Kesiapan Petugas dalam Peralihan Dokumen Rekam Medis Manual ke Paperless pada Unit Rekam Medis Puskesmas Kedungmundu Kota Semarang

Anike Yulis M, Retno Astuti S, Fitria Wulandari

Abstract


Pengelolaan dokumen dengan menggunakan sistem yang berbasis komputer/elektronik di sektor kesehatan yang sedang menjadi trend global adalah rekam medis elektronik (RME) yang merupakan sub sistem informasi kesehatan yang mulai banyak diterapkan di Indonesia, Adanya keterbatasan ruang penyimpanan rekam medis dan juga upaya rumah sakit untuk meningkatkan kualitas pelayanan maka manajemen rumah sakit atau tepta pelayanan kesehatan memilih untuk menerapkan Rekam Medis Elektronik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesiapan petugas dalam masa peralihan dokumen rekammedis berbasis kertas (paper based) ke rekam medis berbasis komputer atau rekam medis elektronik (RME) Jenis penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, sedangkan metode pengambilan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara secara langsung pada petugas di bagian rekam medis di Puskesmas Kedungmundu di kota semarang. Berdasarkan hasil wawancara kepada petugas dan observasi di tempat penelitian diperoleh hasil bahwa di Puskesmas Kedungmundu sistem paperless di SIMPUS masih sering terjadi eror yang disebabkan oleh sarana dan prasarana yang sudah ada namun belum maksimal yaitu jaringan internet  yang buruk sedangkan intenet dalam SIMPUS terkadang eror dari Dinas, selain itu petugas di puskesmas yang berjumlah 5 orang juga masih belum familiar terhadap penggunaan simpus, oleh karena itu diperlukan pelatihan lebih lajut mengenai penggunaan simpus, dan perlunya chrosschek dari Dinas Kesehatan ke Puskesmas untuk memastikan bahwa simpus dapat berjalan dengan baik di Puskesmas.


Keywords


Kesiapan petugas; peralihan; Rekam medis elektronik

References


Azyyati Ridha Alfian, Mega Utami Basra. 2020. “No TitleAnalisis Pelaksanaan E-Puskesmas Di Puskesmas Ikur Koto Padang.” Endurance 5(2): 395–402.

Gemala Hatta. 2013. Pedoman Manajemen Informasi Kesehatan Di Sarana Pelayanan Kesehatan (Revisi II). II. Jakarta: UI_perss.

Kemenkes RI. 2019. PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 31 TAHUN 2019 TENTANG SISTEM INFORMASI PUSKESMAS.

———. 2020. “Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2020 Tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).” Kementerian Kesehatan RI.

Kementerian Kesehatan. 2015. “Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 97 Tahun 2015 Tentang Peta Jalan Sistem Informasi Kesehatan Tahun 2015-2019.” Peta Jalan Sistem Informasi Kesehatan Tahun 2015 - 2019: 1–76. http://www.pusdatin.kemkes.go.id/resources/download/pusdatin/lain-lain/PMK-No-97-Th-2015-ttg-Peta-Jalan-Sistem-Informasi-Kesehatan-Tahun-2015-2019.pdf.

Maha Wirajaya, Made Karma, and Ni Made Umi Kartika Dewi. 2020. “Analisis Kesiapan Rumah Sakit Dharma Kerti Tabanan Menerapkan Rekam Medis Elektronik.” Jurnal Kesehatan Vokasional 5(1): 1.

Pratama, Muhammad Hamdani, and Sri Darnoto. 2017. “ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN REKAM MEDIS ELEKTRONIK DI INSTALASI RAWAT JALAN RSUD KOTA YOGYAKARTA.” Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia.

Pribadi, Yanuar, Sandra Dewi, and Heru Kusumanto. 2018. “Analisis Kesiapan Penerapan Rekam Medis Elektronik Di Kartini Hospital Jakarta.” Jurnal Bidang Ilmu Kesehatan.

“REKAM MEDIS ELEKTRONIK: TELAAH MANFAAT DALAM KONTEKS PELAYANAN KESEHATAN DASAR.” 2013. erawantini, f 1(1): 1–11.

Samandari, Nabil Atta, Wila Chandrawila S, and Agus H. Rahim. 2017. “KEKUATAN PEMBUKTIAN REKAM MEDIS KONVENSIONAL DAN ELEKTRONIK.” SOEPRA.

Santoso, Dian budi; Nuryati; Pramono, Eko Angga. 2020. “PengembanganRekamMedisElektronikBerbasisSoftwareasaService(SaaS)BagiDokterPraktik Mandiri.” Jurnal Kesehatan Vokasional 5(3): 168–79.

Wibisono, Setiawan; Munawaroh, Siti; amin. 2013. “SIMPUSKESMAS BERBASIS CLOUD COMPUTING (STUDI KASUS DKK KAB. DEMAK).” repository Unisbank semarang. https://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/1926.




DOI: https://doi.org/10.33024/jdk.v10i1.3478

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Dunia Kesmas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:
Faculty of Health Sciences, Malahayati University

Editorial Address:
Jl. Pramuka No. 27 Kemiling Bandar Lampung Cq. Tim Jurnal Dunia Kesmas.
Whatsapp : 0822-8154-6379 (admin)