FAKTOR YANG MEMPENGARUHI VOLUME OKSIGEN MAKSIMAL DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWI KEBIDANAN UNIVERSITAS MALAHAYATI

Ringgo Alfarisi

Abstract


Volume oksigen maksimal (???? O2max) adalah komponen utama kebugaran kardiorespirasi. Status kesehatan sangat tergantung dari tingkat kebugaran jasmani. Prestasi belajar sangat dipengaruhi oleh faktor eksternal dan faktor internal. ???? O2max yang baik mendukung pencapaian prestasi belajar yang optimal bagi seorang mahasiswi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas fisik dan Indeks Massa Tubuh (IMT) terhadap ???? O2max, serta pengaruh aktivitas fisik, IMT, dan ???? O2max terhadap prestasi belajar mahasiswi Kebidanan Universitas Malahayati tahun masuk 2014. Penelitian analitik dengan menggunakan rancangan cross sectional. Sampel 53 orang perempuan dengan teknik purposive sampling. Analisis statistik dilakukan dalam bentuk uji Spearman dan uji Pearson. Hasil penelitian pada responden, ditemukan bahwa ada pengaruh aktivitas fisik (r = 0,928 ; p <0,05) dan IMT (r = -0,588 ; p <0,05) terhadap ???? O2max. Selain itu, ditemukan bahwa ada pengaruh aktivitas fisik (r = 0,878; p <0,05), IMT (r = -0,691 ; p <0,05), dan ???? O2max (r = 0,910 ; p <0,05) terhadap prestasi belajar. Berdasarkan hasil tersebut disarankan pada mahasiswi kebidanan Universitas Malahayati hendaknya melakukan olahraga secara rutin dan menjaga asupan gizinya, sehingga memiliki volume oksigen maksimal yang baik dan menunjang pencapaian prestasi belajar yang optimal.
Kata kunci: Oksigen, prestasi belajar, aktifitas fisik, Indeks Massa Tubuh



DOI: https://doi.org/10.33024/jdk.v5i2.461

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL DUNIA KESMAS



Published by:
Faculty of Health Sciences, Malahayati University

Editorial Address:
Jl. Pramuka No. 27 Kemiling Bandar Lampung Cq. Tim Jurnal Dunia Kesmas.
Whatsapp : 0822-8154-6379 (admin)