HUBUNGAN KETUBAN PECAH DINI DENGAN KEJADIAN ASFIKSIA NEONATORUM DI RUMAH SAKIT PANTI ABDI DHARMA KOTA CIREBON TAHUN 2022

Alif Rachma Kusumawati, Siti Difta Rahmatika, Diyanah Kumalasary

Abstract


Kejadian ketuban pecah dini merupakan salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya asfiksia, angka kejadiannya terjadi pada 6-20% kehamilan. Ketuban pecah dini sangat berpengaruh pada kehamilan dan persalinan, makin lama jarak antara pecahnya selaput ketuban makin besar kemungkinan infeksi dalam rahim yang dapat meningkatkan kejadian morbiditas dan mortalitas ibu dan bayi.

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan ketuban pecah dini dengan kejadian asfiksia neonatorum di RS PAD Kota Cirebon Tahun 2022. Metode penelitian ini menggunakan cross sectional. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh persalinan yang tercatat di rekam medik RS PAD Kota Cirebon pada tahun 2021 yaitu 1.026. Sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling yang diambil dari persalinan di tahun 2021.

Dari hasil analisis didapatkan angka kejadian ketuban pecah dini (KPD) di RS Panti Abdi Dharma periode Januari – Desember Tahun 2021 sebanyak 248 orang (24.2%) dan angka kejadian Asfiksia Neonatorum di RS Panti Abdi Dharma Kota Cirebon periode tahun 2021 sebanyak 129 orang (12.6%). Berdasarkan hasil peneleitian didapatkan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05.

Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada hubungan yang signifikan antara ketuban pecah dini dengan kejadian asfiksia  neonatorum di RS Panti Abdi Dharma Kota Cirebon Periode tahun 2021. Saran yang direkomendasikan dari hasil penelitian ini dapat digunakan oleh STIKes Muhammadiyah Cirebon, Rekam Medik RS Panti Abdi Dharma Kota Cirebon, dan peneliti selanjutnya.


Keywords


Ketuban Pecah Dini,Asfiksia Neonatorum



DOI: https://doi.org/10.33024/jdk.v11i4.8205

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Dunia Kesmas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:
Faculty of Health Sciences, Malahayati University

Editorial Address:
Jl. Pramuka No. 27 Kemiling Bandar Lampung Cq. Tim Jurnal Dunia Kesmas.
Whatsapp : 0822-8154-6379 (admin)