Analisis Kepuasan Pasien Tes Pcr Di Laboratorium Patologi Klinik Rsud Dr.H Abdul Moeloek Provinsi Lampung Tahun 2021

Robby Dewan Tanjung, Dina Dwi Nuryani, Nurhalina Sari, Dessy Hermawan, Yuliati Amperaningsih

Abstract


Robby Dewan Tanjung1, Dina Dwi Nuryani 2, Nurhalina Sari 3, Dessy Hermawan 4, Yuliati Amperaningsih5.

Pasien Covid-19 masih mendapatkan stigma negatif di masyarakat, baik yang baru memeriksakan dirinya maupun yang sudah sembuh dari penyakit ini. Bahkan masih banyak orang yang enggan memeriksakan dirinya karena faktor ekonomi dan stigma negatif yang diterima. masalah testing juga membingungkan, apakah mereka harus rapid tes ataukah PCR Di sisi lain, antrian ketika menunggu untuk PCR seringkali lama dan banyak yang berpikir akan tertular Covid saat menunggu. Hasil study pendahuluan kehandalan (reliability) 81%, cepat tanggap (responsiveness) 73%, kepastian (assurance) 68%, empati (empathy) 72%, kenyataan (tangibles) 77%. Tujuan Diketahui Kepuasan Pasien Tes PCR Di Laboratorium RSUD Dr.H Abdul Moeloek Provinsi Lampung Tahun 2021

Metode: Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan study kasus. Subjek pada penelitian ini adalah peserta Test PCR SWAB dan perwakilan Institusi terkait yang melakukan test PCR di RSUAM. Penelitian ini telah di laksanakan pada bulan Agustus 2021 di Laboratorium Patologi Klinik Di Dr.H Abdul Moeloek Provinsi Lampung Tahun 2021, Pengumpulan data dengan wawancara mendalam, analisis data dengan conten analysis.

Hasil: Hasil kehandalan (reliability) di dapatkan bahwa bebagian besar mengatakan tidak sesuai karena terjadi keterlambatan hasil keluar dan antrian lama, kenyaman pasien pada saat swab kurang baik, keahlian petugas baik, Hasil cepat tanggap (responsiveness) di dapatkan bahwa respon petgas kurang baik, petugas seperti terburu-buru saat pelaksanaan, tidak memberikan penjelasan jelas pada proses PCR. Hasil kepastian (assurance) di dapatkan hasil Pengetahuan petugas sudah bagus, informasi belum di sampaikan kepada peserta secara menyeluruh, kesopanan kurang. Hasil empati (empathy) di dapatkan Kepeduliaanya kurang baik. Hasil sub fokus kenyataan (tangibles) di dapatkan Fasilitas fisiknya kurang luasnya ruang tunggu, kelengkapan APD sudah baik Petugasnya memakai APD lengkap. Saran Petugas diikutkan pelatihan caring dengan melakukan upgrading pelatihan bagi staff analis agar dapat melayani klien dengan baik, sehingaa cepat tanggan atau responsive petugas tercapai.

 

Kata Kunci : PCR, Kepuasan, covid-19


References


Amalina, F. (2019). Kepuasan Pelanggan Laboratorium Genetika Molekuler Fakultas Kedokteran Unpad. Kandaga–Media Publikasi Ilmiah Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan, 1(1).

Amin (2017) etika profesi dan hukum kesehatan untuk bahan ajar teknologi laboratorium http://bppsdmk.kemkes.go.id/pusdiksdmk/wp- content/uploads/2017/11/Etika-Profesi-dan-Hukes-SC.pdf

Arisandi, D., Thaha, A., & Chusnah, C. (2019). Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Kinerja. Kinerja, 2(01), 95-112

Balitbangkes. 2020. Penatalaksanaan dan pemeriksaan spesimen COVID-19 Fandy Tjiptono, Ph.D. 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4, Penerbit Andi,.

Yogyakarta

Gavinov, I. T., & Soemantri, J. N. (2015). Sistem Informasi Kesehatan. Yogyakart a: Nuha Medika.

Handayani, I. (2018). Tingkat Kepuasan pasien rawat jalan di laboratorium RSUD Soe tahun 2018 (Doctoral dissertation, Poltekkes Kemenkes Kupang).

HAQU, R., & DIRGANTARA, I. (2011). Analisis Dampak Kualitas Layanan dalam membentuk Kepuasan Pelanggan Precious Studio Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro).

Jasa, P. (2018). Analisis Kepuasan Pelanggan Dengan Kualitas Pelayanan Pada Laboratorium Klinik Prodia Cabang Cideng Jakarta Pusat.

Kemenkes. 2020. Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19), revisi 04

Martha, Evi. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Bidang Kesehatan.

Jakarta: Rajagrafindo Persada

Mayro, S., Nugroho, E., & Simatupang, O. L. (2018). Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan FNAB di Laboratorium Patologi Anatomi RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda Tahun 2018. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pelayanan Kesehatan, 198-206.

Moleong, Lexy. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya

Nursalam. (2016). Manajemen Keperawatan. Salemba Medika: Jakarta

PDP (2020) Pemeriksaan PCR Swab Bagi petugas laboratorium Pedoman%20 Pemeriksaan%20PCR%20SARS-COV 2%20Bagi%20Petugas%20Laboratorium.pdf

Pohan, Imbalo. (2017). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. EGC: Jakarta

Priyoto. (2014). Teori Sikap dan Perilaku dalam Kesehatan. Yogyakarta: Nuha.

Medika.

Ramadhan, R. A., & Djatmik, T. (2018). Analisis Kepuasan Pelanggan Dengan Kualitas Pelayanan Pada Laboratorium Klinik Prodia Cabang Cideng Jakarta Pusat. Eproceedings Of Management, 5(3).

Riswardani, Y. T. (2013). Pengaruh Fasilitas, Biaya Rawat Inap Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Karanganyar (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Setiaputri (2020) Pemeriksaan Laboratorium COVID-19 (2019-nCoV). RS PARU dr.H.A ROTINSULU

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta, 2011.

Tjiptono, F. (2015). Strategi pemasaran. Andi.

Tjiptono, Fandy. 2014, Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.33024/jdk.v11i3.6850

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Dunia Kesmas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:
Faculty of Health Sciences, Malahayati University

Editorial Address:
Jl. Pramuka No. 27 Kemiling Bandar Lampung Cq. Tim Jurnal Dunia Kesmas.
Whatsapp : 0822-8154-6379 (admin)