Sukses Manajemen Tim Kerja. Jakarta : Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.

Ilyas, Yaslis., (2012). Kinerja-Teori, Penilaian dan Penelitian. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia. Depok.

Khan, A.H., Nawaz, M.M., Aleem, M., Hamed, W., 2011. Impact Of Job Satisfaction On Employee Performance: An Empirical Study of Autonomous Medical Institutions of Pakistan. African Journal of Business Management Vol. 6 (7), pp. 2697-2705.

Muliati, Laisa. (2013). Analisis Kinerja Rumah Sakit Umum Daerah Dr. H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung Tahun 2011-2013 Berdasarkan Balanced Scorecard. Jurnal. Universitas Indonesia. Notoatmodjo, S. (2010).. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor: 129/Menkes/Sk/Ii/2008. Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit

Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 159b/Menkes/Per/II/1988 tentang Rumah Sakit. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 755 tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Komite Medik di Rumah Sakit. Biro Hukum Departemen Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta.

Priyono. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Sidoarjo: Zifatama Publisher

Profil RS Islam Asy-Syifaa Bandar Jaya Lampung Tengah Tahun 2019.

Rejeki, Sri. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Dokter di Poliklinik Rawat Jalan Rumah Sakit Angakatan Laut Dr. Mintohardjo Jakarta Tahun 2012. Tesis. Universitas Indonesia.

Rivai, Veithzal.(2017). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Rajawali Pers. Robbins, Stephen. (2003). Perilaku Organisasi. Edisi Indonesia. Indeks Kelompok Gramedia.

Robbins, Stephen. (2010). Manajemen (Edisi Kesepuluh). Jakarta: Erlangga

Setyorini, Titi. (2016). Pengembangan Model Instrumen Penilaian Kinerja Dokter Spesialis Obsgyn Melalui Analisis Kinerja di Rumah Sehat Ibu Dan Anak Budi Kemuliaan. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Vol.2 No.2. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Suwati, Yuli. (2013). Pengaruh Kompensasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Tunas Hijau Samarinda. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. Vol.1. No.1.

Tjiptono. 2008. Service Management : Mewujudkan Layanan Prima. Andi. Yogyakarta.

Tsai Y, (2011). Relationship between organizational culture, leadership behavior and job satisfaction. BMC Services Research.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit, Biro Hukum Departemen Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 29 tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran, Biro Hukum Departemen Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta.

White, K., Griffith, J., (2010). The Well-Managed Healthcare Organization, 7thEdition, Health Administrator Press, Chicago.

Wibowo. (2017). Manajemen Kinerja. Depok: Rajawali Pers

Wulandari, Dina. (2014) . Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan KinerjaPetugas Dalam Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat di Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2014.Tesis. Universitas Malahayati.

Wirawan. (2009). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Jakarta, Salemba Empat




DOI: https://doi.org/10.33024/jdk.v10i2.3467

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Dunia Kesmas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:
Faculty of Health Sciences, Malahayati University

Editorial Address:
Jl. Pramuka No. 27 Kemiling Bandar Lampung Cq. Tim Jurnal Dunia Kesmas.
Whatsapp : 0822-8154-6379 (admin)