PENGARUH TERAPI MUSIK KLASIK MOZART TERHADAP TINGKAT KECEMASAN DAN NYERI PADA IBU BERSALIN KALA I LATEN DI PUSKESMAS DAYA MURNI 2016

Devi Kurniasari, Vera Lusi Alvionita

Abstract


Berdasarkan hasil observasi di Puskesmas selama ini belum ada solusi yang dilakukan untuk mengurangi nyeri persalinan. Berdasarkan hasil wawancara pada 10 orang ibu menyatakan bahwa mereka belum pernah mendengar tentang metode terapi musik untuk mengurangi nyeri dalam persalinan. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh terapi musik klasik Mozart terhadap tingkat kecemasan dan nyeri pada ibu bersalin kala I laten Di Puskesmas Daya Murni 2016.
Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan pre-eksperimental one group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu bersalin di Puskesmas Daya Murni April sebanyak 22 ibu. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu ibu bersalin dengan tingkat nyeri 1-10, tingkat kecemasan ibu bersalin ≥ 14, dapat berkomunikasi dengan baik, kesadaran komposmentis dan bersedia menjadi responden. Teknik analisis data menggunakan uji t dependen.
Ada perbedaan kecemasan ibu bersalain kala I laten sebelum dan setelah diberikan terapi musik klasik Mozart (p=0,005), dan perbedaan nyeri pada ibu bersalain kala I laten sebelum dan setelah diberikan terapi musik klasik Mozart (p=<0,001).
Disaran bagi tenaga kesehatan/pelayanan persalinan agar memanfaatkan terapi musik klasik Mozart.

Kata Kunci : Terapi musik klasik Mozart, nyeri persalinan, kecemasan




DOI: https://doi.org/10.33024/jdk.v6i1.478

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL DUNIA KESMAS



Published by:
Faculty of Health Sciences, Malahayati University

Editorial Address:
Jl. Pramuka No. 27 Kemiling Bandar Lampung Cq. Tim Jurnal Dunia Kesmas.
Whatsapp : 0822-8154-6379 (admin)