FAKTOR PEMILIHAN METODE KONTRASEPSI JANGKA PANJANG (MKJP) PADA PASANGAN USIA SUBUR (PUS) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SEGALA MIDER KOTA BANDAR LAMPUNG

Rino Siswanto, Ahcmad Farich

Abstract


Indonesia telah mencanangkan berbagai program untuk menangani masalah kependudukan melalui penggunaan kontrasepsi, oleh karena itu program keluarga berencana nasional lebih diarahkan kepada pemakaian Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP). Diketahui bahwa pemakaian MKJP di Indonesia masih rendah, yaitu sebesar (10,9%), Provinsi Lampung (25,93%), Kota Bandar Lampung (8,4%), dan Puskesmas Segala Mider (23,67%). Proporsi tersebut belum mencapai target yang telah di tetapkan oleh BKKBN 2014 yaitu sebesar (27,5%).
Tujuan penelitianini adalah diketahui faktor-faktor yang berhubungan dengan pemilihan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) pada Pasangan Usia Subur (PUS) di Wilayah Kerja Puskesmas Segala Mider Kota Bandar Lampung.
Jenis penelitian ini adalah obsevasional analitik dengan pendekatan Cross Sectional Study. Jumlah populasi sebanyak 2.118 PUS dan jumlah sampel sebanyak 96 PUS yang merupakan akseptor KB aktif. Pemilihan sampel dipilih dengan Proporsional Random Sampling. Pengujian hipotesis dengan uji Chi Square, (α=0,05).
Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara dukungan suami dengan pemilihan MKJP pada PUS dengan nilai p=0,001, ada hubungan antara efek samping dengan pemilihan MKJP pada PUS dengan nilai p=0,002, tidak ada hubungan antara ketersediaan alat kontrasepsi dengan pemilihan MKJP pada PUS dengan nilai p=1,000, tidak ada hubungan antara dukugan petugas dengan pemilihan MKJP pada PUS dengan nilai p=0,417. Kesimpulan terdapat hubungan antara dukungan suami, antara efek samping, dengan pemilihan MKJP, dan tidak ada hubungan antara ketersediaan alat kontrasepsi, serta dukugan petugas dengan pemilihan MKJP. Disarankan kepada PUS apabila terjadi keluhan terhadap efek samping dalam penggunaan kontrasepsi supaya segera memeriksakan dan berkonsultasi kepada petugas kesehatan agar keluhan dari efek samping tersebut dapat segera diatasi.
Kata Kunci : Faktor MKJP, PUS



DOI: https://doi.org/10.33024/jdk.v4i3.436

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL DUNIA KESMAS



Published by:
Faculty of Health Sciences, Malahayati University

Editorial Address:
Jl. Pramuka No. 27 Kemiling Bandar Lampung Cq. Tim Jurnal Dunia Kesmas.
Whatsapp : 0822-8154-6379 (admin)