HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KEPATUHAN MINUM OBAT PADA PASIEN TUBERKULOSIS PARU DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS GADING REJO 2015

Rieseva Fitria, Christin Angelina Febriani

Abstract


Tuberkulosis Paru (Tb Paru) adalah penyakit menular langsung yang disebabkan oleh kuman Tuberkulosis (Mycobacterium Tuberculosis), dapat menyerang siapa saja serta menyebabkan kematian, apabila tidak diobati. Kepatuhan terhadap anjuran minum obat anti tuberkulosis (OAT) adalah faktor penting yang berperan dalam proses penyembuhan Tb Paru dengan strategi DOTS (Directly Observed Treatment Short-course). Angka Konversi kasus terendah ketiga se-Kabupaten Pringsewu berada di Puskesmas Gading Rejo sebesar 75%. Angka keberhasilan pengobatan kasus Tb Paru BTA (+) terendah berada di Gadingrejo (79%), dimana berdasarkan survey pada 10 orang pasien didapatkan hasil 40% pasien patuh terhadap pengobatan Tb Paru.
Tujuan penelitian ini diketahuinya hubungan dukungan keluarga dengan kepatuhan minum obat, jenis penelitian menggunakan kuantitatif dengan desain cross sectional dan objek penelitian berjumlah 85 orang penderita Tb Paru di Puskesmas Gading Rejo yang terdata di tahun 2014. Penelitian dilakukan selama 4 bulan dari bulan Februari-Juni 2015 berlokasi di 15 Pekon wilayah kerja Puskesmas Gading Rejo, analisis data menggunakan uji statistik Chi-Square.
Hasil analisis secara univariat menunjukkan bahwa (75,3%) responden patuh minum OAT, (57,6%) responden mendapat dukungan emosional kategori tinggi, (64,7%) responden mendapat dukungan penghargaan kategori tinggi, (56,5%) responden mendapat dukungan instrumental kategori tinggi, (75,3%) responden mendapat dukungan informasional kategori tinggi. Secara bivariat menunjukkan ada hubungan dukungan emosional (p value = 0,004 ; OR= 5,1), ada dukungan penghargaan (p value= 0,031; OR= 3,4), ada dukungan instrumental (p value = 0,007; OR= 4,7), ada dukungan informasional (p value= 0,001; OR= 16,2) dengan kepatuhan minum OAT di wilayah kerja Puskesmas Gading Rejo 2015.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka peneliti menyarankan kepada keluarga untuk meningkatkan atau paling tidak mempertahankan dukungannya terhadap penderita untuk selalu patuh minum OAT dengan cara selalu mengingatkan jadwal pengambilan OAT di Puskesmas, selalu mengingatkan jadwal harian minum OAT, selalu memastikan bahwa OAT telah diminum dengan benar, selalu mengingatkan jadwal pemeriksaan hasil pengobatan dan selalu memberi dukungan emosional bahwa penyakit Tb Paru dapat disembuh.
Kata Kunci : Kepatuhan Minum OAT, Dukungan Keluarga, Tb Paru



DOI: https://doi.org/10.33024/jdk.v5i1.453

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL DUNIA KESMAS



Published by:
Faculty of Health Sciences, Malahayati University

Editorial Address:
Jl. Pramuka No. 27 Kemiling Bandar Lampung Cq. Tim Jurnal Dunia Kesmas.
Whatsapp : 0822-8154-6379 (admin)