FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN IMUNISASI TETANUS TOXOID PADA IBU HAMIL PRIMIGRAVIDA DI PUSKESMAS RAMAN UTARA LAMPUNG TIMUR 2013

Yulistiana Evayanti, Linda Linda

Abstract


Berdasarkan laporan analisa uji coba di Indonesia pada tahun 2005-2006 yang disusun oleh WHO (world health organization) yang bekerja sama dengan Departemen Kesehatan RI, tetanus masih merupakan penyebab utama kematian dan kesakitan maternal dan neonatal. Kematian akibat tetanus di negara berkembang 135 kali lebih tinggi dibanding negara maju. Di Indonesia sekitar 9,8 % (18032 bayi) dari 184 ribu kelahiran bayi menghadapi kematian akibat imunisasi tetanus tetap rendah (Depkes RI, 2006). Berdasarkan hasil pre survei dengan teknik wawancara bebas pada tanggal 5 Februari 2011 di Puskesmas Raman Utara Lampung Timur kepada 10 ibu hamil didapat 8 orang (80%) kurang memahami suntikan TT (Tetanus Toxoid) pada masa kehamilan, 7 orang (70%) ibu menganggap pemberian imunisasi tidak penting bagi bayi. Hasil observasi buku KIA didapat 7 orang (70%) tidak teratur melakukan imunisasi TT. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui faktor yang Berhubungan dengan imunisasi TT pada ibu hamil primigravida di Puskesmas Raman Utara Lampung Timur 2013.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif desain penelitian korelasi dengan pendekatan cross sectional, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu hamil primigravida di Puskesmas Raman Utara Lampung Timur. Pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan jumlah sampel 38 responden. Uji statistik menggunakan Chi-Square.
Hasil penelitian diperoleh jumlah primigravida yang melakukan imunisasi TT hanya 14 orang dan yang tidak melakukan imunisasi TT sebanyak 24 orang. Hasil statistik diketahui ada hubungan antara pengetahuan dengan imunisasi TT, ada hubungan antara sikap dengan imunisasi TT.
Saran bagi Puskesmas Raman Utara Lampung Timur adalah dapat terus meningkatkan pelayanan Prenatal khususnya petugas KIA dan memberikan pendidikan kesehatan kepada masyarakat berupa penyuluhan kesehatan tentang pentingnya melaksanakan imunisasi TT. sebagai pencegah terjadinya potensi tetanus neonatorum dan infeksi masa nifas. Selain itu diupayakan untuk terus memberikan informasi secara langsung dengan membagikan leaflet ata upun memasang poster-poster mengenai imunisasi TT dan penggunannya di tempat-tempat pelayanan kesehatan seperti Posyandu dan Puskesmas.

Kata Kunci: Pengetahuan, sikap, imunisasi TT




DOI: https://doi.org/10.33024/jdk.v6i1.475

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL DUNIA KESMAS



Published by:
Faculty of Health Sciences, Malahayati University

Editorial Address:
Jl. Pramuka No. 27 Kemiling Bandar Lampung Cq. Tim Jurnal Dunia Kesmas.
Whatsapp : 0822-8154-6379 (admin)