HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP KELAS III DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH Dr.A.DADI TJOKRODIPO BANDAR LAMPUNG TAHUN 2014

Devy Septina Sari, Samino Samino

Abstract


Pelayanan kesehatan yang bermutu adalah pelayanan kesehatan yang dapat
memuaskan setiap pemakai jasa pelayanan kesehatan sesuai dengan tingkat kepuasan
rata-rata penduduk, serta penyelengggaranya sesuai dengan kode etik dan standar
pelayanan profesi yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui
hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap kelas
III di Rumah Sakit Umum dr.A.Dadi Tjokrodiipo Bandar Lampung tahun 2014
Jenis penelitian yang di gunakan adalah analitik dengan pendekatan cross sectoral.
Populasinya adalah pasien rawat inap RSUD dr.A.Dadi Tjokrodipo dengan jumlah populasi
474. Sample 200 orang. Analisa data menggunakan uji Chi-square (X2) dengan alpha
0,05
Hasil uji statistik didapatkan ada hubungan antara tangible (p-value=0,000)dengan
OR 29,000, reability (p-value =0,000)dengan OR 63,000, responsiveness ( pvalue=
0,000)dengan OR 63,000, assurance (p-value=0,000)dengan OR 104,000 dan
empaty (p-value-0,000)dengan OR 108,818 dengan kepuasan pasien
Kesimpulan ada hubungan mutu pelayanan dengan kepuasan pasien. Disarankan
agar dimensi mutu pelayanan kesehatan berdasarkan tangible yang menunjukan
pengaruh signifikan yang lemah untuk menjadi perhatian dengan meningkatkan
kebersihan ruangan dengan cara memberikan pengarahan kepada tenaga kebersihan
yang ada di ruang rawat inap.
Kata kunci : Kepuasan pasien, tangible, reability, responsiveness,assurance, empaty



DOI: https://doi.org/10.33024/jdk.v3i4.412

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL DUNIA KESMAS



Published by:
Faculty of Health Sciences, Malahayati University

Editorial Address:
Jl. Pramuka No. 27 Kemiling Bandar Lampung Cq. Tim Jurnal Dunia Kesmas.
Whatsapp : 0822-8154-6379 (admin)