Faktor yang Berhubungan dengan Alasan Ibu Tidak Memilih Metode Kontrasepsi Jangka Panjang di Kota Batam

Aditya Aditya, Sherly Mutiara, Netty Herawaty Purba

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan alasan ibu tidak memilih Metode Kontrasepsi Jangka Panjang di Kota Batam Penelitian ini menggunakan metode penelitian analitik pendekatan Cross Sectional. Metode sampling yang digunakan adalah cidental sampling yang artinya teknik pengambilan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan/incidental bertemu dengan peneliti dan sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan oleh peneliti sampai sampel memenuhi kriteria yang sudah ditentukan. Data penelitian dikumpulkan melalui pengisian kuesioner oleh responden. Hasil analisis univariat didapatkan distribusi frekuensi tingkat pengetahuan terdapat 49 Responden dan mayoritas yang menjadi responden adalah wanita dengan tingkat pengetahuan kurang sebanyak 23 Responden (46,9%), distribusi frekuensi dukungan suami terdapat 49 Responden dan mayoritas yang menjadi responden adalah dalam kategori mendukung sebanyak 42 Responden (85,7%), distribusi frekuensi umur terdapat 49 Responden dan mayoritas yang menjadi responden adalah Usia 20 – 35 tahun sebanyak 35 Responden (71.4%), distribusi frekuensi alasan ibu tidak menggunakan MKJP terdapat 49 Responden dan mayoritas yang menjadi responden adalah Ibu yang ingin hamil kembali dalam kurun waktu 2 tahun sebanyak 42 orang (85,7%), Hasil analisis bivariat dengan uji chi square didapatkan hubungan yang bermakna antara pengetahuan dengan alasan ibu tidak menggunakan MKJP (p=0,001 < 0,005), didapatkan tidak ada hubungan antara dukungan suami dengan alasan ibu tidak menggunakan MKJP (p=0,365 > 0,005), dan didapatkan tidak ada hubungan antara tingkat umur dengan alasan ibu tidak menggunakan MKJP (p=0.093 > 0,05). Disimpulkan ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan dengan alasan ibu tidak menggunakan MKJP. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan agar instansi pelayanan kesehatan supaya melakukan penyuluhan di masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan ibu tentang manfaat dan tujuan penggunaa Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP).

Keywords


MKJP, pengetahuan, dukungan suami, tingkat umur

References


BKKBN. (2020). PENDAHULUAN Dalam Undang-Undang Nomor 52 Tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga , menyatakan bahwa kependudukan merupakan hal yang berkaitan dengan jumlah , struktur , pertumbuhan , persebaran , mobilitas , penyebaran , kual. 4(1), 28–43.

Desitavani, S. (2020). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Pemilihan Alat Kontrasepsi Intra Uterine Devices (IUD) pada Ibu di Kecamatan Bantul. Universitas Aisyiyah Yogyakarta.

Dewi. (2019). Hubungan Usia dan Paritas dengan Penggunaan MKJP pada akseptor Baru di Puskesmas Lendah 1 Kulon Progo Yogyakarta. Universitas Aisyiyah Yogyakarta.

Dewi GNT, N. D. (2020). Faktor Resiko yang Berhubungan dengan Pengguna Metode Kontrasepsi Jangka Panjang padda akseptor Wanita di Desa Lengkong Kecamatan Rakit. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 108–117.

Dinas Kesehatan Kota Batam. (2018). Profil Kesehatan Kota Batam Tahun 2018. Profil Kesehatan Kota Batam.

Kemenkes. (2019). Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Kementerian Kesehatan RI.

Nasution, S. (2019). Faktor yang Mempengaruhi Pemakaian Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) di enam wilayan Indonesia. Jakarta: BKKBN.

Paradina. (2018). Strategi Komunikalsi Penyuluh Lalpalngaln Kelualrgal Berencalnal Dallalm Palrtisipalsi Palsalngaln Usial Subur Paldal Progralm Kelualrgal Berencalnal di Kotal Salmalrindal. J-Ilmu Komunikasi, 2(258–267).

Ruwayda, R., & Defirson, D. (2022). Efektifitas Penggunaan Diagram Putar Dan Buku Saku Mkjp Terhadap Pengetahuan Akseptor. Jambura Health and Sport Journal, 4(1), 44–52. https://doi.org/10.37311/jhsj.v4i1.13574

Setiasih S, Widjanarko B, I. T. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) pada Wanita Usia Subur (WUS) di Kabupaten Kendal. JPKI, 174.

Yusuf. (2016). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Pemakaian Metode ontrasepsi Jangka Panjang di Tanjung Batu Kabupaten gan Komering Hilir Sumatra Selatan.




DOI: https://doi.org/10.33024/jdk.v11i4.8230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Dunia Kesmas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:
Faculty of Health Sciences, Malahayati University

Editorial Address:
Jl. Pramuka No. 27 Kemiling Bandar Lampung Cq. Tim Jurnal Dunia Kesmas.
Whatsapp : 0822-8154-6379 (admin)