PERSEPSI MUTU PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RSUD DR A.DADI TJOKRODIPO KOTA BANDAR LAMPUNG
Abstract
Kepuasan pasien merupakan salah satu hal sangat penting dalam meninjau mutu
pelayanan khususnya pelayanan suatu rumah sakit mendefenisikan kepuasan pasien dari
sisi yang berbeda, pasien memasuki rumah sakit dengan serangkaian harapan dan
keinginan.Tujuan penelitian diketahuinya Persepsi Pasien Rawat Inap Tentang Mutu
Pelayanan Kesehatan Dalam Hubungan Tingkat Kepuasaan Pasien Di RSUD Dr A. Dadi
Tjokrodipo Kota Bandar Lampung Tahun 2014.
Jenis Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif denga pendekatan cross
sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat inap RSUD Dr A. Dadi
Tjokrodipo.Pengambilan sampel dilakukan dengan mengunakan teknik accidental
sampling sebanyak 67 sampel. Pengumpulan data melalui wawancara berpedoman pada
kuisioner, analisis yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat dengan uji chisquare.
Hasil analisis univariat didapatkan (56,7%) pasien menyatakan tidak sesuai dengan
pelayanan yang sudah diberikan, pada persepsi kehandalan, persepsi ketanggapan,
persepsi jaminan, persepsi empati, dan persepsi mutu layanan yang berwujud berturutturut
(50,7%), (26,9%), (37,3%), (43,3%), dan (25,4%) pasien menyatakan Ya
terhadap kepuasan pasien itu sendiri. Sedangkan analisis bivariat menujukan bahwa ada
hubungan antara persepsi tentang kehandalan (p-value = 0,004; OR = 5,048), persepsi
ketanggapan (p- value = 0,039; OR = 3,765), persepsi jaminan (p-value = 0,061; OR =
3,000), persepsi empati (p-value = 0,003; OR 5,320) dan persepsi mutu layanan yang
berwujud (p-value = 0,075 ;OR = 3,259) dengan kepuasaan pasien.
Disarankan agar RSUD Dr A. Dadi Tjokrodipo Kota Bandar Lampung dapat terus
meningkatkan kualitas pelayanan khususnya tenaga kesehatan dengan cara mengadakan
pelatihan untuk tenaga kerja secara berkala
Kata Kunci : Mutu Pelayanan, Kepuasaan Pasien
pelayanan khususnya pelayanan suatu rumah sakit mendefenisikan kepuasan pasien dari
sisi yang berbeda, pasien memasuki rumah sakit dengan serangkaian harapan dan
keinginan.Tujuan penelitian diketahuinya Persepsi Pasien Rawat Inap Tentang Mutu
Pelayanan Kesehatan Dalam Hubungan Tingkat Kepuasaan Pasien Di RSUD Dr A. Dadi
Tjokrodipo Kota Bandar Lampung Tahun 2014.
Jenis Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif denga pendekatan cross
sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat inap RSUD Dr A. Dadi
Tjokrodipo.Pengambilan sampel dilakukan dengan mengunakan teknik accidental
sampling sebanyak 67 sampel. Pengumpulan data melalui wawancara berpedoman pada
kuisioner, analisis yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat dengan uji chisquare.
Hasil analisis univariat didapatkan (56,7%) pasien menyatakan tidak sesuai dengan
pelayanan yang sudah diberikan, pada persepsi kehandalan, persepsi ketanggapan,
persepsi jaminan, persepsi empati, dan persepsi mutu layanan yang berwujud berturutturut
(50,7%), (26,9%), (37,3%), (43,3%), dan (25,4%) pasien menyatakan Ya
terhadap kepuasan pasien itu sendiri. Sedangkan analisis bivariat menujukan bahwa ada
hubungan antara persepsi tentang kehandalan (p-value = 0,004; OR = 5,048), persepsi
ketanggapan (p- value = 0,039; OR = 3,765), persepsi jaminan (p-value = 0,061; OR =
3,000), persepsi empati (p-value = 0,003; OR 5,320) dan persepsi mutu layanan yang
berwujud (p-value = 0,075 ;OR = 3,259) dengan kepuasaan pasien.
Disarankan agar RSUD Dr A. Dadi Tjokrodipo Kota Bandar Lampung dapat terus
meningkatkan kualitas pelayanan khususnya tenaga kesehatan dengan cara mengadakan
pelatihan untuk tenaga kerja secara berkala
Kata Kunci : Mutu Pelayanan, Kepuasaan Pasien
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.33024/jdk.v3i4.416
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 JURNAL DUNIA KESMAS
Published by:
Faculty of Health Sciences, Malahayati University
Editorial Address:
Jl. Pramuka No. 27 Kemiling Bandar Lampung Cq. Tim Jurnal Dunia Kesmas.
Whatsapp : 0822-8154-6379 (admin)