HUBUNGAN MUTU INFORMASI, DUKUNGAN SUAMI DAN LINGKUNGAN DENGAN PENGGUNAAN ALAT KONTRASEPSI DI DESA PAMPANGAN 2015

Atika Nikmah, Dhini Easter Yanti

Abstract


Pertumbuhan penduduk sangat pesat diperlukan usaha penurunan angka kelahiran, untuk itu dicanangkan Keluarga Berencana. IUD merupakan alat kontrasepsi yang memiliki efektifitas tinggi dalam mencegah kehamilan. Penggunaan kontrasepsi IUD di Puskesmas Gedong Tataan sebanyak 696 orang (1,89%) dan Desa Pampangan sebanyak 33 orang (4,74%). Tujuan penelitian diketahuinya hubungan mutu informasi, dukungan suami dan lingkungan dengan penggunaan alat kontrasepsi di Desa Pampangan Kabupaten Pesawaran.
Penelitian kuantitatif dengan desain kasus kontrol menggunakan pendekatan retrospektif. Kasus pengguna KB IUD, kontrol pengguna KB Non IUD. Teknik pengambilan sampel pada kelompok kasus menggunakan total sampling dan pada kelompok kontrol menggunakan simple random sampling. Uji Chi square dengan CI 95%.
Hasil penelitian menujukkan ada hubungan mutu informasi (p-value = 0,000 dan OR = 8,15) dan lingkungan (p-value = 0,033 dan OR = 3,095) dengan penggunaan kontrasepsi. Tidak ada hubungan dukungan suami dengan penggunaan kontrasepsi (p-value = 0,614). Kesimpulan mutu informasi dan lingkungan pergaulan berkaitan dengan penggunaan alat kontrasepsi. Saran bagi petugas kesehatan khususnya petugas lapangan keluarga berencana (PLKB) dan bidan diharapkan dapat meningkatkan kualitas penyuluhan kepada PUS yang belum ber-KB atau yang ber-KB untuk menggunkan kontrasepsi jangka panjang, baik pada individu maupun berkelompok.
Kata kunci : mutu informasi, dukungan suami, lingkungan dan penggunan alat kontrasepsi.



DOI: https://doi.org/10.33024/jdk.v5i1.456

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL DUNIA KESMAS



Published by:
Faculty of Health Sciences, Malahayati University

Editorial Address:
Jl. Pramuka No. 27 Kemiling Bandar Lampung Cq. Tim Jurnal Dunia Kesmas.
Whatsapp : 0822-8154-6379 (admin)